Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil. Yuk, Intip Ulasan Lengkapnya!

manfaat alpukat untuk ibu hamil

manfaat alpukat untuk ibu hamil

Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil – Gizi pada saat kehamilan mengendalikan peranan penting bagi perkembangan janin, komposisi ASI di masa yang mendatang, dan tentunya kesehatan bayi serta ibunya.

Makanan terbaik yang dikonsumsi dikala hamil yaitu buah-buahan dan sayuran yang kaya nutrisi. Avokad atau alpukat menjadi buah yang disebut-sebut baik untuk kesehatan dikala hamil.

Ada berbagai macam manfaat alpukat untuk ibu hamil yang mungkin belum Anda ketahui. Tapi, ada juga yang beranggapan bahwa buah satu ini mengandung lemak tinggi sehingga ibu hamil harus mengaturnya.

Lalu apa saja manfaatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat alpukat untuk ibu hamil yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil yang Wajib Anda Ketahui

1. Baik untuk Perkembangan Janin

Baik untuk perkembangan janin adalah manfaat alpukat untuk ibu hamil yang pertama. Buah yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil salah satunya adalah buah ini.

Disebutkan pada Jurnal kesehatan Nutrients bahwa terkandung folat dan kalium yang tinggi pada apulkat. Perlu diketahui jika kandungan tersebut sangat baik untuk perkembangan janin di dalam kandungan.

Saat hamil, keperluan asam folat untuk ibu hamil meningkat karena pembentukan sel dan jaringan baru. Dengan mengonsumsi alpukat, keperluan asam folat dapat tercukupi. Asam folat dapat mencegah berat badan lahir rendah, mencegah kelahiran prematur dan mencegah cacat tabung saraf serta cacat jantung pada janin.

2. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Meski kandungan kalium di alpukat baik untuk kesehatan ibu hamil, karena dapat mencegah tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Hal ini juga menjadi manfaat alpukat untuk ibu hamil.

Anda perlu mewaspadai bahwa kandungan natrium yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan preeklamsia yang akhirnya berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi yang dikandungannya.

3. Mengatasi Anemia

Selama kehamilan, beberapa wanita mengalami anemia karena kekurangan zat besi. Untuk ibu hamil, apulkat juga dapat mengatasi anemia. Selain bayam dan sayuran hijau lainnya, alpukat yaitu makanan yang kaya akan zat besi.

Jadi, coba biasakan makan alpukat sebagai salah satu pilihan buah selama hamil, ya. Untuk menghindari kekurangan zat besi dikala hamil, Anda juga harus menghindari mengonsumsi terlalu banyak kopi, teh, dan soda.

4. Mencegah Masalah Pencernaan

Gangguan pencernaan yang dialami oleh ibu hamil yaitu sakit perut dan ambeien. Makan alpukat untuk mencegah ambeien sebagai manfaat alpukat untuk ibu hamil. Nah, alpukat mengandung banyak serat, sehingga cocok untuk mengatasi masalah pencernaan selama hamil.

“Alpukat juga memiliki senyawa non-esensial dalam jumlah yang lebih tinggi, seperti serat, lemak tak jenuh tunggal, antioksidan yang larut dalam lemak. Ternyata, kandungan tersebut baik untuk peningkatan kesehatan ibu hamil dan dapat menjaga kualitas ASI dikala telah menyusui nantinya,” ujar pakar nutrisi Dr. Andrew Orr dari Australia.

5. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

University of New Hampshire melansir bahwa alpukat dapat meningkatkan penyerapan nutrisi makanan lain yang dikonsumsi sepanjang hari oleh ibu hamil. Misalnya, alpukat dapat menyerap vitamin di dalam ubi, sayuran hijau, dan wortel.

6. Menurunkan Kolesterol Jahat

Manfaat alpukat untuk ibu hamil lainnya yaitu menurunkan kadar kolesterol jahat. Journal of the American Heart Association melakukan penelitian pada 5 orang obesitas dengan 3 sistem penurun kolesterol yang berbeda, salah satunya mengonsumsi 1 alpukat per hari.

Penurunan tahapan kolesterol jahat sebanyak 2 kali lipat oleh partisipan yang mengonsumsi 1 alpukat per hari berhasil  dibanding mereka yang tidak makan alpukat.

manfaat alpukat untuk ibu hamil

Sumber: https://food.detik.com

7. Mengontrol Kadar Gula

Menjaga gula darah dan lemak darah pada tingkat optimal dapat membantu Anda mendapatkan kehamilan yang sehat dan aman.

Manfaat alpukat untuk ibu hamil dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung tertentu dan memegang kadar gula darah, sehingga mengurangi risiko komplikasi kehamilan.

Alpukat rendah karbohidrat dan kaya serat dan lemak sehat, menjadikannya pilihan ideal untuk orang hamil dengan gula darah tinggi atau diabetes. Pasca makan pada orang dengan kadar gula darah tinggi, makan alpukat dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Ditambah, disebutkan jurnal dalam U.S. National Library of Medicine alpukat dapat menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan membantu meningkatkan kolesterol HDL (baik) pelindung jantung.

Hal ini yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan selama kehamilan.

8. Alpukat Kaya akan Serat

Serat sangat penting untuk kesehatan optimal selama kehamilan. Faktanya, manfaat alpukat untuk ibu hamil penting untuk mendukung gerakan usus yang sehat.

Menurut jurnal Food Science & Nutrition, risiko diabetes gestasional dan preeklamsia selama kehamilan dapat dikurangi dengan menambahkan alpukat yang merupakan makanan kaya serat ke dalam makanan kita. Sayangnya, banyak orang hamil yang tidak mendapatkan cukup serat dalam makanannya.

Namun berita baiknya, hanya separuh buah alpukat (100 gram) menyediakan 7 gram sumber serat, atau sekitar 25 persen dari rekomendasi harian minimum 28 gram untuk serat selama kehamilan.

9. Alpukat merupakan Sumber Lemak Bergizi

Lemak, sangat penting selama kehamilan. Alpukat bermanfaat untuk ibu hamil dapat menjadi kudapan yang membantu meningkatkan kepuasan dan menambahkan sumber lemak ke dalam makanan, karena lemak membuat makanan terasa lezat.

Alpukat sarat dengan lemak sehat, yaitu lemak tidak jenuh tunggal. Lemak yang ditemukan dalam alpukat dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, mengendalikan kadar gula darah, dan membantu kita tetap kekenyangan di antara waktu makan.

Selain itu, asupan makanan kaya lemak tidak jenuh tunggal yang lebih tinggi seperti alpukat selama kehamilan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan meredakan insomnia kehamilan.

10. Kaya akan Antioksidan yang Kuat

Antioksidan yaitu senyawa bermanfaat yang membantu melindungi dari kerusakan sel dan dapat membantu meningkatkan kesehatan dalam banyak hal. Alpukat sangat kaya akan lutein karotenoid.

Menurut jurnal dalam Current Developments in Nutrition, lutein sangat penting untuk perkembangan mata dan fungsi otak bayi kita serta memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Saat lutein yaitu senyawa yang larut dalam lemak, lutein diresap lebih efisien dari alpukat dibandingkan dari buah atau sayuran lain yang mengandung lutein dengan kandungan rendah lemak.

Selain lutein, manfaat alpukat untuk ibu hamil mengandung berbagai jenis antioksidan lain, di antaranya: zeaxathantin, beta karoten, dan vitamin C.

Antioksidan karotenoid, lutein, termasuk beta-karoten dan zeaxathantin, ditemukan dalam ASI. Kadarnya secara langsung bergantung pada asupan ibu. Selama menyusui, makan lebih banyak alpukat dapat membantu meningkatkan kandungan karotenoid ASI Anda, yang penting untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi.

11. Buah yang Mengenyangkan

Saat Anda hamil, memberi tenaga pada tubuh kita dengan benar sangat penting untuk mendapatkan yang terbaik. Pada saat Anda lapar, menyiapkan makanan atau camilan yang mengandung alpukat yaitu cara cerdas untuk menjaga diri kita untuk tetap kekenyangan dan mencegah makan berlebihan.

Manfaat alpukat untuk ibu hamil kaya akan serat dan lemak sehat, nutrisi yang telah terbukti dipercaya dapat meningkatkan perasaan kekenyangan.

Memilih makanan yang mengenyangkan dan padat nutrisi seperti alpukat selama kehamilan dapat membantu Anda tetap berenergi sepanjang hari dan juga dapat membantu kita mempertahankan berat badan yang sehat.

12. Mengurangi Risiko Penambahan Berat Badan

Manfaat alpukat untuk ibu hamil mengandung banyak serat yang membantu pencernaan dan membantu mencegah penambahan berat badan.

Minum jus alpukat selama kehamilan yaitu praktik yang baik untuk dipatuhi jika Anda mencoba menghindari penambahan berat badan yang tidak perlu.

13. Membantu Penyerapan Gizi

Alpukat sendiri mengandung banyak sekali nutrisi, tetapi yang membedakannya dari buah dan sayuran sehat lainnya yaitu kecenderungannya untuk membantu tubuh dalam menyerap nutrisi ini dari makanan yang kita konsumsi.

Contohnya, untuk sayuran berdaun atau ubi jalar, alpukat menyerap antioksidan karotenoid darinya, yang kemudian dengan mudah berasimilasi ke dalam tubuh. Alpukat membantu peresapan vitamin yang larut dalam lemak.

14. Membantu Ibu Hamil Mencapai Kebutuhan Gizi

Selain protein dan kalori secara keseluruhan, keperluan Anda akan vitamin dan mineral tertentu meningkat selama kehamilan. Contohnya dalam jurnal Macronutrient and Micronutrient Intake during Pregnancy, dikatakan bahwa magnesium, folat dan vitamin C dibutuhkan lebih banyak oleh ibu hamil daripada orang yang tidak hamil.

Manfaat alpukat untuk ibu hamil yaitu sumber dari banyak nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah tinggi selama kehamilan termasuk vitamin C, folat, dan magnesium. Kebutuhan folat meningkat secara signifikan selama kehamilan karena peran penting nutrisi ini dalam perkembangan janin.

Sekitar 14 persen dari keperluan folat harian Anda selama kehamilan akan dipenuhi dengan separuh buah alpukat (100 gram).

15. Meringankan Kram Kaki Ibu Hamil

Kram kaki satu kali atau yang lain pasti pernah diderita oleh wanita hamil. Kalium dan kalsium dapat membantu meredakan kram kaki. Alpukat kemudian menjadi pilihan yang baik karena proporsi kedua mineralnya yang besar, dan ini menjadi manfaat alpukat untuk ibu hamil.

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil. Yuk, Simak Ulasannya Berikut Ini!