Manfaat belajar psikologi

Ini dia 8 Manfaat belajar psikologi yang perlu kamu tahu

Manfaat belajar psikologi
image pixabay.com

Ini dia manfaat belajar psikologi yang perlu kamu tahu. Kalian pernah dengar dengan yang namanya psikologi?. Psikologi sebenarnya merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang kepribadian atau kejiwaan seseorang. 

Kebanyakan orang pasti berpikir jika belajar psikologi mungkin hanya perlu dilakukan oleh orang yang nantinya akan menjadi seorang psikolog. Padahal sebenarnya belajar psikologi itu juga penting meskipun kita tidak harus mendalami ilmu psikologi layaknya seorang dosen atau pakar psikolog.

Manfaat belajar psikologi

Bagi kita orang awam apa saja sih keuntungan jika belajar psikologi?. Berikut manfaat belajar psikologi yang perlu kamu tahu.

Membantu penyelesaian masalah diri sendiri

Salah satu alasan utama anda harus belajar psikologi adalah untuk membantu menyelesaikan masalah yang anda alami. Seseorang yang lebih memahami ilmu psikologi biasanya akan lebih mudah dalam menyelesaikan masalah.

Hal ini lantaran saat seseorang menghadapi sebuah masalah maka kesabaran dan kepribadiannya akan diuji. Pengetahuan dia tentang kepribadian yang didapat dari ilmu psikologi sedikit banyak akan membantunya dalam menyelesaikan masalah.

Dengan mempelajari ilmu psikologi biasanya seseorang juga relatif lebih peka. Tentu hal ini juga akan sangat berguna dalam meningkatkan kreativitas dalam menyelesaikan setiap permasalahan pribadi yang ada.

Mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri

Diantara cara mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri adalah dengan mempelajari ilmu psikologi. Meskipun anda tidak harus menjadi ahli seperti halnya psikolog tetapi dengan mengetahui ilmu dasar psikologi makan akan membuat anda lebih peka. 

Orang yang pegang biasanya akan lebih mudah mengidentifikasi diri sendiri terutama dalam hal kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Dengan ilmu psikologi dasar anda akan bisa mengetahui bakat anda dari hal-hal yang anda sukai.

Begitu juga sebaliknya beberapa hal yang tidak anda sukai biasanya menjadi salah satu kelemahan anda. Selain itu dengan ilmu psikologi anda juga bisa mengetahui kekurangan anda sehingga membuat anda lebih mudah dalam memperbaiki nya.

Menemukan metode belajar yang baik dan benar

Manfaat mempelajari psikologi bisa sangat dirasakan terutama bagi mereka yang sedang berkecimpung di dunia pendidikan. Seorang guru harus bisa memahami kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh peserta didik sehingga akan lebih mudah dalam mengarahkan minatnya.

Dengan memahami kelebihan dan kekurangan tersebut pula anda juga bisa menentukan metode pembelajaran yang cocok bagi mereka. Ini sangat penting sekali terutama bagi seorang guru yang mengajar di banyak kelas.

Sehingga seorang guru bisa menerapkan metode belajar yang berbeda-beda pada masing-masing kelas tergantung dari karakter peserta didik yang sedang dia ajar. Selain itu seorang guru juga dituntut untuk bisa menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di kelas, dimana hal ini akan sangat membantu jika anda mempelajari ilmu psikologi dengan baik.

Membuat kita lebih peka terhadap situasi dan kondisi lingkungan

Bagi anda yang kurang peka mempelajari ilmu psikologi mungkin bisa menjadi pilihan yang baik. Mempelajari ilmu psikologi bisa merangsang kepekaan anda terutama terhadap lingkungan sekitar. Jadi mempelajari ilmu psikologi bukan hanya penting untuk para psikolog.

Kepekaan terhadap lingkungan sangat penting sekali untuk membuat anda lebih memahami setiap permasalahan yang terjadi di lingkungan. Orang yang peka biasanya akan lebih mudah berbaur dan bergaul dengan sesama. Karena mereka dianggap bisa menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi.

Untuk mendidik anak

Mungkin tidak semua dari kita akan menjadi guru tapi insya allah semua dari kita semua akan menjadi seorang pendidik minimal bagi anak-anak kita. Mendidik itu membutuhkan ilmu psikologi sehingga tidak sembarangan orang bisa melakukannya.

Jika kita ingin mendidik seseorang maka kita harus mengetahui terlebih dahulu kepribadian orang yang kita didik tersebut. Tentu mengetahui kepribadian seseorang hanya bisa dilakukan dengan mempelajari ilmu psikologi. 

Untuk mempelajari ilmu psikologi anda tidak harus duduk di bangku kuliah karena ada banyak sekali buku yang membahas seluk beluk ilmu psikologi. 

Membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik

Dengan mempelajari ilmu psikologi dengan baik maka biasanya kita akan bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan yang kita miliki. Hal ini tentu sangat penting sekali terutama untuk proses introspeksi diri.

Melakukan introspeksi akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik lantaran kita bisa menutupi kekurangan kita. Selain itu introspeksi diri juga akan membuat kita tidak mudah meremehkan orang lain, sekaligus lebih mudah dalam mengetahui kesalahan yang kita lakukan.

Membuat kita lebih mudah dalam menentukan karir

Menentukan pilihan karir sangat penting sekali untuk masa depan anda secara keseluruhan. Tapi tahukah anda jika ilmu psikologi ternyata bisa membantu anda dalam melakukannya. Mempelajari ilmu psikologi akan memudahkan anda dalam mengetahui bakat yang anda miliki, mengetahui bakat yang anda miliki itu artinya anda sedang mengetahui pilihan karir yang cocok untuk anda geluti.

Bisa memahami perasaan orang lain

Orang yang paling menjengkelkan adalah mereka yang tidak bisa memahami perasaan orang lain. Orang seperti ini biasanya tidak peka dan relative lebih egois. Tentu anda tidak ingin menjadi orang seperti itu bukan?.

Mempelajari dimaksud ekologi pada hakikatnya nya bisa membuat anda lebih mudah dalam memahami perasaan orang lain. Hal ini lantaran ilmu psikologi merupakan ilmu kejiwaan yang bisa melihat lebih jauh mengenai apa yang dirasakan orang lain.