jahe makanan antibakteri terbaik
image via youngandraw.com

10 Makanan yang mengandung antibakteri untuk mencegah jerawat

Posted on
jahe makanan antibakteri terbaik
image via youngandraw.com

Makanan yang mengandung antibakteri untuk mencegah munculnya jerawat di wajah yang bisa digunakan secara internal ataupun topikal sebagai masker wajah. Makanan merupakan komponen yang sangat penting sekali untuk kesehatan kita tidak terkecuali kulit wajah. Makanan yang mengandung sifat antibakteri sangat diperlukan untuk mencegah munculnya masalah pada kulit seperti jerawat, komedo atau yang lainnya. Jerawat memang disebabkan oleh munculnya bakteri yang disebut propionibacterium acne. Dimana bakteri ini biasanya bisa muncul di kulit wajah yang kotor.

 

Makanan yang mengandung antibakeri

Untuk mencegah munculnya bakteri ini ternyata peran makanan sangat penting sekali. Beberapa makanan diketahui memang memiliki sifat anti bakteri yang mampu mencegah munculnya bakteri penyebab jerawat. Makanan apa saja itu? berikut daftar makanan yang mengandung antibakteri:

1. Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan yang mengandung tinggi probiotik.Nutrisi ini sangat baik untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Di dalam yoghurt terdapat bakteri baik yang menekan pertumbuhan bakteri buruk di dalam tubuh kita. Di antara jenis yoghurt yang sangat baik dikonsumsi adalah yoghurt Yunani. Anda bisa menambahkan makanan ini di smoothie atau resep lainnya.

2. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu makanan yang mengandung tinggi antibakteri. Saat dikonsumsi secara internal bawang putih akan melawan semua jenis patogen dan kuman yang dapat menyebabkan flu sampai jerawat. Bawang putih sering dibuat menjadi kapsul untuk memudahkannya saat dikonsumsi. Selan dibuat kapsul Anda juga bisa mengkonsumsi bawang putih dengan cara penampakannya ke dalam makanan sehari-hari.

Baca juga  Jahe Berkembang Biak Dengan

3. Madu murni

Manfaat masker madu untuk wajah yang paling utama adalah mencegah jerawat. Hal ini dikarenakan madu mengandung antibakteri yang sangat baik dalam mencegah munculnya jerawat di wajah. Selain mengandung antibakteri, madu juga memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat yang berguna mengurangi peradangan akibat jerawat. Selain dikonsumsi, madu juga bisa digunakan sebagai masker wajah dengan manfaat yang hampir sama. Diantara campuran madu yang sangat baik dalam menghilangkan jerawat adalah kayu manis. Cara menghilangkan jerawat dengan madu tidaklah sulit. Karena anda hanya perlu menerapkannya ke seluruh area wajah yang berjerawat lalu tunggu sampai 20 menit. Kemudian anda bisa membilasnya dengan air bersih

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel juga memiliki kandungan probiotik yang merupakan bakteri baik. Menggunakan cuka sari apel secara internal ataupun eksternal sangat baik sekali untuk menghilangkan jerawat di wajah. Mengkonsumsi cuka sari apel akan menghilangkan kelebihan bakteri yang ada di tubuh kita sehingga mencegah beberapa patogen berbahaya yang dapat mempengaruhi kesehatan.

5. Kunyit

Salah satu bahan yang berpotensi besar untuk mencegah jerawat di wajah adalah kunyit. Kunyit memiliki sifat antiperadangan yang sangat kuat sehingga mampu mengurangi rasa sakit termasuk peradangan yang diakibatkan oleh jerawat. Kandungan utama dalam kunyit adalah kurkumin. Dimana nutrisi ini mampu melawan kanker dan penyakit berbahaya lainnya. Cara menghilangkan jerawat dengan kunyit cukup menggunakannya sebagai masker wajah. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik anda bisa menambahkannya dengan madu atau minyak zaitun.

6. Jahe

Jahe adalah rempah-rempah yang sangat diminati karena memiliki banyak manfaat. Makanan ini biasanya sangat baik dikonsumsi terutama saat musim dingin. Jahe telah terbukti memiliki sifat anti inflamasi yang kuat yang berguna mengurangi peradangan pada jerawat. Selain itu, di dalam jahe juga terdapat sifat antibakteri dan senyawa gingerol yang telah terbukti membantu melawan infeksi.

Baca juga  Resep Pentol Pedas Malang

7. Lemon

Mungkin anda sudah tidak asing lagi mengenai penggunaan lemon untuk menghilangkan jerawat di wajah. Ya bahan yang satu ini memang sudah terkenal terutama kemampuannya dalam mencegah dan mengatasi berbagai macam masalah pada kulit wajah. Cara menghilangkan jerawat dengan lemon juga sangat mudah dan praktis, karena bahan ini tidak memerlukan campuran untuk digunakan sebagai obat penghilang jerawat.

8. Minyak kelapa

Ya, minyak kelapa juga merupakan makanan yang mengandung antibakteri terbaik. Dalam minyak kelapa terdapat sejumlah asam lemak esensial seperti asam laurat yang juga memberi efek melawan bakteri. Anda bisa menggunakan minyak kelapa secara langsung pada kulit wajah untuk membantu menghilangkan kotoran dan juga bakteri penyebab jerawat. Selain digunakan secara topikal, minyak kelapa juga bisa dikonsumsi secara langsung. Pastikan anda memilih minyak kelapa yang berkualitas tinggi terutama untuk dikonsumsi.

9. Nanas

Nanas merupakan buah tropis yang manis sekaligus tergolong sebagai makanan anti bakteri yang sangat baik untuk mengurangi jerawat di wajah. Komponen utama dalam nanas adalah bromelain yang memiliki sifat antimikroba. Sehingga nanas sangat membantu dalam membunuh kuman yang bersarang di tubuh kita. Selain sifat antibakterinya tersebut, nanas juga diperkaya serat yang bermanfaat membersihkan racun dari dalam tubuh melalui proses pencernaan.

10. Makanan fermentasi

Beberapa makanan fermentasi seperti kefir, sauerkraut dan kimchi merupakan diantara produk alami yang diperkaya anti bakteri. Kesemua makanan tersebut dipenuhi oleh bakteri baik yang menekan pertumbuhan bakteri jahat di dalam tubuh kita. Jika anda ingin terbebas dari jerawat mengkonsumsi makanan fermentasi sangat dianjurkan. Tambahkan makanan ini ke dalam masakan anda untuk membantu mengurangi munculnya jerawat di wajah.

Baca juga  Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet