Makanan Junk Food

makanan junk food

makanan junk food

Makanan Junk Food – Junk food memang dapat menjadi santapan yang lezat di beragam kesempatan. Namun sama halnya namanya, makanan sampah atau junk food ini nyatanya memiliki kandungan gizi yang minim, bahkan dapat membahayakan kesehatan.

Junk food merupakan makanan tidak sehat serta minim zat gizi. Junk food tidak sehat, sebab kudapan satu ini memiliki kandungan tinggi lemak jenuh, serta natrium dan gula pada bumbu perisanya. “Makanan sampah” ini juga dapat diolah dengan waktu yang lama.

Lantas, apa saja yang termasuk makanan junk food? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai makanan junk food yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Makanan Junk Food yang Perlu Anda Ketahui!

Menjauhi junk food memang bukan perkara mudah. Gaya hidup serta lingkungan juga dapat membuat orang lebih memilih untuk mengonsumsi makanan ini. Oleh sebab itu, makanan ini kerap menjadi pilihan, menggantikan makanan bergizi.

Anda juga dapat menjumpai beragam jenisnya hampir di setiap sudut kota. Anda mungkin merasa jika makanan ini lebih lezat daripada makanan sehat. Makanan rendah gizi ini rasanya lebih lezat, sebab memang memiliki kandungan banyak gula, lemak dan garam.

Baca Juga: Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

Jadi, makanan ini tinggi kalori namun justru rendah kandungan nutrisi penting, seperti serat, protein, vitamin dan mineral. Berikut ini adalah sejumlah makanan yang dikelompokkan sebagai junk food yang sudah tidak asing lagi untuk Anda.

1. Roti

Roti yang berasal dari tepung terigu dapat dikelompokkan sebagai junk food. Terigu adalah gandum yang digiling dengan menyingkirkan bagian yang bernutrisi, yakni bakal biji serta kulit ari, guna memperoleh tekstur yang halus.

Baca Juga: Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

2. Sereal untuk Sarapan

Sereal biasanya diolah dari gandum, oat, jagung atau beras. Makanan untuk sarapan ini rasanya enak dan banyak digemari anak-anak. Hal ini karena ternyata sereal memiliki kandungan gula yang tinggi. Namun, ternyata sereal ini rendah serat.

makanan junk food

3. Makanan yang Dibakar dalam Waktu Lama dan Gorengan

Membakar dan menggoreng merupakan cara memasak yang tidak sehat. Apalagi dengan waktu memasak yang lama. Kandungan kimia penyebab penyakit jantung serta kanker juga dapat terbentuk pada suhu tinggi.

Baca Juga: Minuman untuk Diet

4. Kue, Biskuit dan Pastry

Biasanya, makanan jenis ini dijual dalam bentuk kemasan. Umumnya, aneka makanan manis ini diolah dari terigu dengan tambahan bahan pengawet, gula, serta mentega yang memiliki kandungan lemak jenuh.

Kerap mengonsumsi “makanan sampah” dapat menyebabkan obesitas serta penyakit lainnya di kemudian hari, sebab tubuh kekurangan nutrisi.

Mengonsumsinya terlalu banyak juga ternyata dapat menyebabkan gangguan psikologis, seperti masalah kepercayaan diri dan emosional.

makanan junk food

5. Keripik Kentang dan Kentang Goreng

Keripik kentang dan kentang goreng tinggi kalori serta rentan dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Nantinya, hal ini akan mengakibatkan risiko kenaikan berat badan berlebih.

Kedua jenis makanan ini juga memiliki kandungan senyawa acrylamides yang sifatnya karsinogenik. Senyawa ini muncul pada saat kentang digoreng ataupun dibakar.

Baca Juga: Makanan Penyebab Kelenjar Getah Bening

Itulah beberapa makanan junk food yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda seputar kesehatan.