manfaat buah ciplukan untuk kesehatan

Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh. Yuk, Intip Ulasannya!

Posted on

manfaat buah ciplukan untuk kesehatan

Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan – Ciplukan merupakan buah berwarna hijau dan kuning yang terbalut kulit tipis dengan rasa kecut manis. Buah ini mempunyai nama latin physalis angulata L. Ciplukan sendiri mempunyai nama yang berbeda-beda di setiap daerah.

Di Inggris, buah ciplukan diketahui dengan nama morel berry. Sedangkan di Jawa disebut ceplukan dan di Sunda disebut cecendet. Di Minahasa disebut leletokan dan di Bali buah ini disebut keceplokan. Tumbuhan ciplukan banyak tumbuh di tepi jalan, semak, kebun rumah, tegalan dan hutan.

Banyak yang menganggap buah ini sebagai gulma dan tidak punya nilai jual. Padahal, ciplukan merupakan buah yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan tidak mempunyai efek berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Ciplukan memiliki gizi dan kandungan senyawa berkhasiat, seperti: Chlorogenic acid, Polifenol, Asam sitrat, Fisalin, Asam malat, Asam oleat dan linoleat, Alkaloid, Tannin, Karotenoid, Vitamin A, C, D dan K, Gula, Elaidic acid, Antikosidan, serta Antiinflamasi.

Buah ciplukan dapat dikonsumsi langsung, bahkan juga bisa dihaluskan dan dijadikan obat luar untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit, lho. Lalu apa saja manfaatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat buah ciplukan untuk kesehatan yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Banyak Orang Tahu

1. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Dr. Gökçen Yıldız, dalam Journal of Food Science Technology mengatakan bila buah ciplukan memiliki manfaat penting yang berasal dari kandungan antioksidannya yang tinggi. Oleh karena itu, ciplukan dipercaya sebagai sumber gizi dan suplemen yang ideal untuk berbagai jenis penyakit.

Baca juga  Manfaat Minum Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh. Check It!

Karoten dan senyawa polifenol yang ditemukan dalam buah ini juga bisa menetralkan radikal bebas. Buah ini juga bisa melindungi tubuh dari ancaman penyakit kanker, tekanan darah tinggi, aterosklerosis dan penyakit jantung koroner.

2. Mengatasi Nyeri

Di dalam buah ciplukan terkandung senyawa antiinflamasi yang bisa mengurangi rasa nyeri. Contohnya rasa nyeri yang diakibatkan oleh radang sendi, asam urat, nyeri otot, dan ambeien.

Penelitian pun memperlihatkan bila ekstrak ciplukan bisa mengatasi nyeri yang dinikmati oleh penderita penyakit lupus.

manfaat buah ciplukan untuk kesehatan

Sumber: https://health.kompas.com

3. Menurunkan Berat Badan

Sebagai makanan rendah kalori, karena mengandung 53 kalori per 100 gram, buah ini bisa menjadi alternatif untuk program diet alami. Tanpa menyumbang lemak atau kalori negatif, buah mungil ini bisa memberikan asupan gizi harian yang besar untuk tubuh.

Dengan demikian Anda bisa mengonsumsinya setiap hari tanpa khawatir banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

4. Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Asam oleat dan linoleate yang terkandung dalam buah ini bermanfaat menurunkan jumlah kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang bersemayam di dalam tubuh.

Kedua jenis asam ini juga dapat membentuk keseimbangan kolesterol untuk memastikan jantung tetap sehat. Namun, jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan dengan menghindari makanan penyebab kolesterol.

5. Mengatasi Diabetes

Kandungan senyawa yang dimiliki buah mungil ini dapat memperlambat penguraian asupan gula dalam darah. Hal tersebut membuat tubuh akan terlindungi dari tingginya kadar gula karena reseptor insulin bisa dikontrol dengan benar.

6. Baik untuk Kesehatan Mata

Buah ciplukan sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata sebab mempunyai kandung karotenoid yang tinggi. Karotenoid sendiri bermanfaat untuk mencegah terjadinya katarak dan bisa memperlambat timbulnya degenerasi makula. Buah ini bisa menjaga penglihatan agar tetap jelas seiring bertambahnya usia.

Baca juga  Cara Mengecilkan Perut Buncit Dalam Waktu Singkat

7. Baik untuk Kesehatan Ginjal

Ciplukan juga dipercaya sebagai salah satu obat deuretik yang bisa membantu menghilangkan racun melalui rangsangan untuk buang air kecil.

Buah ini juga bisa membuang kelebihan lemak, garam dan racun dari cara limfatik yang akan menjaga kinerja ginjal lebih optimal.

manfaat buah ciplukan untuk kesehatan1

Sumber: https://www.jawapos.com

8. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalam buah ciplukan terkandung vitamin C atau asam karbonat yang bisa menstimulus proses produksi sel darah putih.

Vitamin C juga menjadi bagian utama pembentuk kolagen yang bisa membantu memperbaiki dan memproduksi sel, jaringan dan pembuluh darah. Kandungan ciplukan yang bersifat antioksidan juga sangat baik untuk memelihara sistem kekebalan tubuh.

9. Menjaga Kesehatan Tulang, Kulit & Jantung

Kandungan vitamin K dalam buah ciplukan berfungsi menjaga kesehatan tulang dan kulit. Kandungan buah ini juga bisa menjaga tekanan darah untuk tetap normal. Selain itu, vitamin K di ciplukan juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

10. Sebagai Antiinflamasi

Tidak hanya buahnya, daun ciplukan juga bermanfaat untuk membantu mengurangi peradangan. Pasalnya daun ciplukan mempunyai efek anti-inflamasi dan analgesik yang dapat menenangkan sekaligus mempercepat penyembuhan.

Menurut masalah kesehatan seperti radang sendi, asam urat dan ambeien bisa diatasi dengan memanfaatkan daun ciplukan.

11. Obat Herbal Kanker Payudara

Ditemukan fakta pada sebuah hasil penelitian bahwa efek sitotoksik yang bisa menginduksi kematian pada sel kanker payudara dimiliki oleh ekstrak daun ciplukan.

Hal ini memperlihatkan, ciplukan dapat dijadikan alternatif pengobatan penderita kanker payudara yang lebih aman, relatif murah, dan efektif.

12. Mencegah Penuaan Dini

Selain untuk kesehatan, ciplukan juga bermanfaat untuk kesehatan wajah. Mencegah penuaan dini adalah salah satu manfaat ciplukan untuk wajah.

Baca juga  Minuman untuk Diet

Pasalnya, terdapat kandungan vitamin C serta antioksidan pada ciplukan yang dapat membentuk kolagen. Kandungan kolagen dalam buah ini bisa membuat kulit wajah nampak segar, cepat, dan tidak kusam.

Baca Juga: Manfaat Daun Buah Tin yang Rugi Jika Dilewatkan. Yuk, Simak Ulasannya!