6 Manfaat berada di luar rumah yang perlu anda ketahui

Ulasan
manfaat di luar rumah
image from pixinio.com

Manfaat berada di luar rumah yang perlu anda ketahui seperti membantu meningkatkan kesehatan mental, sampai memperpanjang rentan hidup seseorang. Menghabiskan banyak waktu di luar ruangan ternyata memiliki banyak manfaat bukan hanya untuk kesehatan tubuh tetapi juga mental kita. Hal ini sangat penting sekali terutama bagi anak-anak. Meluangkan waktu pergi berlibur di tempat-tempat yang memiliki pemandangan indah akan membantu kita lebih rileks dan menyatu dengan alam.

Kehidupan modern memang terkadang membuat seseorang enggan meninggalkan ruangan dan lebih memilih melakukan banyak aktivitas di dalam ruangan. Padahal ada banyak hal yang tidak bisa kita temukan di dalam ruangan misalnya udara yang segar tumbuh-tumbuhan hijau, atau sekedar suara kicauan burung yang merdu.

Berikut kami rangkum mengenai beberapa manfaat berada di luar ruangan untuk kesehatan tubuh dan juga mental anda:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita

Ternyata berada di luar ruangan terutama saat kita menyatu dengan alam seperti di pantai, di hutan, atau di ruangan terbuka yang luas akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2010 lalu melihat adanya manfaat melakukan perjalanan di pegunungan dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh manusia. Dalam temuan tersebut mengungkap bahwa berada di alam terbuka seperti di hutan akan meningkatkan aktivitas NK yang merupakan tingkat protein anti kanker.

2. Mencegah depresi dan stres

Berada di luar ruangan khusus nya saat kita menyatu dengan alam akan membuat perasaan menjadi lebih tenang dan rileks. Hal ini tentunya akan membantu mengurangi tingkat stres dan depresi seseorang. Manfaat berada di luar ruangan ini sangat dirasakan terutama bagi mereka yang banyak menghabiskan waktu itu di depan komputer atau di dalam ruangan seperti pekerja kantoran. Anda setidaknya membutuhkan waktu 1 minggu sekali untuk keluar menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga untuk menikmati pemandangan alam. Kecuali jika anda berada di desa yang mungkin masih banyak terdapat tumbuh-tumbuhan atau pegunungan.

3. Mengurangi tingkat peradangan

Penelitian menunjukkan bahwa berada di luar ruangan terutama di hutan dapat membantu mengurangi tingkat stres dan juga peradangan. Peradangan merupakan salah satu reaksi alami tubuh manusia terhadap kerusakan yang tidak disengaja atau yang disebabkan oleh patogen seperti virus. Meskipun peradangan kadang bukan penyakit berbahaya seperti flu misalnya, akan tetapi dalam kasus tertentu peradangan bisa menjadi ganas seperti radang usus misalnya.

4. Memperpanjang rentang hidup seseorang

Manfaat berada di luar ruangan yang mungkin tidak diketahui orang adalah membantu meningkatkan rentan hidup seseorang. Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan pada wanita di Amerika serikat melihat adanya korelasi antara ruang terbuka hijau di sekitar rumah seseorang. Dalam penelitian tersebut mengungkap bahwa orang-orang yang berada di daerah perkotaan memiliki resiko kematian lebih tinggi dibandingkan penduduk di daerah pedesaan yang menyatu dengan alam.

Jadi kesimpulannya semakin asri pemandangan sekitar rumah kita akan membantu kenyamanan dan juga kesehatan kita secara keseluruhan yang berimbas pada menurunnya stres sekaligus meningkatnya sistem kekebalan tubuh kita. Hal ini tentunya akan mengarah kepada tingkat kesehatan seseorang.

5. Baik untuk pertumbuhan anak-anak

Masa kecil sangat identik dengan sekali dengan permainan. Mengajak si kecil bermain di luar rumah akan membantu mereka berinteraksi dengan alam. Hal ini bukan hanya membuat kemampuan mereka dalam bereksplorasi lebih baik tetapi juga akan meningkatkan kemampuan motorik mereka. Selain itu masa kanak-kanak yang menyatu dengan alam biasanya memiliki kecenderungan stres dan depresi lebih rendah dibandingkan anak-anak yang hanya tinggal di dalam ruangan dalam waktu yang lama.

6. Meningkatkan suplai oksigen

Manfaat berada di luar ruangan yang tidak kalah penting adalah membantu kita mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Hari ini sangat penting mengingat oksigen merupakan salah satu kebutuhan mutlak bagi manusia. Seperti yang sudah kita ketahui tumbuh-tumbuhan menghasilkan oksigen di siang hari. Jadi sangat direkomendasikan untuk kita sering meluangkan waktu pergi ke taman atau tempat-tempat yang memiliki banyak pohon.