Makanan yang Mengandung Protein Nabati

makanan yang mengandung protein nabati

makanan yang mengandung protein nabati

Makanan yang Mengandung Protein Nabati – Tubuh memerlukan asupan makanan yang memiliki kandungan protein setiap hari supaya dapat berfungsi dengan baik. Bicara mengenai makanan sumber protein, pastinya tidak hanya daging-dagingan saja.

Terdapat banyak pilihan sumber protein nabati yang tidak kalah menyehatkan untuk tubuh. Berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan protein nabati juga dapat menjadi alternatif bagi vegan yang tidak mengonsumsi produk hewani.

Protein nabati merupakan jenis protein yang asalnya dari tumbuh-tumbuhan, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan beberapa macam sayuran.

Lantas, apa saja makanan yang memiliki kandungan protein nabati? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai makanan yang mengandung protein nabati yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Makanan yang Mengandung Protein Nabati

makanan yang mengandung protein nabati

1. Tempe

Tempe merupakan olahan fermentasi kedelai yang kaya akan kandungan protein. Dalam 100 gram tempe, terdapat kandungan sekitar 20,8 gram protein, 13,5 gram karbohidrat, 8,8 gram lemak, 1,4 gram serat pangan, vitamin B, kalsium dan zat besi.

Baca Juga: Buah untuk Darah Tinggi

makanan yang mengandung protein nabati

2. Tahu

Seperti halnya tempe, tahu juga dibuat dari kedelai. Itulah sebabnya tahu juga tergolong dalam makanan yang memiliki kandungan protein nabati.

Di dalam 100 gramnya, tahu memiliki kandungan sekitar 8 gram protein, 121 gram fosfor, 37 miligram magnesium, 0,2 miligram tembaga, 201 miligram kalsium, 9,9 mikrogram selenium dan 0,6 miligram mangan.

makanan yang mengandung protein nabati

3. Edamame (Kedelai Jepang)

Populer juga dengan nama kedelai jepang, edamame adalah makanan yang memiliki kandungan protein nabati dalam jumlah yang cukup tinggi.

Dalam 100 gramnya, edamame rebus memiliki kandungan 11,4 gram protein, 7,4 gram karbohidrat, 6,6 gram lipid, 1,9 gram serat, 140 miligram fosfor, dan 70 miligram kalsium.

Baca Juga: Urutan Tahap Sintesis Protein

makanan yang mengandung protein nabati

4. Quinoa

Termasuk dalam kelompok biji-bijian, quinoa merupakan superfood yang banyak diunggulkan pemerhati gizi. Dalam 100 gramnya, quinoa memiliki kandungan 4 gram protein, 1,5 gram zat besi, 2,8 gram serat, 64 mikrogram magnesium, 0,6 mikrogram mangan, dan beragam asam amino esensial yang diperlukan tubuh.

makanan yang mengandung protein nabati

5. Almond

Bicara mengenai makanan yang memiliki kandungan protein nabati, almond tentunya tidak boleh terlewatkan. Dalam almond panggang tanpa garam sebanyak 100 gram memiliki kandungan 6,5 gram protein, 3,3 gram serat pangan, 5,5 gram karbohidrat, 8 persen kalsium, serta 7 persen zat besi.

Tidak hanya itu, almond juga menjadi sumber vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit serta rambut . Almond juga menawarkan hingga 61 persen dari asupan magnesium harian yang dianjurkan.

Baca Juga: Tepung Terigu Protein Sedang

6. Chia Seed

Chia seed merupakan biji-bijian yang memiliki kandungan banyak nutrisi penting, termasuk protein, serat dan asam lemak omega-3. Dalam dua sendok makan chia seed memiliki kandungan 2 gram protein serta 11 gram serat pangan. Tidak hanya itu, chia seed juga memiliki kandungan kalsium, zat besi, zinc, dan antioksidan.

7. Bayam

Walaupun tidak memiliki kandungan protein sebanyak biji-bijian atau kacang-kacangan, sayuran yang memiliki daun hijau gelap seperti bayam juga dapat menjadi pilihan. Sebanyak 100 gram bayam rebus memiliki kandungan 3 gram protein, vitamin C, 2,4 gram serat, vitamin A, kalsium, serta zat besi.

Baca Juga: Kelompok Jenis Makanan yang Mengandung Protein Hewani

8. Brokoli

Brokoli juga masuk ke dalam makanan yang memiliki kandungan protein nabati. Dalam 100 gram brokoli rebus terdapat kandungan 2 gram protein, 67 mikrogram fosfor, 40 miligram kalsium dan 108 mikrogram folat.

9. Kentang

Walau kerap dinilai “kosong” nutrisi, satu buah kentang dengan ukuran sedang (150 gram) yang direbus dengan kulit dan tanpa garam memiliki kandungan 4 gram protein, lho. Tidak hanya itu, kentang juga memiliki kandungan kalium yang baik bagi kesehatan jantung.

Baca Juga: Karbohidrat Diet

10. Alpukat

Buah dengan tekstur creamy ini memiliki kandungan protein serta asam lemak tak jenuh tunggal. Setengah buah alpukat segar berukuran sedang memiliki kandungan sekitar 2 gram protein.

Itulah sejumlah makanan yang mengandung protein nabati. Makanan-makanan tersebut dapat Anda masukan ke dalam menu makan sehari-hari. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda seputar kesehatan.