Manfaat buah aprikot untuk kesehatan
image from pixabay.com

10 Manfaat buah aprikot untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

Posted on
Manfaat buah aprikot untuk kesehatan
image from pixabay.com

Manfaat buah aprikot untuk kesehatan dan kandungan nutrisi didalamnya yang perlu anda ketahui. Buah aprikot merupakan buah sehat yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental anda secara keseluruhan. Buah ini memiliki warna kuning yang terang yang terdapat sedikit kemerahan di bagian kulitnya. Buah aprikot memiliki nama ilmiah prunus armeniaca di mana buah ini sudah ada sejak zaman romawi dan yunani kuno.

Secara umum buah aprikot diperkenalkan di dunia pada sekitar abad ke-18 oleh para misionaris spanyol di california saat ini ada beberapa negara yang memiliki jumlah produksi buah aprikot cukup melimpah beberapa negara tersebut diantaranya italia, iran, uzbekistan turki, dan aljazair.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai informasi manfaat buah aprikot untuk kesehatan mari simak ulasannya dalam artikel berikut ini:

1. Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Buah aprikot memiliki kandungan mineral yang cukup baik diantaranya adalah kalium yang bermanfaat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Kandungan kalium dalam buah aprikot bukan hanya bermanfaat menjaga keseimbangan cairan, akan tetapi juga membantu dalam proses dan pendistribusian energi ke dalam berbagai macam organ di dalam tubuh kita. Hal ini sangat baik sekali untuk meningkatkan energi, menjaga keseimbangan aliran darah dan juga mencegah kram.

2. Meningkatkan ketajaman mata

Anda semua pasti ingin memiliki mata yang sehat, karena mata merupakan organ yang sangat penting sekali. Menjaga kesehatan mata memang perlu dilakukan karena organ tersebut sangat menunjang aktivitas kita. Beberapa makanan yang diketahui baik untuk kesehatan mata diantaranya adalah buah aprikot, buah strawberry, pepaya, dan juga buah naga. Manfaat buah aprikot untuk kesehatan mata didapat dari kandungan nutrisinya berupa vitamin A. Selain meningkatkan kemampuan mata vitamin A juga dapat mencegah kerusakan pada mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Baca juga  Manfaat Odol untuk Wajah sebagai Media Kecantikan. Yuk, Wajib Baca!

3. Mencegah penyakit kanker

Buah aprikot secara umum memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik yang sangat membantu dalam mencegah penyakit kanker. Vitamin A dan C yang terdapat dalam buah aprikot merupakan salah satu antioksidan yang dapat melakukannya. Keduanya saling membantu dalam mempertahankan kesehatan sel dari serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Sebaiknya anda memilih buah aprikot tanpa pestisida untuk memastikan manfaatnya terjaga dengan baik.

4. Mencegah anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah dapat membantu aktivitas kita sehari-hari, hal ini dikarenakan anemia ditandai dengan kondisi tubuh kurang fit termasuk kepala yang pusing dan cepat lelah. Anemia bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi zat besi. Salah satu kelompok buah yang memiliki kandungan zat besi cukup baik adalah buah aprikot. Zat besi dalam buah aprikot dapat meningkatkan produksi sel darah merah yang sangat baik dikonsumsi terutama bagi seorang ibu hamil.

5. Membantu meringankan demam

Siapa yang menyangka jika ternyata diantara manfaat buah aprikot untuk kesehatan adalah membantu menurunkan demam. Jus buah aprikot biasanya diberikan oleh penderita demam untuk menurunkan panas. Hal ini dikarenakan buah alpukat memiliki nutrisi yang berguna membantu meringankan demam tersebut. Manfaat buah alpukat untuk menurunkan demam bisa anda coba sebagai alternatif untuk mengobati demam pada anak anda. Selain aman menurunkan demam dengan buah aprikot juga lebih alami.

6. Membantu mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau yang dikenal dengan hipertensi dapat membahayakan tubuh. Hipertensi dapat dicegah dengan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan banyak mengkonsumsi buah yang mengandung tinggi kalium seperti aprikot. Bagi anda yang menderita hipertensi atau berisiko tinggi mengalaminya cobalah rutin mengkonsumsi buah aprikot setidaknya satu kali sehari untuk membantu meringankan hipertensi yang anda derita.

Baca juga  Biaya Ganti Keyboard Laptop Asus

7. Membantu proses diet

Buah aprikot ternyata sangat rendah kalori dan yang itu artinya sangat baik untuk menunjang diet anda. Berat badan yang ideal bukan hanya membantu meningkatkan kepercayaan diri tetapi juga indikasi bahwa tubuh anda sehat. Bagi anda yang tidak ingin membeli obat diet yang mahal tidak ada salahnya dengan rutin mengkonsumsi buah aprikot. Meskipun buah ini sangat baik untuk diet akan tetapi anda juga tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi nya.

8. Mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan

Manfaat buah aprikot untuk mengatasi kekurangan cairan atau yang dikenal dengan dehidrasi ternyata sudah teruji secara klinis. Selain memiliki kandungan air buah aprikot juga bermanfaat menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh seperti yang sudah kita ketahui bersama. Mengkonsumsi buah aprikot terutama pada cuaca yang panas dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas fisik. Dehidrasi berlebih dapat membahayakan kesehatan dan menurunkan konsentrasi.

9. Mencegah penyakit jantung

Kalium yang tinggi dalam buah aprikot selain dapat mencegah hipertensi juga berguna menyimbangkan detak jantung. Hal ini pada gilirannya akan membuat jantung kita bekerja secara normal. Belum lagi beberapa kandungan vitamin dan mineral penting lainnya dalam aprikot juga bisa membantu meningkatkan fungsi jantung anda.

10. Membantu mencegah sembelit

Kandungan serat yang cukup tinggi dalam buah aprikot dapat mengurangi sembelit atau susah buang air besar. Manfaat buah aprikot untuk kesehatan tersebut bisa dirasakan terutama bagi anda yang terbiasa banyak mengkonsumsi daging. Karena pada dasarnya protein sangat sulit sekali dicerna oleh tubuh sehingga membutuhkan bantuan makanan tinggi serat seperti aprikot.

Nah setelah anda membaca mengenai manfaat buah aprikot untuk kesehatan di atas apakah anda tertarik untuk menambahkan buah yang satu ini ke dalam menu sehat harian anda?

Baca juga  Kekurangan Kelengkeng Matalada