Manfaat Air Rendaman Kurma yang Sayang Jika Dilewatkan. Check It!

manfaat air rendaman kurma

manfaat air rendaman kurma

Manfaat Air Rendaman Kurma – Apakah Anda pecinta buah kurma? Segudang manfaat untuk kesehatan tubuh dimiliki oleh buah yang berasal dari Teluk Persia ini. Konon, buah  ini sudah menjadi makanan pokok masyarakat Timur Tengah, karena banyaknya khasiat di dalamnya.

Buah berukuran kecil dengan rasa manis ini dikenal mempunyai kandungan vitamin hingga mineral yang sangat baik untuk tubuh. Bahkan, kurma juga mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk proses pembuangan racun dalam tubuh atau detoksifikasi hingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat ini tentu saja bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buahnya secara langsung. Di samping itu, kurma juga dapat dikonsumsi lewat air rendamannya. Dalam agama Islam, konsumsi air rendaman kurma ini sudah ada semenjak zaman nabi.

Pada dasarnya air rendaman kurma hampir mirip dengan infused water yang sedang populer saat ini. Infused water hanya memakai buah-buahan segar dengan rasa asam. Sedangkan air rendaman kurma yaitu dengan mencampurkan air ke dalam beberapa buah kurma yang sudah diambil bijinya.

Konsumsi air rendaman kurma diandalkan mampu mendatangkan banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat di antaranya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat air rendaman kurma yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Air Rendaman Kurma yang Wajib Anda Coba

1. Menstabilkan Tekanan Darah

Dapat menstabilkan tekanan darah adalah manfaat air rendaman kurma yang pertama. Manfaat ini didapatkan dari buah kurma yang mengandung kalium didalamnya. Kandungan ini berkhasiat untuk membantu menstabilkan tekanan darah dalam tubuh sehingga mampu menjaga kinerja jantung tetap baik.

Kandungan kalium juga diperlukan tubuh supaya tetap segar dan tidak mudah lelah. Dengan seperti itu, konsumsi air rendaman kurma sangat disarankan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Anda dapat mengkonsumsi air rendaman kurma ini rutin setiap hari.

2. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Manfaat air rendaman kurma yang dapat Anda temukan selanjutnya yakni membantu memperlancar proses detoksifikasi tubuh. Termasuk dalam minuman beralkali, air rendaman kurma yang sangat ampuh untuk membantu menyeimbangkan kandungan asam dalam tubuh.

Racun-racun yang masuk penyebab penyakit didalam tubuh dapat dikeluarkan dengan hal ini. Selain itu, sistem pencernaan tubuh dapat dilancarkan dengan manfaat air rendaman kurma. Ini dapat menjadi manfaat air rendaman kurma yang sayang untuk dilewatkan.

manfaat air rendaman kurma

Sumber: https://www.tokopedia.com

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Air rendaman kurma mengandung zat besi tinggi. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kestabilan metabolisme protein, menjaga produksi hemoglobin dan sel darah merah, serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan mengkonsumsi air rendaman kurma secara rutin, tubuh akan lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Apalagi saat ini sedang berkembang ancaman virus yang bisa memberikan penyakit serius bagi tubuh. Untuk itu, manfaat air rendaman kurma yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan.

4. Menurunkan Kolesterol Jahat

Ternyata kandungan serat yang sangat tinggi disimpan dalam air rendaman kurma juga. Kandungan ini sangat diperlukan tubuh untuk memperlancar sistem pencernaan dan menyelesaikan permasalahan wasir.

Bukan hanya itu, kadar kolesterol jahat dalam tubuh juga dapat diturunkan dengan kandungan ini. Hal ini tentu saja akan menghindarkan tubuh dari ancaman berbagai jenis penyakit membahayakan seperti hipertensi dan penyakit jantung.

Selain itu, pada air rendaman kurma memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kinerja otak dalam berpikir. Hal ini adalah salah satu khasiat air rendaman kurma yang dapat Anda temukan ketika mengonsumsinya secara rutin.

5. Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Manfaat air rendaman kurma selanjutnya baik untuk ibu hamil dan menyusui. Konon, kurma mempunyai kandungan yang diandalkan mampu menguatkan otot-otot rahim. Hal ini tentu saja penting untuk ibu hamil, terutama pada saat memasuki proses melahirkan.

Selain itu, gizi lain juga terkandung pada buah kurma yang sangat bermanfaat untuk memperkaya kualitas produksi ASI. Tidak heran jika banyak pakar menganjurkan konsumsi air rendaman kurma bagi ibu yang sedang aktif menyusui.

manfaat air rendaman kurma

Sumber: https://kumparan.com

Cara Membuat Air Rendaman Kurma

Sesudah mengenal beberapa khasiat air rendaman kurma untuk kesehatan, tentu Anda penasaran dengan cara membuat air rendaman kurma yang baik bukan? Yuk, intip caranya!

  1. Anda cukup menyiapkan beberapa buah kurma dan air matang untuk membuat minuman air kurma.
  2. Direkomendasikan untuk memakai buah kurma dalam jumlah yang ganjil.
  3. Beberapa buah kurma masukkan ke dalam gelas kaca atau wadah yang mempunyai tutup.
  4. Secukupnya tuangkan air matang, kemudian tutup gelas dengan rapat.
  5. Sebelum mengonsumsinya, Anda wajib merendamnya selama sekitar 8-12 jam.
  6. Ketika sudah direndam selama waktu tersebut, Anda dapat langsung mengonsumsinya.

Air rendaman kurma ini dapat bertahan 1-2 hari di lemari es. Anda tidak disarankan untuk mengonsumsinya sesudah lebih dari 3 hari. Sebab, air rendaman kurma yang berusia lebih dari tiga hari sudah mengalami proses fermentasi yang menjadikan rendaman kurma berubah menjadi bir, sehingga haram untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Manfaat Rebusan Daun Pegagan Mencegah Berbagai Penyakit. Check It!