Makanan untuk Sakit Tipes

makanan untuk sakit tipes

makanan untuk sakit tipes

Makanan untuk Sakit Tipes – Demam tifoid atau tifus merupakan infeksi yang menyerang sistem pencernaan akibat bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh bersama minuman maupun makanan yang telah terkontaminasi.

Tifus menular dari lingkungan serta kebiasaan yang tidak bersih, seperti menyentuh barang terinfeksi dan jarang mencuci tangan. Bakteri penyebab tifus juga bisa menyebar dari makanan yang Anda konsumsi. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan makanan yang Anda konsumsi saat tengah menderita tipes.

Apabila salah, proses pengobatan saat Anda menjalani pengobatan tifus mungkin saja terhambat. Apabila Anda mengalami penyakit ini, terdapat sejumlah makanan untuk penderita tifus yang boleh serta tidak boleh dikonsumsi.

Lantas, apa saja makanan tersebut? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai makanan untuk sakit tipes yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Makanan untuk Sakit Tipes yang Perlu Anda Ketahui!

makanan untuk sakit tipes

1. Makanan yang Lunak

Tipes adalah jenis penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makan yang lembek, lunak serta berkuah, seperti sup maupun bubur. Hal ini dilakukan supaya makanan tersebut lebih mudah dicerna.

Sebab, sistem pencernaan penderita tipes tengah dalam keadaan yang kurang baik serta memerlukan waktu dalam proses penyembuhan. Tidak hanya itu, pemberian makanan yang lembek serta lunak ini juga untuk mencegah komplikasi tipes berupa perforasi usus (muncul lubang-lubang di dinding usus) serta perdarahan di usus.

Dikutip dari Cleveland Clinic, Anda disarankan mengunyah makanan sampai teksturnya menjadi seperti kentang yang ditumbuk. Makin lama Anda mengunyahnya, maka makin mudah juga makanan tersebut dicerna oleh tubuh.

Baca Juga: Buah untuk Menurunkan Kolesterol

makanan untuk sakit tipes

2. Makanan Tinggi Kalori dan Gizi

Makanan yang memiliki tinggi kalori akan membantu untuk mempercepat penyembuhan pada penderita tifus. Hal tersebut dikarenakan kalori tinggi akan mencegah menurunnya berat badan secara drastis akibat tifus.

Tidak hanya berkalori tinggi, penting juga untuk orang yang sakit tifus memerhatikan kandungan gizi dalam makanan, salah satunya yaitu protein. Protein sangat berkhasiat bagi tubuh karena sebagai sumber tenaga serta zat pembangun yang berguna dalam pemeliharaan dan pertumbuhan jaringan yang rusak.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mempercepat proses pemulihan, orang yang sedang sakit tifus, memerlukan asupan makanan yang tinggi protein. Hal ini karena protein dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat infeksi.

Beberapa sumber protein yang baik untuk penderita tipes, yaitu: hati ayam, telur, ikan, tahu, daging ayam bagian dada dan tempe. Seperti yang telah diulaskan sebelumnya, makanan ini ada baiknya diolah lebih lunak serta dengan ukuran lebih kecil. Anda dapat membuatnya menjadi sup, direbus atau dikukus.

Anda sebaiknya tidak menggunakan metode masak dengan cara digoreng. Jika produk makanan tersebut digoreng akan menjadikannya sulit dicerna oleh pencernaan orang yang sedang sakit tipes karena keras.

Selain itu, telur, yogurt, serta keju sangat mudah untuk dicerna serta dapat menjadi sumber protein yang baik. Yogurt bisa membantu Anda meredakan gejala tipes yang mengganggu, yakni diare.

3. Makanan Rendah Serat

Makanan yang mengandung kadar serat tinggi adalah salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi sementara waktu untuk penderita tifus. Sebab, makanan yang memiliki kandungan serat tinggi bisa mengiritasi usus Anda yang telah meradang serta sulit dicerna.

Jika Anda ingin mengonsumsi buah atau sayur, Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi jenis buah atau sayur yang mengandung serat yang rendah. Tidak hanya itu, pastikan sayur-sayuran yang Anda konsumsi sudah dimasak untuk mencegah kontaminasi.

Beberapa jenis buah dan sayur yang dapat dikonsumsi penderita tipes, yaitu juah buah tanpa ampas, pisang, alpukat, saus apel, buah masak tanpa kulit atau biji, kentang tanpa kulit, tomat tanpa kulit dan biji. Makanan yang rendah serat lainnya juga dapat Anda konsumsi yaitu, seperti pasta, nasi putih, kentang, dan roti tawar.

Baca Juga: Buah untuk Sembelit

4. Cairan

Agar Anda cepat sembuh dari penyakit tifus, keseimbangan elektrolit dan air di dalam tubuh sangat penting untuk dijaga. Nah, mengonsumsi banyak air putih merupakan sebuah kewajiban yang perlu dilakukan demi mempercepat pemulihan tipes.

Salah satu akibat dari penyakit tipes yaitu diare serta masalah pada pencernaan ini dapat menyebabkan Anda dehidrasi. Oleh sebab itu, mencukupi kebutuhan cairan merupakan hal yang penting. Konsumsilah minimal 6 hingga 8 gelas air dalam sehari.

Baca Juga: Jus Penurun Darah Tinggi

Tidak hanya mengonsumsi air putih, Anda juga dapat minum kuah sayur maupun air perasan buah. Keduanya bisa menggantikan elektrolit yang hilang karena diare. Apabila dehidrasi makin parah, segeralah pergi ke rumah sakit untuk memperoleh perawatan lebih lanjut.

Itulah beberapa makanan untuk sakit tipes yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda seputar kesehatan.