15 Manfaat buah jeruk untuk kesehatan dan ibu hamil

Buah
manfaat buah jeruk
image from pixabay.com

Manfaat buah jeruk untuk kesehatan dan ibu hamil sekaligus kandungan nutrisi di dalamnya. Buah jeruk merupakan salah satu buah yang mengagumkan. Buah ini memiliki rasa asam manis yang menyegarkan dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan penting yang melindungi tubuh dari serangan berbagai macam efek merugikan radikal bebas. Untuk mengetahui selengkapnya mengenai manfaat buah jeruk untuk kesehatan mari simak ulasannya berikut ini:

1. Mengatur tekanan darah

Hipertensi merupakan penyakit yang berbahaya dan bisa menyerang seseorang di hampir semua kelompok usia. Orang-orang yang memiliki kebiasaan buruk dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi natrium sangat rentan mengalami hipertensi. Hipertensi bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan rutin berolahraga dan mengkonsumsi buah-buahan segar seperti buah jeruk. Buah jeruk memiliki nutrisi penting seperti magnesium dan flavonoid yang berguna mengatur tekanan darah. Kedua nutrisi tersebut bahu-membahu dalam mencegah hipertensi.

2. Membuat anda tidak mudah sakit

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda sehingga membuat anda tidak mudah sakit. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi buah jeruk. Manfaat buah jeruk untuk kesehatan ini sangat dirasakan oleh anak-anak yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Mengkonsumsi setidaknya 2 buah jeruk setiap hari akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda.

3. Mencegah penyakit kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah jarak dapat melawan penyakit kanker. Salah satu jenis antioksidan penting yang terdapat dalam buah jeruk adalah vitamin C. Vitamin C bukan hanya baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda tetapi juga mencegah munculnya berbagai macam penyakit berbahaya lainnya. Bagi anda yang tidak ingin terkena penyakit kanker sebaiknya rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan seperti halnya buah jeruk.

4. Meningkatkan kekuatan tulang

Manfaat buah jeruk untuk kesehatan yang tidak kalah pentingnya adalah memperkuat tulang anda. Jika anda berpikir bahwa kalsium adalah satu-satunya nutrisi utama untuk memperkuat tulang maka anda salah. Karena kalsium tidak akan bisa bekerja dengan maksimal tanpa bantuan salah satu vitamin penting yaitu vitamin D. Vitamin D diperlukan untuk mempermudah penyerapan kalsium dari makanan yang kita konsumsi sehingga mencukupi kebutuhan kalsium saja belum cukup untuk meningkatkan kesehatan tulang. Buah jeruk dapat membantu memperkuat tulang anda karena buah ini memiliki vitamin D yang cukup tinggi.

5. Sebagai detoksifikasi tubuh

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk detoksifikasi tubuh. Vitamin A bertindak sebagai antioksidan yang membantu menghilangkan racun dan meningkatkan fungsi ginjal. Mengkonsumsi secangkir jus jeruk setiap hari dapat membantu anda mengurangi penumpukan racun di dalam tubuh. Racun yang menumpuk di dalam tubuh dapat memperberat kerja ginjal dan hati sehingga kedua organ tersebut yang paling mendapat dampak buruk dari penumpukan racun tersebut.

6. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat buah jeruk untuk kesehatan yang satu ini dikarenakan di dalam buah jeruk terdapat kandungan asam folat. Asam folat termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks yang secara teknis dianggap sebagai vitamin B9. Asam folat berperan penting dalam menciptakan sel darah merah, merangsang aliran darah, sekaligus ekstremitasnya. Dengan mencukupi kebutuhan asam folat dari buah jeruk yang anda konsumsi maka beberapa sistem organ di dalam tubuh anda akan teroksigenasi sehingga membuatnya dapat bekerja dengan kapasitas penuh.

7. Baik untuk ibu hamil

Asam folat yang tinggi di dalam buah jeruk sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Asam folat merupakan nutrisi penting yang berguna mencegah cacat pada bayi. Kekurangan asam folat dapat meningkatkan risiko cacat tabung saraf pada janin. Seorang ibu hamil sangat direkomendasikan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi asam folat dan anda bisa memulainya dengan rutin makan buah jeruk.

8. Membantu mencukupi nutrisi ibu hamil

Berbagai macam nutrisi penting dalam buah jeruk termasuk vitamin C, vitamin A, asam folat, dan beberapa mineral penting lainnya termasuk magnesium, dan kalsium sangat berguna dalam meningkatkan kesehatan ibu hamil dan mencukupi kebutuhan nutrisinya. Saat ibu hamil tercukupi kebutuhan nutrisinya maka pertumbuhan janin bisa maksimal.

9. Membantu meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi bayi dalam kandungan

Buah jeruk diperkaya dengan kalsium dan vitamin D yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi. Kalsium merupakan nutrisi utama untuk tulang sedangkan vitamin D membantu penyerapan kalsium dari makanan yang kita konsumsi. Jadi dengan mengombinasikan kedua nutrisi tersebut maka kepadatan tulang dan gigi bisa terjaga dengan baik. Kurangnya asupan kalsium saat hamil membuat seorang wanita rentan mengalami osteoporosis karena cadangan kalsium di dalam tubuh bisa diambil oleh sang bayi.

10. Mengurangi pertumbuhan jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang cukup menjengkelkan karena selain mengganggu penampilan jerawat juga membuat kita merasa tidak nyaman. Buah jeruk mengandung zat anti inflamasi sehingga membantu menghilangkan stres dan mengurangi pertumbuhan jerawat. Stres memang sering dikaitkan dengan jerawat karena saat seseorang mengalami stres maka perubahan hormon akan meningkatkan resiko munculnya jerawat.

11. Mencegah stres pada ibu hamil

Seorang ibu hamil sangat rentan mengalami stres dan tertekan. Oleh sebab itu mereka harus memiliki manajemen stres yang baik. Stres yang berlebihan pada masa kehamilan akan mengganggu kesehatan ibu dan janin. Selain itu, stres juga akan mengurangi kualitas tidur ibu hamil.

12. Mencegah penyakit ginjal

Sebuah studi menemukan bahwa mengkonsumsi buah jeruk ternyata dapat mencegah batu ginjal. Manfaat buah jeruk untuk kesehatan ini didapat dari kemampuannya dalam menghilangkan kelebihan sitrat dalam urine sehingga dapat mengurangi tingkat keasamannya. Kesehatan ginjal perlu dijaga dengan baik karena organ ini memainkan peran yang sangat penting sekali di dalam tubuh udang termasuk menyaring racun.

13. Membantu mencegah penyakit asma

Mengkonsumsi buah jeruk ternyata dapat menghindarkan seseorang dari serangan asma. Manfaat buah jeruk ini didapat dari sifat anti-inflamasi yang dimilikinya. Selain itu buah jeruk juga dapat meminimalisir kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas yang mengarah pada penyakit asma. Flavonoid dalam buah jeruk juga berguna dalam mengurangi sensitifitas bronkial.

14. Mencegah meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh

Kadar kolesterol yang tinggi adalah penyebab munculnya berbagai macam penyakit kardiovaskular. Jadi menjaga kestabilan kadar kolesterol di dalam tubuh sangatlah penting. Untungnya salah satu manfaat buah jeruk untuk kesehatan adalah meningkatkan jumlah kolesterol baik yang dapat mengurangi efek negatif kolesterol jahat di dalam tubuh kita. Selain itu kandungan serat yang tinggi di dalam buah juga berguna mengurangi kolesterol sehingga buah jeruk merupakan paket yang lengkap untuk melindungi tubuh dari efek buruk kolesterol.

15. Mencukupi kebutuhan serat harian anda

Salah satu nutrisi yang paling penting yang banyak ditemukan dalam buah dan sayur adalah serat. Manfaat serat untuk kesehatan sangatlah banyak diantaranya membantu menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan pencernaan, sampai mencegah penyakit diabetes. Selain itu, bagi anda yang ingin mencoba menurunkan berat badan mencukupi kebutuhan serat menjadi salah satu hal yang sangat penting. Kekurangan serat dapat meningkatkan sembelit dan mungkin juga dapat mengakibatkan perut buncit.