Manfaat Bawang Putih dan Madu untuk Kesehatan. Yuk, Simak!

manfaat bawang putih dan madu

manfaat bawang putih dan madu

Manfaat Bawang Putih dan Madu – Semenjak dahulu, bawang putih dan madu sudah dikenal memiliki beraneka manfaat untuk kesehatan. Kandungan yang dimiliki kedua bumbu masak ini sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Tidak heran, jika banyak pengobatan tradisional di seluruh dunia yang menggunakan bawang putih dan madu. Beberapa senyawa terkandung pada bawang putih seperti selenium, vitamin B6, vitamin C, dan mineral penting lainnya. Selain itu, bawang putih juga mengandung zat allicin yang dapat mencegah berbagai jenis penyakit.

Sedangkan, kandungan antioksidan tinggi juga dimiliki madu seperti zat flavonoid dan polifanol. Beberapa kandungan tersebut berfungsi efektif dalam melawan peradangan di dalam tubuh. Sehingga, madu berperan penting untuk menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh.

Menginformasikannya dari Timesonfinda, bawang putih dan madu adalah kombinasi yang hebat. Perpaduan ini sudah digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Lalu apa saja manfaatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat bawang putih dan madu yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Bawang Putih dan Madu untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seseorang tidak akan mudah terserang penyakit jika memiliki kekebalan tubuh kuat. Kandungan antioksidan yang dimiliki bawang putih dan madu berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di samping itu, kandungan tersebut juga berfungsi efektif mengobati infeksi akut, alergi sampai gangguan autoimun.

2. Mengobati Flu

Semenjak dahulu bawang putih dan madu dipercaya dapat mengobati penyakit flu. Hal ini karena kandungan nutrisi dan antioksidan yang dimiliki bawang putih dan madu dapat mencegah penyakit pilek atau flu. Selain itu, kandungan minyak allicin pada bawang putih juga memiliki efek anti virus yang dapat berfungsi efektif meredakan flu.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Dapat membantu menjaga kesehatan jantung adalah manfaat bawang putih dan madu berikutnya. Bawang putih memiliki efek kardioprotektif yang dapat menurunkan risiko kerusakan yang ada pada jantung.

Di samping itu, kadar kolesterol dapat diturunkan dengan perpaduan bawang putih dan madu ini. Hal ini dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti darah tinggi dan lain sebagainya.

manfaat bawang putih dan madu

Sumber: https://www.sehatq.com

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan yang dimiliki bawang putih dan madu secara aktif dapat membantu regenerasi kulit. Dipercaya kandungan madu dan bawang putih efektif meregenerasi kulit. Sehingga hal ini berperan penting dalam menghalangi proses penuaan dini.

5. Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat bawang putih dan madu lainnya adalah dapat menjaga kestabilan gula darah. Biasanya gula darah tinggi sehingga dapat memunculkan berbagai jenis penyakit, seperti penyakit diabetes dan disfungsi ginjal. Untuk mencegah beberapa penyakit tersebut, maka bawang putih dan madu berperan sangat penting.

6. Mencegah Gangguan Stres

Salah satu manfaat bawang putih dan madu lainnya adalah dapat mencegah gangguan stres. Pasalnya, bawang putih efektif untuk menurunkan risiko gangguan stres karena kaya akan antioksidan. Sehingga hal ini dapat membantu mencegah kerusakan sel dan menetralisir radikal bebas yang berbahaya.

Selain itu, kandungan ini juga berperan penting mencegah penyakit kognitif, seperti demensia, penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer.

7. Menghilangkan Kapalan

Kapalan adalah salah satu keadaan di mana kulit menjadi lebih tebal dan mengalami iritasi. Dikabarkan penyebab kapalan yaitu oleh gesekan atau tekanan yang dilakukan secara berulang-ulang.

Hal berulang ini membuat jaringan kulit menebal atau disebut hiperkeratosis. Salah satu metode paling efektif untuk mengatasi kapalan adalah mengaplikasikan bawang putih.

Caranya cukup mudah, bawang putih dengan madu dapat Anda campurkan, lalu pada permukaan kulit yang kapalan olesi secara merata. Sebaiknya sebelum tidur jalankan metode ini, sehingga kapalan akan dapat terkikis dan kulit perlahan dapat melunak.

8. Mengobati Sariawan

Sariawan di lidah seringkali dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena menyebabkan rasa perih. Apalagi ketika sedang makan atau berbincang-bincang, rasa sakit dan perih di lidah benar-benar menyiksa. Mengaplikasikan bawang putih dan madu adalah salah satu metode yang cukup efektif untuk mengobati sariawan.

Madu memiliki sebagian kandungan yang berfungsi efektif dalam mempercepat proses pemulihan luka akibat sariawan. Caranya cukup mudah, pada area lidah yang terkena sariawan dapat Anda olesi dengan madu. Lakukan metode ini secara rutin dan teratur sampai sariawan di lidah sembuh.

9. Mencegah Kanker

Manfaat bawang putih dan madu berikutnya adalah dapat mencegah pertumbuhan kanker. Dilansir dari website Victoria Health, perpaduan kedua bahan ini memiliki efek anti kanker yang berfungsi efektif dalam melawan pertumbuhan sel kanker usus besar.

Selain itu, bawang putih juga berperan penting dalam mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel-sel leukimia. Tidak hanya itu, kandungan anti oksidan pada bawang putih dan madu juga dapat menangkal radikal bebas.

Baca: Manfaat Kopi Tanpa Gula untuk Kesehatan. Yuk, Wajib Baca Ulasannya!