15 Manfaat buah kedondong untuk kesehatan yang luar biasa

Buah
Manfaat buah kedondong untuk kesehatan
image from pixabay.com

Manfaat buah kedondong untuk kesehatan yang luar biasa dan informasi mengenai kandungan nutrisi di dalamnya yang patut diperhitungkan. Saat mendengar buah kedondong apa yang terlintas di benak anda? pasti buah dengan rasa asam yang biasanya sering digunakan sebagai bahan membuat rujak.

Buah kedondong memang tidak begitu populer setidaknya buah ini masih kalah dengan beberapa buah lainnya termasuk buah pisang, strawberry, anggur atau buah naga. Meskipun buah kedondong tidak begitu populer akan tetapi ternyata buah yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ingin tahu apa saja manfaat buah kedondong untuk kesehatan mari baca ulasannya berikut ini:

1. Sebagai obat batuk

Ya buah kedondong memang cukup populer sebagai obat batuk. Anda bisa memanfaatkannya sebagai obat tradisional untuk menenangkan batuk dan meredakan rasa sakit akibat batuk. Berikut cara membuat ramuan sederhana menggunakan buah kedondong:

Persiapkan setidaknya 2 sampai 3 buah kedondong segar. Setelah ibu kupas kulitnya kemudian parut dan ambil airnya dengan cara memeras parutan kedondong tadi. Minum airnya setidaknya dua kali sehari untuk meredakan batuk.

2. Untuk mengobati diare

Meskipun diare bukan penyakit berbahaya akan tetapi cukup mengganggu karena membuat kita harus bolak-balik ke kamar mandi. Untungnya salah satu manfaat buah kedondong untuk kesehatan adalah membantu menyembuhkan diare secara alami. Berikut langkah-langkah memanfaatkan buah kedondong sebagai obat diare alami:

Pertama ambil kulit dari batang buah kedondong sekitar 30 gram. Setelah itu potong kecil-kecil dan rebus dalam air hingga mendidih. Kemudian saring air rebusan tersebut dan minum airnya untuk menyembuhkan diare.

3. Membantu mengatasi anemia

Buah kedondong ternyata memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga membuatnya sangat baik dikonsumsi bagi penderita anemia. Dalam 100 gram buah kedondong setidaknya terdapat 30 mg zat besi. Zat besi sangat berguna meningkatkan pembentukan sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia.

4. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang lemah membuat kita menjadi rentan terserang penyakit. Jadi anda perlu meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh tersebut. Cara yang paling mudah adalah dengan meningkatkan asupan vitamin C seharian anda. Salah satu buah yang cukup baik yang menjadi sumber vitamin C adalah buah kedondong. Mengkonsumsi buah kedondong secara rutin dengan jumlah yang cukup akan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit akibat virus.

5. Membuat kita terlihat awet muda

Kandungan vitamin C dalam buah kedondong bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal efek buruk radikal bebas. Radikal bebas selain dapat merusak sel dalam tubuh kita juga dapat menyebabkan penuaan dini. Jadi, jika anda tidak ingin proses penuaan menjadi lebih cepat sebaiknya rutin mengkonsumsi buah yang mengandung tinggi vitain C seperti buah kedondong.

6. Menjaga kesehatan jantung

Berbagai macam nutrisi yang lengkap dalam buah kedondong termasuk vitamin dan mineral berfungsi menjaga kesehatan jantung kita. Jantung yang sehat menjadi salah satu indikasi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan organ jantung merupakan salah satu komponen paling penting dalam mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

7. Menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh kita

Buah kedondong memiliki kandungan berbagai macam nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, salah satunya adalah kemampuannya dalam menyeimbangkan kolesterol. Manfaat buah kedondong untuk kesehatan yang satu ini didapat dari kandungan vitamin C di dalamnya yang berperan penting dalam menyeimbangkan kolesterol dengan cara meningkatkan kerja metabolisme.

8. Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi

Salah satu manfaat buah kedondong yang cukup menakjubkan adalah meningkatkan kesehatan tulang dan gigi anda. Buah kedondong memiliki dua mineral penting yang berperan menjaga kekuatan tulang dan gigi kita yaitu kalsium dan fosfor. Mengkonsumsi setidaknya 2 buah kedondong setiap hari dapat memastikan kepadatan tulang dan gigi sehingga membuatnya tidak mudah patah.

9. Membantu proses penyembuhan luka

Dengan kandungan vitamin A yang dimilikinya buah kedondong dapat membantumu menyembuhkan luka lebih cepat. Hal ini dikarenakan vitamin A dapat menjaga kesehatan jaringan di dalam tubuh kita sehingga proses penyembuhan terhadap luka bisa berlangsung lebih cepat.

10. Sumber antioksidan yang cukup baik

Predikat sebagai buah yang mengandung tinggi antioksidan mungkin masih dipegang oleh blueberry ataupun buah anggur. Akan tetapi ternyata buah kedondong juga cukup patut diperhitungkan karena ternyata buah yang satu ini memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi. Antioksidan berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita dari berbagai macam serangan penyakit termasuk penyakit katarak, kanker, dan penuaan dini.

11. Meningkatkan kesehatan mata anda

Bagi anda yang memiliki aktivitas di depan layar komputer dalam waktu lama diharuskan mencukupi kebutuhan vitamin A dari makanan. Untungnya buah kedondong memiliki kandungan vitamin A cukup baik yang dapat membantu anda terhindar dari masalah kesehatan mata.

12. Meningkatkan energi tubuh

Manfaat buah kedondong untuk kesehatan yang satu ini didapat dari kandungan zat besi dan berbagai macam vitamin yang terdapat dalam buah kedondong. Zat besi berguna meningkatkan produksi sel darah merah yang dapat mencegah anemia. Anemia dapat membuat kita mudah lelah dan lesu. Sedangkan berbagai macam vitamin yang terdapat dalam buah kedondong akan membantu mendongkrak stamina kita.

13. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Jika anda memiliki masalah dengan kesehatan pencernaan tidak ada salahnya mengkonsumsi buah kedondong secara rutin. Dalam 100 gram buah kedondong segar terdapat setidaknya 3,6 mg serat yang itu sangat baik sekali untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Syarat berfungsi sebagai pencahar alami yang dapat mempermudah usus besar dalam membuang racun dan limbah dari dalam tubuh kita.

14. Mencegah penyakit kanker

Siapa yang menyangka jika ternyata buah yang memiliki rasa asam ini dapat mencegah penyakit kanker. Meskipun potensi buah kedondong untuk mencegah penyakit kanker masih perlu dikaji secara mendalam, akan tetapi setidaknya kandungan antioksidan yang dimilikinya cukup menjadi indikasi kuat bahwa buah kedondong mampu mengurangi resiko penyakit kanker. Antioksidan berguna melindungi sel dari kerusakan yang dapat mengarah pada penyakit kanker.

15. Meningkatkan kesehatan kulit anda

Kandungan berbagai macam vitamin dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin A dan C dalam buah kedondong membuatnya sangat baik untuk kesehatan kulit. Belum lagi kemampuan buah kedondong dalam mencegah penuaan dini juga akan mengurangi risiko munculnya keriput dan garis halus di wajah. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat meningkatkan elastisitas kulit dan membuatnya tampak cerah alami.

Mungkin kebanyakan dari kita tidak menyangka jika buah kedondong memiliki manfaat yang begitu besar untuk kesehatan kita. Untuk itu jangan meremehkan buah yang satu ini. Demikian ulasan mengenai manfaat buah kedondong untuk kesehatan. Semoga dapat menambah wawasan anda.