Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan

15 Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan
image from pixabay.com

Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan dan informasi kandungan nutrisi di dalamnya yang lengkap. Kelengkeng merupakan buah yang memiliki bentuk kecil akan tetapi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah kelengkeng yang memiliki nama ilmiah dimocarpus Longan merupakan buah yang berasal dari Asia Timur khususnya Cina, setelah itu buah kelengkeng menyebar ke seluruh dunia hingga banyak dibudidayakan di berbagai macam negara termasuk di Indonesia.

Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan begitu banyak. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi di dalamnya juga cukup melimpah. Beberapa nutrisi penting yang terdapat dalam buah kelengkeng diantaranya seperti zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, kalium, vitamin B1, B2, B3, vitamin C, dan berbagai macam fitokimia penting yang tentunya sangat baik untuk kesehatan kita.

1. Baik untuk kesehatan mata

Buah kelengkeng mengandung riboflavin yang merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan kesehatan mata. Salah satu jenis vitamin B kompleks ini dapat mengurangi resiko penyakit mata seperti katarak. Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2005 lalu dalam “Archive Of Ophthalmology” menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan atau buah yang mengandung riboflavin termasuk kelengkeng dapat mengurangi kemungkinan seseorang terkena berbagai macam penyakit mata termasuk katarak.

2. Meningkatkan sistem imun

Kelengkeng merupakan sumber vitamin yang cukup baik di mana dalam 3,0 ons buah kelengkeng terdapat sebanyak 84 mg vitamin C jumlah ini enggak 93% kebutuhan keseharian kita (yang direkomendasikan). Vitamin C adalah salah satu nutrisi utama yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dari serangan berbagai macam penyakit. Jadi dengan rutin mengkonsumsi buah kelengkeng Insyaa Allah anda tidak akan mudah terkena penyakit.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Tulang Adalah organ yang sangat penting sekali karena salah satu perannya adalah menyangga tubuh kita. Kekuatan dan kepadatan tulang perlu dijaga dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium seperti susu. Selain kalsium, nutriisi yang juga berguna meningkatkan kesehatan tulang adalah magnesium dan tembaga. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “maturitas” pada tahun 2013 lalu menginformasikan bahwa wanita yang mengalami menopause dengan indeks mangan yang rendah di dalam tubuh mereka akan memiliki resiko yang lebih tinggi terkena osteoporosis dibandingkan mereka yang tidak. Kebutuhan mangan orang dewasa sekitar 900 mg untuk mencapai kesehatan secara normal.

Salah satu jenis buah yang bisa anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan mangan harian adalah kelengkeng. Karena di dalam 3,5 ons kelengkeng memiliki kandungan mangan sekitar 807 mikrogram. Jumlah tersebut cukup banyak diantara beberapa jenis buah-buahan lainnya.

4. Membantu menurunkan berat badan

Buah kelengkeng memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah sehingga sangat baik digunakan sebagai menu sehat khususnya untuk diet. Di dalam setengah cangkir buah kelengkeng hanya memiliki sekitar 35 kalori saja. Sehingga buah ini sangat aman sekali untuk anda konsumsi selama menjalani diet. Selain rendah kalori, buah kelengkeng juga tinggi nutrisi yang sangat dibutuhkan selama menjalani program diet sehat.

5. Menjadi sumber energi tubuh

Manfaat kelengkeng untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menjadi sumber energi bagi tubuh. Bagi anda yang memiliki aktivitas padat seperti olahragawan tidak ada salahnya dengan rutin mengkonsumsi buah kelengkeng karena diketahui buah ini mampu mendongkrak stamina anda. Meskipun secara umum kelengkeng memiliki kandungan kalori yang rendah akan tetapi buah ini ternyata sangat baik untuk meningkatkan energi. Hal ini bisa terjadi karena kelengkeng ternyata memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Kandungan gula alami dalam kelengkeng mampu memberikan energi bagi tubuh tanpa harus membuat anda khawatir akan menjadi gemuk.

6. Mengurangi stres

Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah kemampuannya dalam mengurangi stres. Buah kelengkeng diketahui memiliki zat anti depresan yang dapat tidak mencegah stres. Selain stres beberapa masalah kesehatan mental juga bisa dikurangi dengan mengkonsumsi buah kelengkeng.

7. Mencegah kanker

Bbeerapa zat menguntungkan yang ditemukan dalam kelengkeng dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit seperti kanker. Salah satu senyawa yang dimiliki kelengkeng adalah polifenol yang merupakan antioksidan penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan sel yang mengarah pada penyakit kanker. Untuk itu sebaiknya Anda lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah segar yang mengandung tinggi antioksidan seperti kelengkeng.

8. Menetralkan racun

Buah kelengkeng ternyata dipercaya dapat menetralkan racun secara alami. Saat racun berhasil dikeluarkan dari dalam tubuh maka beban ginjal dan hati akan menjadi semakin ringan. Jadi, dengan mengkonsumsi kelengkeng anda bukan hanya membantu proses pengeluaran racun tetapi juga meningkatkan kesehatan 2 organ penting yaitu ginjal dan hati.

9. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Peran jantung dalam menjaga sirkulasi darah tetap normal menjadi sangat penting sekali. Hal ini menunjukkan bahwa jantung merupakan organ yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mengingat begitu pentingnya peran jantung maka menjaga kesehatannya menjadi suatu keharusan. Hal yang cukup menarik adalah kelengkeng ternyata mengurangi resiko dua penyakit berbahaya yaitu penyakit jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan kelengkeng memiliki kemampuan dalam menenangkan sistem saraf sehingga akan mengurangi kemungkinan terkena resiko penyakit jantung dan stroke.

10. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini atau proses penuaan yang tidak normal menjadi salah satu musuh utama kaum wanita. Penuaan dini bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan, salah satunya adalah kelengkeng. Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan yang satu ini didapat keren buah yang satu ini diperkaya dengan berbagai macam antioksidan yang sangat menguntungkan sekali bagi tubuh. Antioksidan berguna mengurangi efek merugikan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini.

11. Membantu peredaran darah

Kandungan zat besi yang tinggi dalam kelangkaan dapat membantu memperlancar peredaran darah. Zat besi sangat dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin yang merupakan pembentuk sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia.

12. Mencerahkan kulit secara alami

Siapa yang menyangka Jika ternyata buah kelengkeng dapat mencerahkan kulit secara alami. Selain memiliki kandungan vitamin C yang dapat mencerahkan kulit, buah kelengkeng ternyata juga memiliki sebuah enzim yang berguna untuk menekan produksi melanin (sebuah zat yang bisa memberikan warna gelap pada kulit).

13. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat dan air dalam kelengkeng membantu memperlancar sistem pencernaan sehingga mengatasi berbagai macam masalah pencernaan termasuk sembelit.

14. Mencegah flu

Vitamin C yang terdapat dalam buah kelengkeng berguna melindungi tubuh dari serangan berbagai macam virus seperti virus influenza.

15. Menjaga kesehatan kulit

Selain membantu mencerahkan kulit, buah kelengkeng juga dapat membuat kulit tampak sehat alami. Hal ini dikarenakan di dalam buah kelengkeng terdapat kandungan vitamin C dapat menciptakan kolagen. Kolagen berguna meningkatkan elastisitas kulit.

Demikian tadi ulasan mengenai manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan dan kandungan nutrisi di dalamnya. Semoga dapat memberikan tambahan wawasan bagi anda.