10 Manfaat buah durian untuk kesehatan dan efek sampingnya

Buah
manfaat buah durian untuk kesehatan
image from maxpixel.freegreatpicture.com

Manfaat buah durian untuk kesehatan dan efek sampingnya yang perlu anda ketahui. Buah durian memiliki ciri khas tersendiri dengan rasa dan juga aromanya. Buah ini menjadi primadona bagi pecinta nya dan sering diburu meskipun dengan harga yang cukup mahal. Banyak orang yang menganggap bahwa buah durian memiliki efek yang kurang begitu baik untuk kesehatan. Akan tetapi ternyata buah durian memiliki banyak manfaat selamat dikonsumsi dalam porsi yang tidak berlebihan.

Kandungan nutrisi dalam buah durian

Buah durian memiliki beberapa kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan beberapa nutrisi tersebut meliputi vitamin B, C, A, kalium, magnesium, fosfor, asam lemak omega 3 dan 6, antioksidan, riboflavin, thiamin, dan karbohidrat yang kesemuanya sangat baik untuk kesehatan.

Dari ke semua nutrisi tersebut buah durian menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut informasi selengkapnya mengenai manfaat buah durian untuk kesehatan:

Manfaat buah durian untuk kesehatan

1. Sumber energi tubuh

Buah durian memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi sehingga buah ini dapat memberikan energi bagi tubuh. Konsumsi buah durian dapat meningkatkan stamina dan membantu memulihkan tenaga setelah lelah beraktivitas. Dalam satu cangkir buah durian mengandung setidaknya hingga 357 kalori dan sekitar 13 gram lemak. Dengan jumlah yang demikian maka ada banyak energi yang disimpan oleh tubuh saat mengkonsumsi buah yang satu ini.

2. Mengandung protein

Buah durian memiliki beberapa kandungan protein yang cukup baik untuk pembentukan otot satu cangkir buah durian memiliki setidaknya 3,6 gram protein. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal Of Gastroenterology mengungkap bahwa terlalu banyak mengkonsumsi protein dari daging dan ikan dapat menyebabkan sindrom iritasi usus besar. Maka dari itu langkah yang bisa anda ambil adalah dengan cara mengganti sumber protein dari protein hewani ke protein nabati yang mungkin salah satunya bisa didapat dari buah durian.

3. Menjaga kesehatan mata dan mencegah katarak

Manfaat buah durian untuk kesehatan mata bisa anda dapat karena buah durian memiliki kandungan vitamin A, di mana vitamin jenis ini sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A berguna meningkatkan ketajaman mata terutama di malam hari. Jadi, dengan mengkonsumsi buah durian akan membantu anda mendapatkan mata yang tajam. Bukan hanya itu, buah durian juga berguna mencegah penyakit katarak dan degenerasi makula karena vitamin A dalam durian bertindak sebagai antioksidan penting yang melindungi mata dari kerusakan.

4. Sumber asam folat

Asam folat merupakan nutrisi yang sangat penting sekali di. Asam folat dan zat besi berguna meningkatkan produksi sel darah merah yang dapat mencegah anemia dan masalah terkait. Selain itu seorang ibu hamil juga membutuhkan asam folat yang cukup untuk meningkatkan pertumbuhan janin dalam kandungan. Asam folat juga diperlukan untuk mencegah cacat pada bayi. Bagi ibu hamil sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter jika ingin mengkonsumsi buah durian karena buah ini memiliki kandungan lemak dan kalori yang cukup tinggi.

5. Mengatasi beberapa gangguan pada pankreas

Manfaat buah durian untuk mengobati gangguan pada pankreas mungkin sedikit mengejutkan. Buah ini memang kurang begitu dianggap sebagai obat karena kebanyakan orang akan menghindari buah durian. Bahkan buah durian sering dianggap memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi. Meskipun anggapan tersebut benar mengkonsumsi buah durian tidak akan membahayakan kesehatan selama tidak berlebihan.

6. Mencegah stres dan depresi

Manfaat buah durian untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mampu menekan tingkat depresi. Buah durian ternyata mengandung asam amino yang dapat diubah oleh tubuh menjadi serotonin yang merupakan hormon bahagia. Dengan mengkonsumsi buah durian dalam jumlah yang cukup maka akan membantu mereka yang memiliki gangguan mental dan juga masalah dengan depresi.

7. Mencegah stroke

Jika anda menganggap dengan mengkonsumsi buah durian akan meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke maka anda salah. Buah durian bahkan dianggap sangat baik untuk mencegah penyakit stroke. Hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah penelitian yang dilakukan oleh The New England Journal Of Medicine di mana dalam penelitian tersebut mengungkapkan bahwa mengkonsumsi buah durian dengan porsi yang tepat dapat membantu mengurangi resiko penyakit stroke hingga 40%.

8. Sebagai agen antitumor

Buah durian memang memiliki beberapa senyawa yang sangat baik dalam mencegah penyakit tumor dan kanker. Salah satu manfaat buah durian untuk kesehatan ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pharmacology dan Toxicology dari State University Of New York di Buffalo. Dalam penelitian tersebut mengungkap bahwa di dalam buah durian terdapat kandungan zat yang disebut phytosterol. Zat tersebut berguna dalam mencegah beberapa jenis tumor dan kanker.

9. Membantu menghangatkan tubuh

Kandungan kalorinya yang tinggi dalam buah durian dapat berguna meningkatkan suhu tubuh sehingga buah ini sangat cocok dikonsumsi pada cuaca dingin. Manfaat buah durian yang satu ini bisa terjadi karena karbohidrat dan glukosa yang terdapat dalam buah dengan aroma menyengat ini mampu mempengaruhi fungsi hati yang berperan sebagai pengatur temperatur tubuh.

10. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi bisa diakibatkan oleh tingginya kadar natrium di dalam tubuh kita. Penyakit ini biasanya akan berkaitan erat dengan penyakit jantung. Penyakit darah tinggi bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalium. Buah durian memiliki beberapa kandungan kalium yang berguna menekan resiko tekanan darah tinggi.

Efek samping durian untuk kesehatan

Meskipun buah durian memiliki banyak manfaat untuk kesehatan akan tetapi walau bagaimanapun juga buah ini tetap memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Dengan kandungan kolesterolnya tersebut buah durian sebaiknya dihindari oleh mereka yang sudah terlanjur memiliki kolesterol tinggi. Bagi anda yang memiliki masalah dengan tingginya kadar kolesterol jika ingin mengkonsumsi buah durian sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter atau paling tidak anda harus benar-benar menguranginya.

Buah ini juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi sehingga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan terutama bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih. Walau bagaimanapun juga buah durian tetap tidak cocok sebagai buah untuk diet. Meskipun demikian bukan berarti anda harus menghindarinya 100% karena buah ini juga menyediakan nutrisi penting yang juga sangat baik untuk kesehatan.

Bagi ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi buah durian atau jika ingin mengkonsumsinya tanyakan ke dokter terlebih dahulu mengenai efek samping yang ditimbulkannya. Seperti yang sudah kita ketahui di atas buah durian memiliki kandungan kalori dan gula yang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan suhu tubuh. Hal ini mungkin akan berdampak kurang baik untuk kesehatan janin.

Demikian tadi informasi mengenai manfaat buah durian untuk kesehatan dan efek sampingnya semoga dapat memberikan tambahan wawasan bagi anda. Setiap buah ataupun sesuatu yang diciptakan oleh Allah pasti memiliki manfaat selama dikonsumsi atau digunakan secara tepat. Akan tetapi sebaliknya jika tidak digunakan dengan tepat maka justru memberikan efek negatif.