Manfaat Air bagi Manusia yang Harus Diketahui. Simak Ulasannya!

manfaat air bagi manusia

manfaat air bagi manusia

Manfaat Air bagi Manusia – Sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan tetap terhidrasi. Namun, banyak orang tidak mengonsumsi cairan secara cukup setiap harinya. Tubuh terdiri dari sekitar 60 persen air, dan permukaan planet tertutup oleh sekitar 71 persenĀ  air.

Untuk membantu mengendalikan suhu dan mempertahankan fungsi tubuh lainnya, maka tubuh menggunakan air di seluruh organ, sel dan jaringannya. Karena tubuh kehilangan air melalui pernapasan, peluh, dan pencernaan, penting untuk melakukan rehidrasi dengan minum cairan dan makan makanan yang mengandung air.

Jumlah air yang diperlukan bergantung pada berbagai faktor yakni di antaranya iklim daerah tinggal, seberapa aktif secara fisik, dan apakah sedang mengalami penyakit atau mempunyai masalah kesehatan lainnya semuanya memengaruhi asupan yang disarankan.

Lalu apa saja manfaatnya bagi manusia? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai manfaat air bagi manusia yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Berbagai Manfaat Air bagi Manusia yang Wajib Anda Ketahui

1. Air Melumasi Sendi

Manfaat air bagi manusia yang pertama yakni untuk melumasi sendi. Tulang rawan, ditemukan di cakram tulang belakang dan persendian, mengandung sekitar 80 persen air. Dehidrasi jangka panjang dapat menjadikan berkurangnya kemampuan meredam guncangan sendi. Sehingga hal ini akan menyebabkan nyeri sendi.

2. Membentuk Air Liur dan Lendir

Manfaat air bagi manusia rupanya juga berfungsi sebagai bahan pembentuk air liur dan lendir. Air liur membantu kita menjaga mulut, hidung, dan mata tetap lembap, serta membantu mencerna makanan.

Hal ini akan mencegah pergesekan dan kerusakan. Air minum juga menjaga kebersihan mulut. Dikonsumsi sebagai pengganti minuman manis, juga bisa mengurangi kerusakan gigi.

3. Air Memberikan Oksigen ke Seluruh Tubuh

Manfaat air berikutnya yakni menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Darah membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh, dikarenakan darah terdiri atas lebih dari 90 persen air.

4. Meningkatkan Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat air berikutnya yakni untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan. Kulit bisa menjadi lebih rentan terhadap kerutan dini dan gangguan kulit apabila tubuh dehidrasi.

manfaat air bagi manusia

Sumber: https://primadaily.com

5. Melapisi Otak, Sumsum Tulang Belakang, dan Jaringan Sensitif Lainnya

Dehidrasi bisa memengaruhi struktur dan fungsi otak. Hal itu juga terlibat dalam produksi neurotransmitter dan hormon. Masalah dengan pemikiran dan penalaran adalah akibat dari dehidrasi yang berkepanjangan. Manfaat air bagi manusia diperlukan sebagai pencegahan supaya kerja otak tetap terjaga.

6. Air Mengendalikan Suhu Tubuh

Manfaat air yang tidak kalah penting yakni mengendalikan suhu tubuh. Peluh pada saat tubuh memanas muncul ke permukaan kulit yang berasal dari air yang tersimpan di lapisan tengah kulit. Ketika menguap, dia mendinginkan tubuh setelah olahraga.

Sebagian ilmuwan telah menyarankan bahwa ketika ada terlalu sedikit air di dalam tubuh, penyimpanan panas meningkat dan individu kurang sanggup mentolerir tekanan panas.

Tubuh yang memiliki banyak air bisa mengurangi ketegangan fisik jika tekanan panas terjadi ketika berolahraga. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian tentang efek ini.

7. Sistem Pencernaan Tergantung Padanya

Usus membutuhkan air untuk bekerja dengan baik. Dehidrasi bisa menyebabkan masalah pencernaan, ambeien, dan perut yang terlalu asam. Hal ini bisa meningkatkan risiko mulas dan sakit maag.

8. Membuang Kotoran Tubuh

Tubuh menggunakan air untuk berkeringat, membuang air kecil, dan membuang air besar. Keringat mengendalikan suhu tubuh ketika berolahraga atau dalam suhu hangat.

Anda membutuhkan air untuk mengisi kembali cairan yang hilang dari peluh. Anda juga membutuhkan cukup air dalam sistem untuk mempunyai tinja yang sehat dan menghindari ambeien.

Ginjal juga membutuhkan air untuk menyaring limbah melalui membuang air kecil. Asupan air yang cukup membantu mencegah batu ginjal dan membantu ginjal bekerja lebih efisien.

9. Membantu Menjaga Tekanan Darah

Manfaat air berikutnya yakni membantu menjaga tekanan darah. Darah menjadi lebih kental, dan meningkatkan tekanan darah adalah akibat kekurangan air.

10. Dibutuhkan Saluran Udara

Manfaat air penting untuk saluran udara. Ketika mengalami dehidrasi, saluran udara dikontrol oleh tubuh sebagai upaya meminimalkan kehilangan air. Ini bisa memperburuk asma dan alergi.

11. Membuat Mineral dan Nutrisi Bisa Diakses

Manfaat air juga membantu membuat mineral dan nutrisi supaya bisa diakses. Senyawa-senyawa tersebut larut dalam air, yang memungkinkannya mencapai ke seluruh bagian tubuh.

12. Mencegah Kerusakan Ginjal

Ginjal mengendalikan cairan di dalam tubuh. Air yang tidak mencukupi bisa menyebabkan batu ginjal dan masalah lainnya.

13. Air Meningkatkan Kinerja Selama Aktivitas Berat

Sebagian ilmuwan telah mengusulkan bahwa selama aktivitas berat, kinerja dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi lebih banyak air.

Dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi hal ini, tapi satu review mengungkapkan bahwa dehidrasi mengurangi kinerja dalam aktivitas yang berlangsung lebih dari 30 menit.

14. Penurunan Berat Badan

Bila dikonsumsi sebagai pengganti soda yang dimaniskan dan jus, air juga bisa membantu menurunkan berat badan. Minum air sebelum makan bisa membantu mencegah makan berlebihan dengan menciptakan rasa kembung.

15. Mengurangi Kemungkinan Hangover

Ketika berpesta, air soda tanpa pemanis dengan es dan lemon sebagai pengganti minuman beralkohol bisa membantu mencegah konsumsi alkohol berlebihan.

Baca Juga: Manfaat Tumbuhan bagi Manusia dalam Kehidupan. Simak Ulasannya!