arti kata apatis
arti kata apatis

Makna dan arti kata apatis serta penerapannya

Posted on
arti kata apatis
arti kata apatis

Makna dan arti kata apatis serta penerapannya. Dalam dunia politik anda bisa sering kali mendengar tentang orang yang mengatakan, dia bersikap sangat apatis. Untuk bisa memahami maksudnya maka penting bagi anda memahami dengan baik mengenai makna kata apatis. Ada juga yang menyebut kata apatis ini sebagai apati, namun memang yang lebih sering didengarkan adalah kata apatis.

 

Arti Kata Apatis

Apatis sendiri berarti adanya rasa tidak pedulinya seseorang karena tidak memiliki perhatian secara khusus pada suatu aspek tertentu. Tidak hanya pada segi politik tetapi ketidakpedulian ini juga bisa dari berbagai aspek lainnya seperti secara emosional, fisik atau kehidupan sosial. Tentunya hal tersebut juga dipengaruhi oleh berbagai alasan dari dalam diri orang itu sendiri.

Sedangkan untuk definisi apatis sendiri adalah sikap menarik diri dan seakan pasrah terhadap keadaan dan mengikuti arus yang ada tanpa berusaha melakukan perubahan apapun. Sebenarnya sikap apatis ini adalah reaksi umum yang terjadi karena adanya tekanan atau stress yang akhirnya diterapkan sebagai langkah belajar tidak memiliki daya apapun, bahkan sering kali juga dihubungkan dengan kondisi depresi.

 

Kata Apatis Dalam Politik dan Contohnya

Dalam dunia politik, sikap apatis ini memang digambarkan seperti sikap masa bodoh dari masyarakat terhadap berbagai hal yang terjadi di dunia politik tersebut. Orang dengan sikap apatis akan merasa bahwa apapun yang terjadi di dunia politik tidak akan mempengaruhi kehidupannya secara langsung, sehingga tidak ada minat khusus untuk memperhatikan aspek tersebut.

Dalam bentuk kalimat anda bisa menggunakannya yaitu, sikap apatisnya sudah semakin lewat batas. Dalam arti sikap tidak peduli yang ditunjukkannya sudah tidak bisa ditolerir. Apatis digunakan dalam kalimat ingin menyampaikan bahwa seseorang sudah bersikap sangat acuh terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Sehingga hal tersebut terkadang membuat orang di sekitarnya merasa tidak nyaman atau terjadi masalah sosial yang ringan. Biasanya memang kalimat yang menggunakan kata apatis akan terkesan kasar dan secara langsung memberikan kritik tajam. Namun anda bisa memperhalusnya dengan berbagai kata tambahan tentunya.

Baca juga  Manfaat Gotong Royong adalah... Yuk, Intip Jawabannya!