Manfaat Air Nanas Panas Bisa Mencegah Kanker? Yuk, Intip Ulasannya!

manfaat air nanas panas

manfaat air nanas panas

Manfaat Air Nanas Panas – Apakah benar air nanas panas dapat menyembuhkan kanker? Buah nanas adalah salah satu cemilan tropis kesukaan banyak orang.

Dengan kadar keasaman yang ideal serta rasanya yang manis membuat nanas tidak hanya dimakan sebagai cemilan buah-buahan, namun juga bahan kuliner lokal dan internasional.

Nah, bagi Anda yang sering dan doyan makan nanas, apakah sudah tahu manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita?Bukan hanya dagingnya, air rebusannya juga ternyata mempunyai khasiat yang luar biasa, lho.

Lalu apa saja manfaat air nanas panas? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat air nanas panas yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Air Nanas Panas yang Bisa Mencegah Kanker dan Menjaga Kesehatan Tubuh Lainnya

1. Menurunkan Berat Badan

Enzim bromelain yang terkandung pada nanas mampu mempercepat metabolisme tubuh. Jika metabolisme tubuh kita lancar, pembakaran lemak menjadi energi bukan ah hal yang sulit. Hasilnya, berat badan tubuh bahkan lebih cepat berkurang dan stabil.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Dari berbagai kandungan baik pada nanas, terdapat salah satu zat baik yang dimiliki oleh buah kuning ini adalah potasium. Potasium adalah zat yang berkerja untuk menyeimbangkan air dalam tubuh.

Zat ini baik bagi jantung sebab kelebihan air dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit hipertensi. Nanas mengandung vitamin C yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Akibat kolesterol jahat, zat ini dapat mencegah gangguan pada pembuluh darah.

3. Mencegah Radikal Bebas

Mencegah radikal bebas adalah manfaat air rebusan nanas berikutnya. Untuk Anda yang sering menyempatkan waktu di luar rumah, mengkonsumsi nanas dapat membantu tubuh kita terhindar dari efek buruk cahaya UV matahari. Vitamin C yang terkandung dalam nanas adalah penangkis yang melindungi kulit dan organ dalam tubuh kita.

4. Membunuh Parasit Intestinal

Menurut sebuah studi, selama 3 hari di pagi hari mengkonsumsi air rebusan atau jus nanas dapat membunuh parasit intestinal. Parasit ini adalah sumber dari penyakit cacingan. Jenis didiamkan terlalu lama, parasit intestinal juga dapat menyebabkan radang usus.

5. Mencegah Kanker

Manfaat air rebusan nanas berikutnya adalah mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Tidak hanya mampu mencegah radikal bebas, air buah nanas juga dapat membunuh sel-sel kanker yang tumbuh dalam tubuh kita jika dilawan dengan zat baik di dalam nanas. Jenis sel kanker yang ternyata kalah melawan zat baik nanas adalah kanker prostat.

6. Menyehatkan Mata

Memburuknya penglihatan seiring bertambahnya usia adalah proses yang normal. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa kita dapat mencegah proses tersebut tanpa patut menjalani operasi retina? Ya, atasi saja dengan air rebusan nanas!

Air rebusan nanas mengandung beta karoten yang jika dikonsumsi berubah menjadi Vitamin A. Selama 5 hari di pagi hari meminum air nanas ternyata juga dapat menghilangkan pegal-pegal di daerah mata karena terlalu banyak melihat gadget atau membaca.

7. Meningkatkan Kesuburan

Khusus untuk para pasangan di luar sana yang sedang mencoba mempunyai si kecil, Anda wajib mencoba manfaat air rebusan nanas kali ini. Seng, folat, dan beta karoten adalah jenis mineral yang terkandung dalam air rebusan nanas atau jus nanas.

Nutrisi tersebut ternyata dapat membantu pria dan wanita memiliki sistem reproduksi yang lebih sehat. Setiap pagi dalam satu pekan, Anda dapat meminum air rebusan nanas atau jus nanas untuk mendapatkan hasil yang optimal.

manfaat air nanas panas

Sumber: https://www.mediatransnews.com

8. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Kandungan Vitamin C di dalam nanas sangat tinggi. Vitamin C sendiri sangat diperlukan bagi kesehatan gigi dan gusi, khususnya untuk orang dewasa dengan keadaan gigi yang sudah bolong-bolong.

Bagi Anda yang menjaga kesehatan gigi dan gusi, Vitamin C juga dapat membantu memutihkan gigi dan membuatnya lebih kuat.

9. Menghilangkan Jerawat dan Kutil

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang sudah frustasi dan tidak tau lagi bagaimana cara menghilangkan kutil di badan? Bagaimana jika Anda mencoba khasiat air rebusan nanas yang satu ini?

Untuk menghilangkan kutil, air nanas dapat dimanfaatkan dengan mengoleskan sari nanas pada kutil dan diamkan selama 10 menit. Sebanyak kurang lebih 3 kali seminggu selama satu bulan, lakukan prosedur ini. Sistem ini ternyata dapat melepaskan kutil dari kulit tanpa meninggalkan bekas.

10. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Nanas mengandung vitamin C yang menghasilkan sifat anti-oksidan yang tinggi. Tidak hanya vitamin C, didalamnya juga terdapat asam amino yang dapat membantu Vitamin C menjaga kekebalan tubuh.

Sel-sel yang rusak akbiat radikal bebas dan faktor usia dapat langsung diperbaiki dengan zat-zat baik dalam nanas. Dengan mengkonsumsi air rebusan nanas secara teratur, Anda tidak perlu lagi khawatir akan merasa mudah kelelahan dalam beraktivitas.

11. Mempercepat Regenerasi Kulit

Bagi para penggemar skin care alami, air rebusan nanas sudah bukan resep rahasia lagi. Pasalnya, Vitamin B dan Vitamin C yang terkandung di dalam nanas ternyata dapat mempercepat regenerasi kulit.

Lapisan kulit dalam untuk menghasilkan elastin dan kolagen akan didorong oleh vitamin-vitamin tersebut. Dimana dua jenis protein tersebut yang diperlukan agar kulit terlihat kenyal dan pesat.

12. Mengobati Arthritis

Air nanas berguna mengurangi radang pada otot dan sendi sendi. Nanas juga mengandung enzim proteolitik langka yang disebut bromelain. Enzim bromelain tersebut membantu proses pemecahan protein rumit serta memiliki efek anti-inflamasi.

13. Obat Diabetes

Selain itu, air rebusan nanas juga merupakan obat yang ideal untuk para penderita diabetes karena mengandung banyak serat. Rebusan air nanas panas untuk penderita diabetes tipe 1 dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah yang meroket tinggi.

Sari nanas untuk penderita diabetes jenis 2 dapat menghasilkan peningkatan tingkat insulin, lipid dan gula darah. Sehingga patut dibatasi asupannya untuk menghindar efek fatal.

Cara Merebus Nanas

Untuk resep air rebusan nanas, Anda dapat memilih bahan tambahan sesuai dengan selera masing-masing. Untuk kali ini kita akan mengaplikasikan cengkeh dan kayu manis untuk menambahkan rasa segar pada air rebusan nanas.

Berikut cara merebus nanas yang baik dan benar:

  1. Potong nanas yang sudah dikupas dan dicuci kecil-kecil.
  2. Tambahkan air secukupnya (yang jelas terendam) lalu masukkan gula pasir pantas selera, 2 biji cengkeh, 5 cm kayu manis, dan 1 biji bunga lawang.
  3. Rebus nanas kurang lebih 10 menit.
  4. Saring dan tiriskan airnya untuk dimasukan ke dalam botol.
  5. Dalam keadaan dingin maupun panas, air rebusan nanas dapat diminum.

Kandungan Nanas

Selain para ahli, nanas mengandung enzim bromelain yang membantu melancarkan sistem pencernaan. Enzim bromelain juga sangat baik untuk orang-orang yang sedang mencoba menurunkan berat badan dengan membantu mempercepat metabolisme tubuh.

Selain itu, nanas juga dibekali sifat anti-inflamasi. Untuk Anda yang sering diserang radang tenggorokan atau penyakit dalam, nanas adalah obat alternatif yang ideal. Tidak hanya enzim bromelain, kandungan nanas lainnya adalah:

  • Vitamin A, Vitamin B, Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin C
  • Kalsium
  • Kalium
  • Natrium
  • Kalori
  • Lemak
  • Potasium
  • Magnesium
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Zat besi

Baca Juga: Manfaat Jus Pare Mentah untuk Kesehatan Tubuh. Yuk, Wajib Coba!