12 Manfaat blueberry untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

Manfaat blueberry untuk kesehatan
Manfaat blueberry untuk kesehatan
image from Pexels.com

Manfaat blueberry untuk kesehatan dan kandungan nutrisi di dalamnya yang cukup mengesankan di mana diantara salah satu manfaat blueberry tersebut adalah mencegah penyakit kanker ovarium dan kanker usus besar. Blueberry merupakan buah yang mengagumkan dimana buah ini memiliki bentuk bulat kecil berwarna biru. Blueberry diduga berasal dari daerah Amerika, akan tetapi saat ini penyebaran buah blueberry sudah bisa ditemukan di beberapa negara termasuk Eropa dan Australia. Buah blueberry secara umum masuk dalam keluarga vaccinum angustifolium.

 

Kandungan Nutrisi Blueberry

Secara umum manfaat buah blueberry untuk kesehatan didominasi oleh kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Selain antioksidan buah blueberry juga memiliki beberapa kandungan nutrisi penting lainnya seperti seng, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, mangan dan beberapa vitamin termasuk vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, karbohidrat, serat, dan beberapa senyawa penting termasuk flavonoid, antosianin, tanin, dan resveratrol.

Semua kandungan nutrisi yang ada di dalam buah blueberry tersebut menjadikannya salah satu buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan, bisa dikatakan blueberry merupakan salah satu superfood yang memiliki nutrisi yang lengkap.

 

Manfaat blueberry untuk kesehatan

1. Melancarkan pencernaan

Buah blueberry mengandung setidaknya 4 gram serat atau memenuhi sekitar 15% dari kebutuhan serat harian Anda. Serat sangat diperlukan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Jadi dengan mengkonsumsi blueberry Anda dapat terhindar dari berbagai macam masalah pencernaan termasuk sembelit.

2. Melawan kanker

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa blueberry merupakan sumber antioksidan penting yang dapat mencegah penyakit kanker berbahaya termasuk kanker ovarium pada wanita. Selain kanker ovarium, blueberry jika diketahui berguna menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar. Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan seperti blueberry memang sangat dianjurkan untuk mencegah dan mengurangi resiko penyebaran penyakit kanker.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Dalam sebuah penelitian mengungkap bahwa blueberry memiliki senyawa yang bernama anthociyanosides, dimana senyawa tersebut sangat berguna memperlambat hilangnya penglihatan pada seseorang. Selain itu sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam archive of opthalmologi menemukan jika mengkonsumsi setidaknya 3 blueberry segar dalam satu hari akan menurunkan resiko hilangnya penglihatan seseorang.

4. Meningkatkan suplai energi

Selain diperkaya dengan nutrisi berupa vitamin dan mineral blueberry juga mengandung gula alami yang dapat meningkatkan energi dengan cepat tanpa menimbulkan efek samping. Bagi anda yang suka berolahraga tidak ada salahnya mengkonsumsi buah blueberry secara rutin untuk memberikan energi pada tubuh anda.

5. Mencegah penuaan dini

Antioksidan yang terdapat dalam blueberry bukan hanya bekerja mencegah kanker akan tetapi membantu anda terhindar dari penuaan dini. Penuaan dini bisa terjadi akibat gaya hidup yang kurang sehat dimana paparan radikal bebas menjadi faktor utama penyebab penuaan dini tersebut. Bagi Anda yang mengidamkan memiliki kulit tampak muda alami tidak ada salahnya jika rutin mengkonsumsi blueberry. Pastikan anda memilih blueberry segar untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

6. Menjaga kesehatan tulang

Blueberry memiliki beberapa kandungan mineral penting yang sangat berguna meningkatkan kesehatan tulang. Beberapa mineral yang dikandung oleh blueberry diantaranya seperti kalsium, fosfor dan mangan. Mengkonsumsi blueberry secara rutin juga dikaitkan dengan melambatnya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

7. Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat blueberry untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menjaga dan meningkatkan kesehatan otak. Blueberry memiliki kandungan flavonoid yang berguna mengaktifkan bagian dalam otak yang berguna meningkatkan ingatan. Selain itu, antioksidan dalam blueberry juga sangat membantu dalam mencegah penyakit Alzheimer atau menurunnya kemampuan otak di usia senja.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Blueberry memiliki kandungan nutrisi yang sangat berlimpah seperti vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin C, vitamin dan tembaga yang sangat penting dalam membangun sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri. Lemahnya sistem kekebalan tubuh akan memudahkan virus dan bakteri untuk menyerang sehingga tubuh menjadi sangat rentan terhadap penyakit. Mengkonsumsi setidaknya satu cangkir blueberry setiap hari In Syaa Allah akan sangat berguna dalam membantu sistem kekebalan tubuh anda bekerja dengan baik. Blueberry sangat penting sekali dikonsumsi terutama oleh anak-anak.

9. Mencegah infeksi saluran kemih

Perkembangan bakteri di saluran kemih dapat menyebabkan infeksi di mana yang ditandai dengan rasa panas saat buang air kecil dan radang pada saluran kemih. Blueberry memiliki kandungan senyawa tertentu di mana sebagian besar nya merupakan polimer (suatu molekul yang bisa menghambat perkembangan bakteri). Selain senyawa tersebut, blueberry juga memiliki sifat antibiotik alami yang juga berguna mencegah infeksi saluran kemih.

10. Membantu mengontrol berat badan

Blueberry memiliki kandungan lemak dan kalori yang sangat rendah akan tetapi memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Fakta ini menjadikan blueberry sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang mencoba menurunkan berat badan. Nutrisi yang lengkap + serat yang tinggi dalam blueberry akan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga akan mengurangi kebiasaan ngemil. Belum lagi serat juga bermanfaat melancarkan pencernaan sehingga mencegah sembelit yang dapat menyebabkan perut buncit.

11. Menjaga kesehatan kulit

Blueberry memiliki kandungan vitamin C yang berguna menciptakan kolagen (protein yang menyusun kulit, otot, tulang dan pembuluh dara). Bertambahnya usia menjadikan kemampuan tubuh dalam menciptakan kolagen menjadi menurun sehingga kulit akan menjadi mudah kendur dan kemampuan tubuh dalam penyembuhan juga akan melambat. Hal ini bisa diminimalisir jika anda mencukupi kebutuhan vitamin C yang merupakan nutrisi penting dalam menciptakan kolagen tersebut.

12. Menjaga kesehatan sistem kardiovaskular

Blueberry bermanfaat mengurangi lemak dan kolesterol di dalam tubuh yang secara umum dapat mencegah penyakit jantung. Kemampuan blueberry ini didapat dari kandungan serat dan juga beberapa antioksidan penting di dalamnya. Selain mencegah penyakit jantung, blueberry juga bisa menurunkan resiko stroke dan penyakit terkait.

Bagaimana setelah menyimak informasi mengenai manfaat blueberry untuk kesehatan di atas Apakah anda tertarik untuk memasukkan blueberry ke dalam menu sehat harian anda?.