8 Manfaat buah duku untuk kesehatan yang luar biasa

manfaat buah duku
manfaat buah duku
image from wikimedia.org

Manfaat buah duku untuk kesehatan yang cukup luar biasa termasuk mencegah penyakit jantung dan stroke. Buah duku memiliki ukuran kecil di mana buah ini memiliki rasa yang masam saat masih mentah. Akan tetapi jika sudah masak buah ini cukup lezat dengan rasa manis dan tekstur seperti jelly. Buah duku sebenarnya bukan merupakan buah yang terkenal karena buah ini hanya sering digunakan sebagai pencuci mulut saja. Akan tetapi dibalik bentuknya yang mungil ternyata buah duku menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat buah duku untuk kesehatan diantaranya adalah:

1. Mencegah penuaan dini

Buah duku diperkaya dengan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan untuk mencegah penuaan dini yang disebabkan oleh efek merugikan radikal bebas. Vitamin C dalam buah duku akan melindungi tubuh kita dari berbagai macam serangan yang dapat menyebabkan penuaan termasuk polusi udara dan racun yang ada di sekitar kita.

2. Menguatkan gigi

Jika anda berpikir bahwa kalsium merupakan satu-satunya nutrisi utama untuk gigi maka anda salah. Ada satu mineral lagi yang berperan penting dalam menjaga kekuatan gigi kita mineral tersebut adalah fosfor. Buah duku memiliki kandungan fosfor yang sangat baik sekali dalam meningkatkan kesehatan gigi.

3. Menjaga elastisitas dan kesehatan kulit

Kemampuan buah duku ini mirip dengan manfaat buah lemon untuk kesehatan. Hal ini disebabkan 2 buah ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup baik. Vitamin C merupakan salah satu jenis nutrisi yang berguna menciptakan kolagen yang bertanggung jawab terhadap elastisitas kulit. Kolagen merupakan protein yang membentuk jaringan sel di dalam tubuh kita termasuk sel kulit.

4. Sumber antioksidan yang baik

Antioksidan merupakan salah satu komponen penting dalam makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu peran utama antioksidan adalah menangkal efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit termasuk penyakit kanker. Salah satu jenis vitamin yang berperan sebagai antioksidan adalah vitamin C, A dan E. Dimana salah satu dari vitamin tersebut terdapat dalam buah duku.

5. Melindungi tubuh dari serangan virus

Beberapa virus seperti influenza bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi buah duku. Hal ini dikarenakan buah duku memiliki kandungan vitamin C yang sangat berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dari serangan bakteri dan virus. Jika anda memiliki anak dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah sebaiknya cukupi kebutuhan vitamin C harian mereka. Salah satunya mungkin bisa dengan mengkonsumsi buah duku.

6. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat buah duku untuk kesehatan yang dapat menarik adalah membantu menurunkan berat badan anda. Hal ini disebabkan di dalam buah duku terdapat carnitine yang merupakan senyawa penting yang berguna mengarahkan molekul lemak sebuah jaringan pembakar lemak. Hal ini pada gilirannya akan membantu mengontrol berat badan anda. Bagi anda yang kesulitan menurunkan berat badan tidak ada salahnya mencoba dengan mengkonsumsi buah duku.

7. Melancarkan BAB

Semua buah yang memiliki kandungan serat tinggi dapat melancarkan pencernaan kita karena serat berguna meningkatkan pergerakan usus untuk membuang limbah atau kotoran. Salah satu nutrisi yang juga terkandung dalam buah duku adalah serat. Lancarnya sistem pencernaan bukan hanya membuat proses pembuangan limbah dan racun bisa maksimal akan tetapi juga mencegah perut buncit yang terkadang disebabkan oleh sembelit.

8. Mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh

Kandungan kolesterol yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya termasuk serangan jantung dan stroke. Kolesterol dapat dikurangi dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur segar yang memiliki kandungan serat seperti halnya buah duku.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →