10+ Manfaat buah alkesa untuk kesehatan serta kandungan nutrisinya

Manfaat buah alkesa

Manfaat buah alkesa untuk kesehatan serta kandungan nutrisinya yang sangat melimpah. Buah alkesa atau juga sering disebut sebagai sawo mentega merupakan salah satu buah yang saat ini mulai langka ditemukan. Buah alkesa ini memiliki warna yang kuning dan ukuran buah yang hampir mirip dengan kesemek.

Di pasaran buah alkesa dibanderol dengan harga 10 hingga rp15.000 per ikatnya. Buah alkesa bukan hanya enak saat dikonsumsi tetapi juga diketahui dapat menyehatkan tubuh. Buah alkesa pada dasarnya diketahui berasal dari daerah meksiko akan tetapi saat ini buah jenis ini banyak ditemukan di indonesia khususnya di daerah bandung.

Manfaat buah alkesa untuk kesehatan

Yang membuat manfaat buah alkesa untuk kesehatan sangat banyak adalah dari kandungan nutrisi yang dimilikinya. Di dalam buah alkesa terdapat beberapa vitamin dan mineral seperti riboflavin, vitamin C, thiamin, kalsium, dan fosfor.

Dari kandungan nutrisinya tersebut maka tidak heran jika buah alkesa memiliki banyak sekali manfaat. Berikut beberapa informasi mengenai manfaat buah alkesa untuk kesehatan dan pencegahan penyakit.

1. Mengurangi resiko kanker

Kandungan vitamin C dalam buah alkesa merupakan faktor penting dalam menekan pertumbuhan kanker. Vitamin C dapat bekerja sebagai antioksidan yang mampu mencegah kerusakan oksidasi yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Selain bersifat antioksidan zat lainnya yang terdapat dalam buah alkesa juga berperan penting dalam menetralisir racun material berbahaya di dalam tubuh. Salah satu jenis kanker yang dipercaya dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah alkesa adalah kanker usus besar.

2. Meningkatkan stamina

Anda mudah capek dan kurang pertamina? Cobalah rutin mengkonsumsi buah alkesa. Buah alkesa memang memiliki kandungan karbohidrat yang baik dan juga beberapa vitamin serta mineral yang kesemuanya sangat penting dalam mendongkrak stamina anda.

Mengkonsumsi buah alkesa juga relatif lebih aman karena minim efek samping dibandingkan dengan minuman berenergi. Jadi tunggu apalagi jangan ragu untuk memasukkan buah alkesa ke dalam menu sehat harian anda.

3. Menutrisi bayi

Buah alkesa sering sekali digunakan sebagai campuran makanan untuk bayi karena diketahui mengandung nutrisi yang lengkap. Memang di dalam buah alkesa terdapat beberapa mineral dan juga vitamin yang kesemuanya tentu sangat dibutuhkan oleh bayi dalam masa pertumbuhan.

Usahakan anda memilih buah alkesa yang masih segar dan terbebas dari pestisida agar manfaatnya jauh lebih maksimal. Jika tidak bisa cobalah untuk membersihkannya terlebih dahulu dengan air mengalir sebelum mengkonsumsinya.

4. Menjaga kesehatan tulang

Tulang yang kuat adalah tonggak dari kesehatan anda secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan tulang merupakan penyangga tubuh sehingga memainkan peran penting dalam kehidupan kita.

Salah satu cara menjaga kesehatan tulang adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti halnya buah alkesa. Rutin mengkonsumsi buah alkesa sangat baik sekali bukan hanya untuk meningkatkan kesehatan tulang tetapi juga gigi anda.

5. Mencegah sembelit

Manfaat buah alkesa untuk kesehatan yang selanjutnya adalah melancarkan buang air besar sekaligus mencegah sembelit. Hal ini dikarenakan di dalam buah alkesa terdapat kandungan serat yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

Serat dalam buah alkesa bukan hanya menjaga kesehatan pencernaan tetapi juga mencegah kanker usus besar. Karena sulit bab dalam jangka waktu yang lama terkadang dikaitkan dengan risiko kanker usus besar.

6. Mengatasi radang mulut

Bagi para penderita radang mulut mungkin bisa memanfaatkan buah alkesa untuk meringankan gejala penyakit tersebut. Kandungan vitamin C yang melimpah dalam buah alkesa disinyalir menjadi alasan kuat kenapa buah ini sangat berguna dalam meringankan radang mulut. 

7. Meningkatkan kesehatan mata

Mata adalah organ tubuh yang sangat penting karena memiliki banyak fungsi. Menjaga kesehatan mata menjadi sesuatu yang mutlak karena organ tubuh yang satu ini memainkan peran penting dalam kehidupan kita.

Untuk membuat mata tetap sehat anda harus mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin a. Salah satu buah yang patut anda coba adalah alkesa. Buah alkesa memang mengandung vitamin a yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata anda.

8. Membantu menambah berat badan

Bagi anda yang memiliki berat badan kurang ideal tidak ada salahnya mengkonsumsi buah alkesa secara rutin. Di sisi lain buah ini kaya akan serat sehingga dapat mencegah obesitas. Tapi di sisi lain kandungan kalori dalam sebuah alkesa juga mampu menambah berat badan. Tentunya karena kandungan kalori dalam buah alkesa tersebut sebaiknya anda juga jangan berlebihan dalam konsumsinya karena dikhawatirkan dapat menyebabkan kelebihan berat badan.

9. Berperan sebagai antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang sangat penting sekali di dalam tubuh kita. Salah satu makanan yang mengandung tinggi antioksidan adalah buah alkesa. Kandungan antioksidan dalam buah alkesa didapat dari vitamin c dan juga vitamin A dimana keduanya memang bertindak sebagai antioksidan.

10. Meredakan panas

Di negara asalnya meksiko buah alkesa sering dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk menurunkan panas. Sedangkan daun dan juga buah alkesa bisa digunakan sebagai obat diare alami. Baca pula 10+ Manfaat buah pinang muda serta efek sampingnya untuk kesehatan

11. Membantu melawan infeksi

Vitamin c dikenal sebagai salah satu nutrisi penting yang mampu melawan radikal bebas serta mencegah munculnya infeksi. Sedangkan seperti yang sudah kita ketahui bahwa buah alkesa memang diperkaya dengan vitamin C sehingga mampu melawan infeksi cukup baik.

Selain melawan infeksi kandungan vitamin c dalam buah alkesa juga berguna meningkatkan sistem imun. Sistem imun yang kuat membuat anda tidak mudah terserang penyakit terutama yang berhubungan dengan lemahnya sistem imun.

Demikianlah informasi mengenai manfaat buah alkesa serta kandungan nutrisi di dalamnya. Semoga bisa bermanfaat bagi anda.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →