manfaat buah bit
image from pixabay.com

17 Manfaat buah bit untuk kesehatan, ibu hamil dan janin

Posted on
manfaat buah bit
image from pixabay.com

Manfaat buah bit untuk kesehatan dan ibu hamil serta kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat lengkap dan beragam. Bit tergolong sebagai buah yang masuk dalam kategori umbi-umbian. Buah ini memiliki warna merah dengan bentuk yang sedikit mirip dengan bengkoang. Secara umum buah bit memiliki harga yang relatif mahal karena buah ini sedikit jarang dibudidayakan di indonesia. Dibalik harganya yang mahal buah bit memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan hal ini dikarenakan kandungan nutrisi di dalamnya memang sangat beragam. Jadi harganya yang mahal saya kira cukup sepadan dengan manfaat yang diberikan buah bit.

Kandungan nutrisi buah bit

Beberapa kandungan nutrisi utama yang dimiliki buah bit adalah vitamin C, zat besi, magnesium, fosfor, asam folat, kalium, dan serat yang kesemuanya sangat baik untuk kesehatan kita. Untuk mengetahui selengkapnya mengenai manfaat buah bit untuk kesehatan dan kandungan nutrisi di dalamnya mari simak ulasannya berikut ini:

Manfaat buah bit untuk kesehatan

1. Mencegah kanker

Buah bit adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi yang sangat baik untuk mencegah penyakit kanker. Penyakit kanker bisa disebabkan oleh efek dari radikal bebas dan radikal bebas bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti buah bit. Kandungan betasinin yang merupakan zat penting untuk mencegah sel kanker juga terdapat dalam buah bit. Hal ini menjadikan buah bit sebagai salah satu buah yang cukup baik untuk mencegah penyakit kanker.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Bagi anda yang memiliki sistem imun lemah bisa mencoba mengkonsumsi buah bit secara rutin. Faktanya buah bit mengandung vitamin C yang berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita sehingga membuat kita tidak mudah terkena penyakit. Beberapa penyakit seperti flu dapat dicegah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung sumber vitamin C seperti buah bit. Buah bit juga sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak terutama yang sering sakit-sakitan.

3. Meningkatkan produksi sel darah merah

Manfaat buah bit untuk kesehatan yang satu ini bisa didapat karena kandungan zat besi yang dimilikinya. Meskipun bukan sumber utama zat besi tetapi kandungan zat besi dalam buah bit patut diperhitungkan. Zat besi berguna menciptakan hemoglobin yang merupakan sel darah merah. Memenuhi kebutuhan zat besi akan menghindarkan anda dari berbagai macam masalah kesehatan seperti anemia.

Baca juga  Manfaat Alpukat bagi Tubuh

4. Mencerahkan kulit

Memiliki kulit cerah alami tanpa menjadi idaman hampir semua wanita di seluruh dunia. Hal ini tidak mengherankan mengingat kulit menjadi salah satu faktor penunjang penampilan. Daripada anda membeli produk kecantikan yang mahal dan belum tentu aman anda bisa memanfaatkan buah bit karena buah ini terbukti dapat mencerahkan kulit secara alami. Manfaat buah bit untuk kecantikan ini didapat dari kandungan vitaminnya yang dimilikinya.

5. Mencegah cacat tabung saraf pada bayi

Diantara manfaat buah bit untuk ibu hamil adalah membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi yang dikandung. Buah bit mengandung asam folat yang cukup tinggi yang berguna mencegah cacat pada bayi. Untuk itulah bagi anda yang sedang hamil sebaiknya banyak mengkonsumsi buah bit.

6. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Anda memiliki masalah dengan susah buang air besar? sebaiknya tidak perlu khawatir karena mengkonsumsi buah bit akan membantu anda mengatasi masalah tersebut. Ya buah bit memang mengandung serat yang cukup tinggi yang sangat membantu dalam mencegah sembelit. Pencernaan yang sehat akan membuat tubuh kita lebih mudah dalam mengeluarkan limbah dan racun yang tidak diinginkan. azeri bukmeker saytlari

7. Membersihkan ginjal dan kantung empedu

Anda bisa membuat ramuan sederhana dari wortel, mentimun, dan buah bit untuk membantu membersihkan ginjal dan kandung empedu dari racun. Kombinasi ketiga bahan tadi cukup efektif dalam mengurangi akumulasi racun yang terdapat dalam kedua organ tersebut. Caranya cukup mudah anda hanya perlu memotong beberapa irisan buah bit, wortel, dan mentimun kemudian membuatnya menjadi jus. Kemudian minum di pagi hari saat perut kosong. Selain membantu membersihkan ginjal dan kantong empedu ramuan ramuan tadi juga berguna mencukupi kebutuhan nutrisi harian anda.

8. Sebagai pewarna alami

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan ibu hamil buah bit ternyata juga bisa digunakan sebagai pewarna alami makanan. Warnanya yang merah merona cukup menarik untuk digunakan sebagai pewarna alami pada makanan seperti jelly, es krim atau kue. Selain aman menggunakan buah bit sebagai pewarna makanan juga menambah kandungan nutrisi dari makanan tersebut. Di mana apakah anda tertarik menggunakan buah bit sebagai pengganti pewarna pada makanan anda?.

9. Membantu meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi

Kandungan fosfor yang terdapat dalam buah bit memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi terutama bagi anak-anak dan ibu hamil. Kedua kelompok ini memang membutuhkan nutrisi yang lebih karena pada masa pertumbuhan anak-anak memang membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral. Sedangkan ibu hamil membutuhkan nutrisi dalam rangka memaksimalkan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Baca juga  Cara Membuahkan Durian

10. Membantu mencegah jerawat

Jerawat yang muncul di wajah tentu sangat mengganggu penampilan. Bagi anda yang kita ingin mengalaminya bisa memanfaatkan buah bit. Mengkonsumsi buah bit secara langsung dapat mencegah munculnya jerawat di wajah karena buah ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Selain membantu mencegah jerawat buah pencegah membuat kulit anda tampak cerah secara alami.

11. Meningkatkan stamina

Bagi mereka yang memiliki aktivitas padat membutuhkan nutrisi yang lebih dari makanan yang dikonsumsi. Karena buah bit menyediakan hampir semua nutrisi yang dibutuhkan maka membuat buah bit menjadi salah satu buah sumber energi alami. Selain itu, kandungan nitrat yang terdapat dalam buah bit berguna mengurangi pengeluaran atau pembakaran oksigen saat beraktivitas fisik.

12. Buah diet sehat

Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan mungkin mengkonsumsi buah pir secara rutin bisa menjadi pilihan yang sehat. Selain mengandung tinggi serat buah bit juga memiliki sejumlah nutrisi penting yang akan membantu anda lebih berenergi. Yang terpenting selama masa diet adalah kualitas makanan yang anda konsumsi bukan hanya sekedar mengurangi porsi makan. Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi dari makanan yang anda konsumsi seperti buah bit akan membantu anda tidak mudah lapar sehingga kebiasaan ngemil bisa ditanggulangi. Selain itu buah bit juga cukup rendah kalori sehingga nggak perlu khawatir mengkonsumsinya secara rutin.

13. Membantu menurunkan kolesterol

Kandungan serat yang terdapat dalam buah bit berguna mengurangi kolesterol dalam darah. Kolesterol dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya diantaranya adalah penyakit jantung dan stroke. Bahkan, penyakit diabetes juga bisa disebabkan akibat tingginya kadar kolesterol dalam tubuh kita. Jadi dengan mengkonsumsi buah bit secara rutin maka anda akan membantu tubuh dalam melawan berbagai macam penyakit.

14. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah bit untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung anda. Seperti yang anda tahu bahwa kandungan serat dalam buah bit berguna untuk menurunkan kolesterol yang mengarah pada penurunan risiko penyakit jantung. Akan tetapi manfaat buah di ternyata bukan hanya itu, karena faktanya buah bit ternyata memiliki kandungan kalium yang juga berguna dalam mengatur detak jantung. bwin sportfogad√°s Detak jantung yang tidak stabil dapat menyebabkan penyakit jantung koroner.

Baca juga  10 Fungsi dan manfaat vitamin B7 untuk kesehatan

Manfaat buah bit untuk ibu hamil

15. Mencegah darah tinggi pada ibu hamil

Kondisi hamil biasanya akan membuat seorang wanita lebih rentan mengalami hipertensi. Hal ini akan diperparah dengan beberapa fakta bahwa ibu hamil biasanya sangat mengkhawatirkan kondisi janin dalam kandungan. sportfogadas org Tetapi untungnya salah satu manfaat buah bit untuk kesehatan ibu hamil adalah mencegah hipertensi. Bagi anda yang sedang hamil sangat disarankan mengkonsumsi setidaknya 1 gelas jus buah bit di pagi hari dalam rangka mencukupi kebutuhan nutrisi dan mencegah berbagai macam masalah kesehatan.

16. Mencegah anemia pada ibu hamil

Manfaat buah bit yang tidak kalah penting adalah mencegah anemia pada ibu hamil. Kebutuhan zat besi selama masa kehamilan memang lebih tinggi dibandingkan biasanya. Dan kekurangan zat besi selama kehamilan memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan kondisi normal. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia yang ditandai dengan pusing, mudah lelah, dan tidak bersemangat. Meskipun anemia bukan merupakan penyakit berbahaya akan tetapi kondisi ini dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan janin. Faktanya buah bit memiliki kandungan zat besi yang sangat baik sekali dalam mencegah anemia dan kondisi terkait.

17. Mendukung pertumbuhan janin

Salah satu manfaat buah bit untuk ibu hamil yang patut diperhitungkan adalah mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan. Selain mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil buah bit juga menyediakan nutrisi khusus yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan janin, nutrisi tersebut adalah triptofan. Zat Ini memang sudah terbukti dalam meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan janin anda. Jadi bagi ibu hamil sebaiknya tidak ragu untuk mengkonsumsi buah bit secara rutin.

18. Mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil

Selama masa kehamilan sang ibu dituntut untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dibandingkan biasanya. Hal ini dikarenakan kebutuhan nutrisi saat hamil menjadi lebih banyak karena janin yang dikandung juga memerlukan asupan nutrisi. Daripada mengambil suplemen yang terkadang mengandung bahan kimia tidak ada salahnya anda mengkonsumsi buah bit secara rutin. Buah bit memang menyediakan segudang nutrisi yang anda perlukan selama masa kehamilan seperti vitamin, mineral, dan serat.