17 Manfaat buah blackberry untuk kesehatan dan ibu hamil

Buah
manfaat buah blackberry
image from freegreatpicture.com

Manfaat buah blackberry untuk kesehatan dan ibu hamil yang sangat mengagumkan. Blackberry adalah jenis buah-buahan sehat yang mengandung tinggi antioksidan penting. Buah ini masuk dalam kategori keluarga berry termasuk strawberry, blueberry, dan rasberry. Sebuah penelitian yang dilakukan di American Latin Archives Of Nutrition mengungkapkan bahwa buah blackberry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Buah ini masuk dalam daftar teratas 28 jenis buah-buahan yang memiliki kandungan antioksidan paling tinggi.

Salah satu jenis antioksidan penting yang terdapat dalam buah blackberry adalah antosianin. Dimana zat ini banyak mempengaruhi warna pada beberapa jenis tumbuhan. Antioksidan yang tinggi dalam sebuah blackberry menjadikannya sebagai makanan yang sangat baik sekali untuk mencegah berbagai macam masalah kesehatan. Berikut kami rangkum beberapa daftar manfaat buah blackberry untuk kesehatan:

1. Mencegah penyakit jantung

Buat blackberry memiliki beberapa kandungan serat yang sangat baik sekali menjaga kestabilan kolesterol. Memiliki kolesterol yang terkontrol akan membantu anda terhindar dari resiko penyakit jantung. Mengkonsumsi setidaknya satu cangkir buat blackberry dapat membantu anda terhindar dari penyakit jantung.

2. Mencegah penyakit kanker

Karena buah blackberry mengandung tinggi antioksidan maka buah ini sangat baik sekali untuk mencegah pertumbuhan penyakit kanker. Penyakit kanker bisa disebabkan dari efek radikal bebas yang merusak sel di tubuh. Radikal bebas bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang menjadi sumber antioksidan seperti halnya blackberry. Kandungan cyanidin-3-glucoside dalam buah blackberry berperan penting untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

3. Melancarkan BAB

BAB yang tidak lancar sering mengganggu kesehatan kita dari yang teringan yaitu menimbulkan perut buncit sampai yang terparah meningkatkan resiko kanker usus besar. Masalah susah BAB ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan sumber serat seperti halnya blackberry. Selain melancarkan pencernaan mengkonsumsi blackberry juga membantu anda mengontrol berat badan.

4. Meningkatkan pertumbuhan sel

Manfaat blackberry yang selanjutnya adalah membantu meningkatkan pertumbuhan dan pembelahan sel. Buah blackberry menyediakan kandungan asam folat yang cukup baik untuk proses pembelahan sel.

5. Mencegah penyakit diabetes

Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Selain mengandung tinggi antioksidan di dalam buah blackberry juga menyediakan beberapa syarat yang sangat baik untuk membantu menstabilkan kadar gula darah. Bagi anda yang memiliki resiko tinggi mengalami diabetes sebaiknya tingkatkan asupan serat dari makanan seperti buah dan sayur.

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Blackberry merupakan sumber mineral penting seperti mangan yang berfungsi membantu proses pembentukan struktur tulang. Selain itu mainan juga berguna meningkatkan pembentukan jaringan ikat pada tubuh. Dengan memenuhi asupan makanan dari blackberry akan membantu anda memenuhi nutrisi bagi tulang. Yang pada akhirnya kekuatan tulang bisa terjaga dengan baik.

7. Membuat anda tidak mudah sakit

Jika anda sering mengalami flu atau pilek mengkonsumsi buah blackberry mungkin bisa menjadi pilihan yang baik. Buah ini memang terbukti dapat meningkatkan sistem imun anda sehingga kemampuan tubuh dalam melawan penyakit menjadi lebih kuat. Sistem imun sendiri merupakan mekanisme pertahanan tubuh dalam melawan serangan virus dan bakteri.

8. Meningkatkan fungsi otak

Salah satu manfaat buah blackberry yang menakjubkan adalah membantu meningkatkan fungsi otak anda hal ini dikarenakan buah blackberry memiliki beberapa nutrisi yang bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan otak beberapa nutrisi tersebut diantaranya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, mangan, magnesium, selenium, dan beberapa vitamin B kompleks. Mencukupi kebutuhan nutrisi untuk otak dapat membantu anda terhindar dari penyakit alzheimer di masa tua.

9. Menjaga kestabilan tekanan darah

Bagi anda yang rawan mengalami tekanan darah tinggi sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalium seperti buah blackberry. Blackberry menyediakan beberapa kandungan kalium yang sangat baik sekali untuk meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular anda. Kalium di dalam buah blackberry berfungsi mengendalikan kelebihan natrium yang mengarah pada tingginya resiko penyakit hipertensi.

10. Mencegah berbagai macam masalah mata

Jika anda ingin memiliki mata yang tetap sehat dan terhindar dari beberapa penyakit mata sebaiknya masukkan blackberry ke dalam menu sehat harian anda. Manfaat buah blackberry untuk kesehatan mata ini didapat dari kandungan vitamin A dan juga antioksidan penting yang berguna melindungi mata dari kerusakan yang menyebabkan penyakit katarak dan deklarasi makula. Mata adalah organ yang sangat penting sekali sehingga menjaga kesehatannya menjadi suatu keharusan yang mutlak.

11. Sumber vitamin C yang baik

Manfaat vitamin C untuk kesehatan dan kecantikan sangat banyak sekali. Beberapa manfaat vitamin C diantaranya seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, mencerahkan kulit, menjaga elastisitas kulit, dan juga bertindak sebagai antioksidan penting.

12. Baik untuk ibu hamil

Buah blackberry mengandung asam folat yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Asam folat berguna meningkatkan pertumbuhan sel sehingga dapat mencegah cacat pada bayi dalam kandungan. Seorang ibu hamil dianjurkan memenuhi kebutuhan asam folat dari makanan berupa sayur dan buah-buahan.

13. Membantu mencukupi kebutuhan nutrisi pada ibu hamil

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa buah blackberry memiliki kandungan nutrisi yang lengkap berupa vitamin, mineral, serat dan beberapa antioksidan penting. Kandungan nutrisi tersebut tentunya sangat baik sekali untuk menunjang kesehatan ibu dan bayi. Belum lagi selama masa kehamilan seorang wanita membutuhkan nutrisi yang lebih karena makanan yang dikonsumsinya akan dibagi dengan janin dalam kandungan.

14. Mencegah pendarahan pada ibu hamil

Buat blackberry menyediakan beberapa kandungan vitamin K yang sangat baik sekali untuk ibu hamil. Mengkonsumsi buah blackberry mencukupi sekitar 36% kebutuhan vitamin K harian anda. Vitamin k berguna untuk pembekuan darah dan juga meningkatkan kesehatan tulang. Pembekuan darah yang tepat dapat membantu mengurangi kemungkinan pendarahan pada saat luka termasuk pada waktu proses persalinan.

15. Berguna meningkatkan proses penyembuhan luka

Seperti yang diungkapkan oleh seorang pakar gizi dari sebuah rumah sakit di london menggunakan buah blackberry pada kulit yang terluka dapat membantu proses penyembuhannya lebih cepat.

16. Menjaga kesehatan kulit anda

Jika anda ingin memiliki kulit mulus alami dan terbebas dari kerutan mengkonsumsi buah blackberry secara rutin bisa menjadi pilihan terbaik. Karena buah blackberry mengandung antioksidan tinggi maka buah ini dapat digunakan sebagai bahan perawatan wajah. Beberapa masalah kulit wajah termasuk kerutan, dan garis halus bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi buah blackberry segar.

17. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi buah blackberry. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah blackberry mampu melindungi kulit dari kerusakan yang mengarah pada cepatnya proses penuaan.