9 Manfaat baby zucchini jemmy untuk kesehatan dan kecantikan

tanaman
baby zucchini jemmy
image from jamiecooksitup.net

Manfaat baby zucchini jemmy untuk kesehatan dan beberapa Informasi mengenai kandungan nutrisinya. Di Indonesia sayuran bernama baby zucchini jimmy memang masih asing di telinga. Tapi bukan berarti informasi mengenai manfaat baby zucchini jemmy untuk kesehatan bisa diabaikan. Justru kita perlu mengetahuinya agar pilihan makanan kita dalam usaha meningkatkan kesehatan semakin bervariasi.

 

Apa itu baby zucchini jemmy?

Baby zucchini jemmy bisa dibilang adalah versi mini dari zucchini jemmy. Jika zucchini jemmy biasa panjangnya bisa mencapai kira-kira 20 cm, maka yang baby zucchini hanya mencapai 10 cm. Begitu juga dengan diameternya. Zucchini biasa kira-kira berdiameter 4 cm sedangkan baby zucchini berdiameter 1-2 cm. Untuk rasanya tidak ada perbedaan antara zucchini jemmy biasa dengan baby zucchini jemmy.

Varietas zucchini yang paling banyak diketahui adalah yang berwarna hijau tua seperti mentimun. Makanya banyak orang mengira zucchini merupakan satu keluarga dari mentimun padahal tidak sama sekali. Zucchini digolongkan ke dalam spesies Cucurbita pepo yang merupakan golongan labu.

Tidak semua varietas zucchini berwarna hijau tua. Ada juga yang berwarna kuning keemasan dan baby zucchini jemmy termasuk varietas yang berwarna kuning keemasan. Makanya baby zucchini jemmy juga sering disebut golden zucchini atau gourmet gold. Baby zucchini jemmy termasuk varietas zucchini yang tahan terhadap virus dan musim tanamnya panjang. Baby zucchini jemmy rendah kalori dan kaya akan provitamin A, folat, potassium, magnesium, asam lemak omega-3, vitamin C dan serat sehingga banyak manfaatnya bagi kesehatan.

 

Manfaat baby zucchini jemmy untuk kesehatan

1. Meningkatkan sistem imunitas.

Kandungan vitamin C dalam baby zucchini jemmy membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga tubuh kita tidak mudah sakit terutama terhadap penyakit yang disebabkan virus.

2. Mencerahkan kulit.

Kandungan vitamin C dalam baby zucchini jemmy lagi-lagi memiliki manfaat positif bagi tubuh. Kali ini terhadap kulit. Vitamin C dapat membantu mencerahkan kulit sehingga kulit tubuh tidak lagi terlihat kusam.

3. Melembabkan kulit.

Kelembaban kulit harus selalu dijaga karena kulit yang kering akan cepat berkeriput. Selain itu kulit yang kering akan terasa kasar dan tampak kusam. Belum lagi kulit kering akan membuat tubuh terasa gatal. Menjaga kelembaban kulit sangat mudah yaitu banyak minum air serta makan buah dan sayuran yang banyak mengandung air. Salah satu sayuran yang direkomendasikan untuk menjaga kelembaban kulit adalah baby zucchini jemmy karena kandungan airnya banyak. Belum lagi nutrisi-nutrisi lain yang baik untuk kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan.

3. Membantu menurunkan berat badan.

Berat badan berlebih tidak baik bagi kesehatan karena bisa memicu berbagai macam penyakit degenerative seperti diabetes, penyakit jantung, kolesterol, dan hipertensi. Baby zucchini jemmy rendah kalori sehingga tidak akan menambah angka timbangan meski dikonsumsi dalam jumlah banyak. Selain itu baby zucchini jemmy kaya akan serat yang akan membuat Anda kenyang lebih lama. Jadi hasrat untuk nyemil berkurang.

4. Mencegah kecacatan tabung saraf pada janin.

Asam folat sangat dibutuhkan ibu hamil terutama pada kehamilan trimester pertama. Kekurangan asam folat pada masa trimester pertama dapat menyebabkan kecacatan tabung saraf (neural tube defect) pada janin. Kecacatan ini bisa terjadi di otak dan sum-sum tulang belakang janin. Baby zucchini jemmy kaya akan folat sehingga ibu hamil dianjurkan mengonsumsinya selama masa kehamilan. Asam folat juga dapat mencegah anemia.

5. Menjaga kesehatan mata.

Kandungan provitamin A dalam baby zucchini jemmy membuat penglihatan kita tetap baik. Selain itu vitamin A juga berperan sebagai antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas, penyebab utama penuaan dini dan mutasi sel menjadi kanker.

6. Mencegah gangguan prostat pada kaum laki-laki.

Setiap laki-laki memiliki risiko gangguan prostat. Kelenjar prostat yang membesar akan menyebabkan gangguan fungsi urinasi dan s3ksual pria. Sebagai pengobatan gangguan prostat sekaligus untuk menurunkan tingkat risikonya, para pakar kesehatan biasanya menganjurkan makanan kaya phytonutrient dan baby zucchini jemmy termasuk di dalamnya.

7. Mencegah kanker usus besar

Kandungan serat, vitamin C dan beta karoten pada baby zucchini jemmy membantu melancarkan saluran pencernaan sehingga tidak ada sisa-sisa makanan yang tersumbat dalam usus yang dapat menimbulkan racun dan menjelma menjadi kanker usus besar.

8. Mengurangi nyeri akibat inflamasi

Beta karoten dan vitamin C dapat mengurangi pembengkakan yang sering kali menyebabkan nyeri pada penderita penyakit osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan asma.

9. Melindungi sistem kardiovaskuler

Manfaat baby zucchini jemmy untuk kesehatan yang selanjutnya adalah bagi kesehatan jantung dan sistem peredaran darah. Kandungan vitamin C, mangan, magnesium, beta karoten dan fiber dalam baby zucchini jemmy membantu mengurangi kada kolesterol dalam tubuh dan menurunkan angka tekanan darah. Risiko mengalami serangan jantung dan stroke pun jadi berkurang.