Manfaat biji kopi robusta
Manfaat biji kopi robusta

Manfaat Biji Kopi Robusta Dalam Kehidupan Sehari-hari 

Posted on

Terdapat beberapa manfaat kopi bagi tubuh baik itu mulai dari obat penahan kantuk hingga dijadikan sebagai obat penyakit. Tidak hanya itu, biji kopi robusta memiliki khasiat untuk kecantikan dan dijadikan lulur tubuh.
Kopi sudah menjadi salah satu dari bagian gaya hidup kaum urban. Banyak sekali jenis kopi asal Indonesia dan varian sajian kopi dari ribuan kedai kopi, sehingga membuat kopi menjadi menu wajib untuk menemani aktivitas.

Manfaat Biji Kopi Robusta dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat biji kopi robusta

Adapun manfaat biji kopi robusta akan dijelaskan secara rinci di bawah ini, antara lain:

  1. Membakar Lemak

    Apabila Anda memiliki masalah dengan berat badan, maka tidak perlu risau. Dikarenakan Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi secangkir kopi. Kandungan kafein di dalam kopi menjadi salah satu dari beberapa zat alami yang membantu proses pembakaran lemak di tubuh.

    Selain itu, kafein dalam kopi juga dapat meningkatkan laju metabolisme di tubuh. Selain mengatur pola makan, program diet akan berjalan lebih maksimal bila dibarengi dengan mengkonsumsi kopi secara rutin.

  2. Mengurangi Stres

    Stres merupakan salah satu sumber masalah bagi tubuh. Stres yang berlebihan dapat membuat tubuh lebih rentan terkena berbagai masalah kesehatan serius. Untung saja, secangkir kopi bisa membantu menurunkan stres yang ada alami.

    Kandungan kafein yang ada dalam kopi mampu merangsang sistem saraf pusat dalam memproduksi hormon. Hal ini berperan dalam meningkatkan suasana hati, seperti dopamin, serotonin, dan neurotransmitter.

  3. Mencegah Diabetes

    Penyakit diabetes bisa saja terjadi akibat pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Jika Anda memiliki riwayat penyakit ini, maka harus pandai dalam mengatur pola makan dan rutin menerapkan gaya hidup sehat. Sebab bulan tidak, penyakit diabetes dapat menyerang kapan saja.

    Namun tunggu dulu, Anda bisa mencegah penyakit diabetes secara rutin mengkonsumsi biji kopi robusta. Kandungan klorogenat di dalam kopi bisa menjaga kadar gula darah (glukosa) tetap stabil. Perlu diingat, manfaat ini baru bisa diperoleh jika Anda mengonsumsi kopi tanpa tambahan gula, susu, dan creamer.

  4. Mengencangkan Kulit Wajah

    Dalam publikasi “American Heart Association”, kopi bisa saja memperlancar aliran darah. Hanya dengan meningkatkan aliran darah, kulit juga mengalami peningkatan untuk membuat kolagen dalam tubuh.

    Kolagen merupakan protein keras, tidak larut, dan berserat yang membentuk sepertiga dari protein dalam tubuh manusia. Molekulnya akan membentuk fibril tipis yang panjang. Ini bertindak sebagai salah satu struktur pendukung yang memberikan kekuatan dan elastisitas kulit.

  5. Mencegah Penuaan Dini

    Kopi ini mempunyai antioksidan yang bisa bekerja sebagai anti aging. Antioksidan yang dimiliki oleh kopi adalah polifenol. Polifenol bisa saja menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Selain itu, kandungan polifenol juga bisa memperbaiki DNA yang rusak akibat sinar UV yang merupakan salah satu penyebab penuaan dini. Masker kopi diketahui dapat mengurangi tanda penuaan lainnya seperti flek hitam dan kerutan.

Jadi, gunakanlah masker biji kopi robusta secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah yang awet muda. Itu saja informasi yang dapat disampaikan semoga bisa memberikan manfaat.

Baca juga  Apa Itu ChatGPT Kecerdasan Buatan AI