Macam Macam Resep Olahan Bebek

macam macam resep olahan bebek

macam macam resep olahan bebek

Macam macam resep olahan bebek – Bebek selalu dapat menarik perhatian bagi setiap penggemarnya, selain memiliki citarasa yang khas, makanan dari bebek terbukti menjadi salah satu makanan terfaforit dan banyak diminati masyarakat Indonesia.

Jika kita berbicara tentang macam macam resep olahan bebek, pasti sangat banyak jenis dan cara menggolahnya. Oleh karena itu, kali ini saya akan membahas tentang salah satu olahan bebek yang cukup terkenal yaitu Bebek Kaleyo.

Bebek kaleyo sebenarnya merupakan sebuah merek dagang dari sebuah toko makanan yang khusus mengolah berbagai aneka hidangan dari bebek goreng.

Gerai makanan satu ini memiliki banyak cabang yang tersebar di daerah Jabodetabek. Olahan dari gerai ini pun terkenal akan rasanya yang  lezat dan memiliki ciri khas yaitu tekstur dagingnya yang empuk.

Apalagi ditambah dengan penampilanya yang catchy dapat menyedot perhatian banyak orang. Selain adanya lalapan sebagai teman makan, bebek kaleyo juga akan disajikan bersama dengan adanya kremesan renyah serta sambal pedasnya yang sangat spesial.

Berikut macam macam resep olahan bebek yang dapat kamu coba sendiri di rumah, simak sampai akhir Resep Bebek Kaleyo dari Caraprofesor.com berikut!

 

LANJUTKAN BACA ARTIKEL BERIKUT :

Resep Kolak Pisang Kuah Kental

Cara Memakai Serum Hanasui

Resep Tempe Goreng Terigu Renyah

Resep Pentol Pedas Malang

 

Resep Bebek Kaleyo – Macam-macam resep olahan bebek

macam macam resep olahan bebek
Sumber : https://ik.imagekit.io/

Bahan-bahan :

1 ekor bebek (potong jadi 4 bagian)
1 buah jeruk nipis (ambil airnya)
1,2 liter air
2 lembar daun salam
3 batang serai (memarkan)
5 lembar daun jeruk (buang tulang daunnya)
3 cm lengkuas (memarkan)
Minyak untuk menggoreng (secukupnya)

 

Bumbu Halus :

8 siung bawang putih
5 butir bawang merah
Kemiri, 5 butir
2 cm jahe
3 cm kunyit
1 sdt ketumbar
Garam – 1 sdm

 

Bahan Kremes :

250 ml air sisa ungkepan bebek
25 ml santan kelapa
3 sdm tepung beras
1 sdm tepung tapioka

 

Bahan Sambal Lombok Hijau :

2 buah cabai hijau besar
Cabai hijau keriting, 2 buah
5 buah cabai rawit hijau (sesuai selera)
5 siung bawang putih
2 butir bawang merah
1 sdt garam
Minyak, untuk menumis – secukupnya

BACA JUGA : Resep Cake Zebra Super Lezat

 

Langkah Cara Memasak Bebek Kaleyo

1. Pertama-tama, lumuri seluruh bagian bebek yang telah dipotong dengan air perasan jeruk nipis. Gosok-gosok, lalu cuci hingga bersih.

2. Siapkan panci untuk memasak/mengungkep bebek. Ungkep bebek dan masukkan bumbu halus, daun salam, daun jeruk, lengkuas, serai, dan juga air. Rebus bebek hingga empuk dan bumbunya meresap. Jangan lupa untuk mengoreksi rasanya. Barulah matikan kompor.

3. Selanjutnya, siapkan wajan penggorengan beserta minyak. Goreng bebek hingga berwarna kecoklatan dan matang. Angkat dan tiriskan terlebih dahulu.

 

Cara membuat kremesan :

Setelah bebek matang, selanjutnya kamu harus membuat keremesannya, caranya sebagai berikut:

1. Siapkan wadah (mangkuk agak besar). Kemudian campurkan sisa air ungkepan bebek tadi dengan bahan kremes lainnya. Aduk hingga tercampur rata dan tekstur tidak ada yang bergerindil.

2. Panaskan banyak minyak dalam wajan penggorengan. Tuang perlahan adonan kremesan tersebut ke dalam minyak yang sudah panas dari jarak yang cukup tinggi, agar hasilnya crispy.

3. Tunggu agar adonan menyebar ke seluruh permukaan minyak, jangan diaduk. Kemudian angkat dengan serok penggorengan jika sudah berwarna kecoklatan. Tiriskan.

 

Cara membuat sambel lombok ijo :

1. Rebus bahan sambel seperti cabai, bawang putih, dan bawang merah hinga tampak layu.

2. Setelahnya angkat dan ulek kasar hasil rebusan menggunakan cobek. Sisihkan terlebih dahulu.

3. Panaskan minyak di atas wajan  sampai agak berasap. Lalu tumis hasil ulekan tersebut. Beri garam lalu orak-arik sebentar. Kemudian angkat.

4. Sajikan semua masakan yang sudah selesai kamu masak. Siap kan nasi putih, bebek goreng dan taburi dengan kremesnya. Jangan lupa untuk menyandingkannya dengan sambel yang baru kamu buat ya!

BACA JUGA : Cara Memasak Terong Hijau

Demikian Resep Bebek Kaleyo dari macam macam resep olahan bebek di Caraprofesor.com. Cukup panjang memang langkahnya, namun semua langkah tersebut akan terbayarkan setelah masakanmu yang lezat jadi kan?!

Semoga resep di atas bermanfaat dan selamat mencoba resepnya ya cookies!