arti kata bias
arti kata bias

Maksud dan Arti Kata Bias serta contohnya dalam kalimat

Posted on
arti kata bias
arti kata bias

Maksud dan Arti Kata Bias serta contohnya dalam kalimat. Dalam percakapan sehari-hari, kita sering mendengar kata “bias” sering disebutkan. ivermectine générique Tentu saja hal ini bukannya tanpa makna. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya mengenai makna kata bias sekaligus contoh penggunaannya dalam kalimat. ivermectina posologia bula

 

Arti Kata Bias

Jika dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata bias terdiri dari dua suku kata, yaitu “bi” dan “as”, yang berarti simpangan. Kata ini juga bisa diartikan sebagai belokan arah sesuatu (bisa cahaya, bisa bayangan) dari garis tempuhan karena menembus benda lain yang bening. Makna dari kata ini akan menjadi lebih luas lagi jika diberi imbuhan, baik awalan, akhiran, maupun awalan dan akhiran. Berikut contohnya:

  1. Membias, berarti berbelok arah untuk perahu atau hujan, juga bisa berarti menyimpang untuk suatu nilai atau ukuran.
  2. Membiaskan, berarti membelokkan arah sesuatu.
  3. Pembiasan, berarti proses pembelokan sesuatu.

 

Contoh Penggunaan Kata Bias

Berdasarkan KBBI di atas, jelaslah bahwa makna bias lebih menggambarkan sesuatu yang tidak pada tempatnya. Sebagai contoh, sinar yang seharusnya lurus ternyata berbelok arah, hal ini sering disebut sinar mengalami pembiasan. Namun, pada praktiknya, terkadang kata ini juga sering digunakan untuk mengaburkan makna yang sesungguhnya agar juga mempunyai makna lain. Berikut ini beberapa contoh penggunaan kata bias dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Sinar yang menembus sebuah prisma akan mengalami pembiasan.
  2. Ada tips khusus yang bisa diterapkan untuk menghindari makna bias pada sebuah kalimat.
  3. Ada beberapa media yang dapat digunakan untuk membiaskan cahaya.
  4. Sinar yang membias akan memberikan penampakan cahaya yang indah.
  5. Pengetahuan tentang pembiasan cahaya sudah dipelajari sejak Sekolah Dasar.
Baca juga  Service Provider Internet

 

Kesimpulan

Dari uraian di atas, Anda bisa menyimpulkan bahwa kata bias merujuk pada sesuatu yang berjalan tidak pada jalurnya. Baik cahaya, arah kapal, maupun arah hujan bisa menggunakan kata ini jika mengalami pembelokan arah. Itulah makna dari kata bias yang sering digunakan dalam percakapan. how to worm chickens with ivermectin Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.