15 Manfaat buah melon untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

manfaat melon untuk kesehatan
manfaat melon untuk kesehatan
image from wikimedia.org

Manfaat buah melon untuk kesehatan dan kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat luar biasa. Diantara beberapa jenis buah melon merupakan salah satu diantara yang cukup populer. Buah ini memiliki rasa yang manis ketika sudah masak dan sangat nikmat saat dibuat menjadi jus terutama saat cuaca panas. Buah melon mudah sekali dibudidayakan di Indonesia sehingga ada banyak petani yang memproduksi buah melon.

Kandungan nutrisi buah melon

Manfaat buah melon untuk kesehatan didapat dari kandungan nutrisi yang cukup melimpah di dalamnya. Beberapa nutrisi tersebut diantaranya seperti antioksidan, mineral termasuk Zat besi, tembaga, kalsium, mangan, magnesium, kalium, serta beberapa vitamin diantaranya vitamin C, A, E dan K. Vitamin didalam buah melon memiliki segudang manfaat dan fungsi Seperti contohnya vitamin A dan C yang berperan sebagai antioksidan penting yang melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Selain memiliki rasa manis yang menyegarkan ternyata buah melon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Untuk mengetahui selengkapnya mengenai manfaat buah melon untuk kesehatan mari simak ulasannya berikut ini:

Manfaat buah melon untuk kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

Buah melon memiliki sejumlah serat yang sangat baik dalam mengurangi kolesterol jahat di dalam darah kita. Kandungan kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung. Selain menurunkan kolesterol, salah satu manfaat buah melon untuk kesehatan didapat dari kandungan kalium di dalamnya. Kalium sangat penting sekali untuk mencegah stroke dan tekanan darah tinggi yang juga mengarah pada jantung koroner. Kalium dalam buah melon berperan sebagai Vasilidator yang akan mengurangi tekanan darah dan menstabilkannya.

2. Mengurangi stres

Pekerjaan yang menumpuk dan aktivitas yang semakin padat membuat seseorang sangat rentan mengalami stres. Hal ini akan diperburuk dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol. Stres bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan segar yang mengandung tinggi antioksidan seperti buah melon. Manfaat buah melon untuk kesehatan yang satu ini bisa didapat dengan cara rutin mengkonsumsinya. Selain mengandung antioksidan, kandungan kalium didalam melon juga dapat menormalkan detak jantung yang pada gilirannya akan membuat anda menjadi lebih rileks.

3. Mencegah nefropati diabetik

Nefropati diabetik merupakan sebuah kelainan ginjal yang diakibatkan oleh kerusakan. Penyakit ini cukup berbahaya sehingga anda harus melakukan pencegahan. Ekstrak dari buah melon ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk mencegah penyakit tersebut. Kandungan gula atau indeks glikemik yang rendah dalam buah melon akan membantu anda dalam mencegah penyakit nefropati diabetik tersebut.

4. Dapat meringankan insomnia

Insomnia atau susah tidur pastinya sangat mengganggu karena akan mengurangi produktifitas anda. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir karena ternyata buah melon memiliki manfaat untuk meringankan insomnia tersebut. Buah melon memiliki senyawa yang disebut uniquecompound yang berguna dalam menenangkan saraf sehingga membuat seseorang lebih mudah untuk tertidur. Bagi Anda yang sedang mengalami stres atau tekanan mental juga bisa merasakan manfaat melon untuk kesehatan yang satu ini.

5. Mengatasi berbagai macam masalah menstruasi

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting yang sangat baik sekali untuk meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan. Selain berguna meningkatkan sistem imun vitamin C ternyata juga dapat melancarkan aliran menstruasi pada wanita. Selain itu vitamin C yang terkandung dalam buah melon juga berguna meringankan kram yang sering dialami oleh wanita saat menstruasi. Bahkan melon terkadang juga digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam masalah menstruasi.

6. Mengobati sakit gigi

Mungkin tidak ada yang menyangka jika ternyata buah melon memiliki manfaat untuk mengobati sakit gigi. Manfaat melon yang satu ini memang tidak banyak diketahui oleh orang akan tetapi kenyataannya memang demikian. Bagian buah melon yang diketahui memiliki kemampuan dalam meringankan sakit gigi adalah kulitnya. Untuk mengobati sakit gigi menggunakan kulit buah melon cukup mudah, anda hanya perlu merebus kulit buah ini sampai mendidih. Tunggu sampai dingin kemudian gunakan sebagai obat kumur untuk meringankan sakit gigi.

7. Meremajakan kulit dan menjaga elastisitasnya

Buah melon memiliki kandungan vitamin yang sangat melimpah diantaranya adalah vitamin E dan C. Vitamin E seperti yang sudah kita ketahui bersama memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan kulit termasuk membuatnya terlihat lebih bercahaya. Sedangkan vitamin C dalam buah melon berguna menciptakan kolagen yang merupakan protein penting untuk menjaga elastisitas kulit tetap baik. Selain vitamin E dan C melon juga memiliki kandungan asam folat dan vitamin A yang dapat berperan sebagai antioksidan penting yang melindungi sel kulit dari kerusakan. Kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas dapat membuat kulit tampak keriput.

8. Meningkatkan kesehatan mata

Menjaga kesehatan mata bisa anda lakukan dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti halnya buah melon. Vitamin A yang terkandung dalam melon bukan hanya dapat meningkatkan kemampuan mata tetapi juga melindunginya dari kerusakan. Selain melon beberapa jenis buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin A cukup tinggi diantaranya adalah wortel, buah naga, pepaya, dan ubi ungu.

9. Mengurangi efek buruk radikal bebas

Manfaat buah melon untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menjaga tubuh dari efek merugikan radikal bebas. Radikal bebas bukan hanya dapat menyebabkan kanker tetapi juga menciptakan berbagai macam masalah kesehatan. Diantara efek merugikan radikal bebas adalah penuaan dini, degenarasi makula dan kerusakan sel. Karena melon memiliki kandungan antioksidan yang tinggi buah ini dapat dimanfaatkan sebagai buah yang dapat mencegah efek merugikan radikal bebas tersebut. Mengkonsumsi buah melon setidaknya dua porsi dalam sehari akan sangat membantu Anda terhindar dari beberapa efek buruk radikal bebas.

10. Baik untuk ibu hamil

Buah melon memiliki berbagai macam nutrisi penting seperti vitamin dan mineral sehingga membuatnya sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Seorang wanita hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih dibandingkan biasanya karena di dalam perut sang Ibu terdapat janin yang juga membutuhkan asupan nutrisi. Jadi dengan mengkonsumsi buah melon anda akan membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda selama masa kehamilan.

11. Membantu menurunkan berat badan

Buah melon memiliki kandungan serat yang sangat baik sekali dalam membantu menurunkan berat badan. Serat dalam melon akan mengurangi sembelit dan berbagai macam masalah pencernaan sekaligus membantu proses pembuangan limbah menjadi lebih maksimal, yang ini tentunya sangat dibutuhkan saat menjalani program diet. Belum lagi buah melon juga memiliki kandungan kalori yang sangat rendah sehingga tidak akan membuat anda menjadi gemuk.

12. Baik untuk penderita diabetes

Meskipun buah melon memiliki rasa yang manis akan tetapi cukup aman dikonsumsi bagi penderita diabetes selama tidak berlebihan. Buah melon mengandung pektin yang sangat berguna sekali dalam mengatur pelepasan glukosa ke dalam aliran darah. Hal ini sangat berbeda dengan jenis karbohidrat sederhana lainnya yang biasanya banyak ditemukan pada makanan cepat saji. Meskipun buah ini baik bagi penderita diabetes akan tetapi anda dianjurkan untuk tetap bijak dalam konsumsinya, karena walau bagaimanapun juga penderita diabetes harus membatasi asupan gula.

13. Meningkatkan vitalitas pria dewasa

Buah melon mengandung sejumlah seng yang merupakan mineral penting untuk meningkatkan vitalitas pria dewasa. Manfaat melon untuk kesehatan yang satu ini bisa didapat dengan rutin mengkonsumsi melon segar. Selain dapat meningkatkan vitalitas melon juga berguna mencegah impoten yang merupakan masalah umum bagi pria dewasa.

14. Menjaga kesehatan paru-paru

Mungkin tidak banyak yang tahu jika buah melon ternyata sangat baik untuk meningkatkan kesehatan paru-paru anda. Buah melon memiliki kandungan vitamin A yang mana vitamin ini sangat baik sekali untuk meningkatkan kesehatan paru-paru anda. Manfaat buah melon untuk kesehatan ini akan sangat dirasakan bagi mereka yang sering mengalami masalah pada kesehatan paru-paru termasuk para perokok dan mereka yang sering terpapar asap rokok. Jadi dengan mengkonsumsi buah melon secara rutin akan sangat berguna sekali dalam melindungi paru-paru anda dari kerusakan.

15. Kaya akan kandungan vitamin B6

Seperti keluarga vitamin B lainnya vitamin B6 memiliki fungsi sebagai koenzim yang bermanfaat dalam mengaktifkan proses kimia. Enzim tersebut dimanfaatkan oleh tubuh untuk metabolisme protein. Vitamin B6 yang terdapat dalam buah melon sangat penting sekali dalam merangsang sistem saraf serotonin dan neurotransmitter yang bertanggung jawab dalam menjaga suasana hati dan meningkatkan mood.

Demikian ulasan mengenai manfaat melon untuk kesehatan dan info kandungan nutrisi dalam nya Semoga dapat menambah wawasan anda.