14 Manfaat buah markisa untuk kesehatan dan kecantikan wajah

manfaat buah markisa untuk kesehatan
manfaat buah markisa untuk kesehatan
image from maxpixel.freegreatpicture.com

Manfaat buah markisa untuk kesehatan dan kecantikan wajah dan kandungan nutrisi di dalamnya yang perlu Anda ketahui. Buah markisa merupakan buah yang memiliki rasa asam manis segar. Buah markisa sangat cocok dinikmati pada musim panas terutama saat dibuat menjadi jus. Secara ilmiah buah markisa memiliki nama Latin yaitu passiflora quadrangularis Di mana buah yang satu ini memiliki banyak varian. Buah markisa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan yang didapat dari kandungan nutrisi yang dimilikinya.

Kandungan nutrisi buah markisa

Buah markisa memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap diantaranya seperti niasin, zat besi, asam nitrat, beta-karoten, kalsium, fosfor, serat, vitamin C, vitamin B12, B6, vitamin A, dan D. Ada dua jenis buah markisa yang cukup terkenal yaitu markisa kuning dan markisa Ungu. Meskipun keduanya memiliki ciri khas yang berbeda akan tetapi kandungan nutrisi di dalamnya tidak jauh berbeda.

Untuk mengetahui selengkapnya mengenai manfaat buah markisa untuk kesehatan dan kecantikan wajah mari simak ulasannya berikut ini:

Manfaat buah markisa untuk kesehatan

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang terdapat dalam buah markisa dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan secara alami sehingga dapat menghindarkan anda dari sembelit dan masalah kesehatan pencernaan terkait. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan susah BAB bisa rutin mengkonsumsi buah markisa segar. Anda bisa mendapatkan manfaat buah markisa yang satu ini saat mengkonsumsinya secara langsung, karena menyajikan buah markisa dalam bentuk dijus akan menghilangkan kandungan serat di dalamnya.

2. Membantu mencegah stres

Stres merupakan masalah yang banyak dihadapi oleh orang terutama yang tinggal di kota-kota besar. Stress biasanya terjadi akibat gaya hidup yang kurang sehat dan juga banyaknya masalah yang menumpuk. Ada kabar baik yang perlu Anda ketahui yaitu buah markisa ternyata memiliki manfaat untuk menghilangkan stress secara alami. Hal ini dikarenakan buah markisa dapat membantu anda lebih rileks. Efek relaksasi yang diberikan oleh buah markisa ini bisa mencegah dan meringankan perasaan depresi pada seseorang.

3. Membantu mendapatkan tidur yang nyenyak

Efek relaksasi yang diberikan oleh buah markisa bukan hanya bermanfaat meringankan stres tetapi juga membantu mengatasi insomnia atau masalah susah tidur. Masalah susah tidur biasanya berkaitan erat dengan stres sehingga untuk mengatasi keduanya biasanya membutuhkan solusi yang hampir sama. Untuk itu dengan mengkonsumsi buah markisa secara rutin insya Allah akan membantu anda lebih rileks yang pada gilirannya akan mengurangi stres dan insomnia yang anda alami.

4. Membantu mengendalikan tekanan darah

Buah markisa memiliki mineral yang disebut kalium dimana mineral ini mampu mengendalikan tekanan darah secara alami. Kurangnya asupan kalium dapat meningkatkan seseorang pada resiko yang lebih tinggi mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Pastikan anda mencukupi kebutuhan kalium dengan mengkonsumsi makanan seperti buah markisa. Selain buah markisa Ada banyak jenis buah yang memiliki kandungan kalium cukup tinggi diantaranya adalah buah pisang.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Lemahnya kekebalan tubuh dapat membuat penyakit lebih mudah menyerang sehingga menjaga agar daya tahan tubuh tetap kuat menjadi hal yang penting. Buah markisa diperkaya dengan kandungan vitamin C yang cukup melimpah di mana vitamin ini sangat baik sekali dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Anda sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C dari buah-buahan segar seperti buah markisa, karena mengambil suplemen vitamin C untuk dapat memberikan efek samping yang kurang baik untuk kesehatan.

6. Baik untuk ibu hamil

Salah satu manfaat buah markisa untuk kesehatan ibu hamil adalah membantu mencegah cacat tabung saraf. Hal ini didapat dari kandungan asam folat yang dimiliki oleh buah markisa.

Selain karena kandungan asam folatnya buah markisa juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup melimpah, di mana hal ini sangat dibutuhkan sekali oleh seorang ibu hamil dalam rangka memenuhi kebutuhan nutrisi untuk dia dan janin yang dikandungnya. Sebut saja kandungan zat besi yang dimiliki oleh buah markisa bisa menghindarkan seorang ibu hamil dari anemia kekurangan darah merah atau anemia sangat berbahaya bagi ibu hamil sehingga harus mendapatkan asupan zat besi yang cukup dari makanan yang dikonsumsi.

7. Membantu program diet

Buah markisa adalah salah satu buah yang memiliki kandungan kalori yang rendah yaitu hanya sekitar 97 kalori per 100 gram buah markisa. Selain rendah kalori buah markisa juga sangat rendah sodium dan lemak sehingga sangat baik sekali dikonsumsi terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Belum lagi buah markisa juga memiliki kandungan serat yang dapat membantu mencegah perut buncit dengan cara melancarkan pencernaan. Jadi bagi Anda yang ingin mencari makanan sehat untuk diet sebaiknya tidak melupakan buah yang satu ini.

8. Baik untuk kesehatan mata

Manfaat buah markisa untuk kesehatan yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan mata. Buah markisa memiliki kandungan betakaroten yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata Anda secara alami. Selain baik untuk mata beta karoten dalam buah markisa juga dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak sekaligus menurunkan resiko terkena penyakit Arthritis.

9. Mencegah penyakit kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa dialami oleh siapa saja. Penelitian telah mengungkap bahwa buah markisa memiliki kandungan fitokimia tertentu yang dapat melawan beberapa jenis kanker. Bahkan dari hasil penelitian tersebut diketahui jika ekstrak dari buah markisa diketahui bisa dijadikan obat yang cukup potensial untuk mengobati penyakit kanker. Selain karena kandungan fitokimia tersebut buah markisa juga memiliki beberapa zat antioksidan yang juga berperan aktif dalam menangkal radikal bebas yang menyebabkan penyakit kanker.

10. Meringankan penyakit asma

Penyakit asma merupakan penyakit yang tergolong sulit untuk diobati akan tetapi bisa dicegah dan diminimalisir dengan pengobatan yang tepat. Salah satu bahan alami yang ternyata dapat meringankan penyakit asma adalah buah markisa. Hal ini dikarenakan buah markisa memiliki kandungan vitamin C yang berguna menekan histamin yang merupakan penyebab munculnya gejala asma.

Manfaat buah markisa untuk kecantikan wajah

11. Mencegah penuaan dini

Salah satu manfaat buah markisa untuk kecantikan kulit wajah adalah membantu memperlambat proses penuaan di wajah seperti kerutan dan garis halus. Manfaat buah markisa untuk kecantikan wajah yang satu ini didapat dari kandungan antioksidan yang dimilikinya Jadi bagi Anda yang ingin menunda proses penuaan bisa memanfaatkan buah markisa sebagai menu sehat harian.

12. Peremajaan kulit wajah secara alami

Buah markisa memiliki kandungan karotenoid yang sangat berguna dalam meningkatkan pertumbuhan beberapa sel di dalam tubuh kita. Hal ini pada gilirannya akan membantu mengurangi garis halus di wajah. Selain membantu mengurangi garis halus regenerasi sel yang baik juga akan membuat kulit tampak lebih sehat secara alami. Jadi mengkonsumsi buah markisa bisa menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah anda dibandingkan harus mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan di salon.

13. Menjaga elastisitas kulit wajah

Seiring bertambahnya usia biasanya kelenturan atau elastisitas kulit akan menjadi berkurang. Hasilnya kulit akan terlihat kendur dan tentunya sangat tidak menarik untuk dilihat. Tetapi anda tidak perlu khawatir ada beberapa jenis buah yang ternyata memiliki kemampuan dalam meremajakan dan meningkatkan elastisitas kulit secara alami, salah satu buah tersebut adalah markisa. Buah markisa bermanfaat meningkatkan elastisitas kulit karena memiliki kandungan asam linoleat yang dapat membantu memproduksi kolagen yang bertanggung jawab dalam menjaga kekencangan kulit.

14. Membantu mencerahkan kulit secara alami

Diakui atau tidak memiliki kulit yang cerah menjadi dambaan setiap wanita. Hal ini terbukti dari banyaknya produk kecantikan yang menawarkan hasil kulit putih. Memang buah markisa tidak akan dapat membuat kulit wajah anda menjadi putih akan tetapi kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah markisa bermanfaat mencerahkan kulit wajah secara alami.