Macam Macam Bunga Hiasan

macam macam bunga hiasan

Macam Macam Bunga Hiasan – Berharap tampilan rumah Anda lebih asri dan indah? Tanaman hias dapat Anda jadi pilihan untuk mendekorasi area dalam maupun halaman rumahmu lho.

Bunga-bunga dari tanaman hias yang indah dan berwarna-warni, serta bau wanginya yang semerbak membuat tampilannya kian menarik saat di rawat di area rumah.

Selain itu, terdapat beberapa tanaman hias yang tak hanya indah untuk dipandang saja, melainkan juga memiliki manfaat seperti dapat membersihkan udara sekitar, mengusir nyamuk, sampai daunnya dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Bagi Anda yang tertarik dan mau memperindah ruangan ataupun taman, berikut ini telah kami rangkumkan berbagai tanaman hias yang dapat Anda jadikan opsi untuk mendekorasi bagian indoor dan outdoor rumah.

BACA JUGA : Cara Memakai Kinoki Koyo

1. Bunga Melati

Sumber : https://asset-a.grid.id/

Bunga melati atau bunga jasmine, sangatlah populer di kalangan masyarakat untuk dijadikan sebagai bunga penghiashalaman rumah. Tanaman satu ini memiliki bentuk bunga yang kecil, berwarna putih serta berbau sangat harum.

Jenis bunga melati yang paling sering ditanam di pekarangan rumah adalah jenis Jasminum sambac.

Selain dapat mempercantik halaman rumah, bunga melati ini juga berguna untuk pengobatan, lho. Daun dan bunganya bermanfaat untuk mengobati penyakit flu, diare, dan demam.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Masker Kopi

2. Lavender

Sumber : https://www.kibrispdr.org/

Bunga lavender memiliki aromanya tersendiri, bunga ini kerap dijadikan berbagai efek aromatik pada sebuah produk pengharum ruangan hingga parfum. Hal ini dikarenakan aroma dari bunga lavender dipercaya mampu menghilangkan stres hingga mengatasi masalah sulit tidur.

Tapi, menanam lavender tak dapat asal-asalan. Bunga lavender memerlukan perawatan ekstra dan juga peka akan sinar dan kelembapan. Jadi lumayan sulit ya, merawat bunga satu ini.

BACA JUGA : Review Pelembab Wajah untuk Remaja

3. Sun Flower / Bunga Matahari

macam macam bunga hiasan
Sumber : https://jenis.net/

Bayangkan alangkah cantiknya halaman rumahmu apabila ditumbuhi dengan tanaman hias yang satu ini. Pasti akan sangat Instagrammable banget, ya!

Bunga matahari adalah satu variasi bunga hias dengan ukuran yang besar, diameter kepalanya dapat mencapai kurang lebih 30 cm. Memiliki nama  latin Helianthus Annuus L. bunga ini juga terkenal memiliki tampilan yang menawan dari warna kuningnya yang cerah dan menyegarkan.

BACA JUGA : 10 Manfaat buah rambusa untuk kesehatan

4. Geranium/Tapak Dara

Sumber : https://www.urbangardengal.com/

Bunga geranium atau tapak dara dapat menjadi salah satu alternatif tanaman hias yang akan menghias pekarangan rumah sekaligus dapat mengusir nyamuk.

Bunga ini sungguh cocok di tanam di kawasan tropis seperti Indonesia, sebab dapat menyesuaikan keadaan dengan baik dalam cuaca panas. Cara menanam bunga tapak dara ini juga terbilang cukup mudah dan tak memerlukan perlakuan khusus dalam perawatannya.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Mobile Banking BRI

5. Tanaman Kupu-kupu / Oxalis Plant

macam macam bunga hiasan
Sumber : https://images.tokopedia.net/

Memiliki warna daun ungu dan berbentuk seperti sayap kupu-kupu membuat penampilannya kian istimewa. Sebenarnya bentuk bunganya sendiri sekilas hampir mirip dengan anggrek.

Tanaman ini banyak disukai oleh para pecinta tanaman hias sebab sifatnya yang tak rewel dan mudah dalam perawatannya.

Bunga kupu-kupu ini dapat Anda tanam di dalam rumah mengaplikasikan pot dengan cahaya sinar matahari yang cukup. Bila tanaman diletakkan di ruangan yang gelap dan kurang cahaya, tanaman ini tak akan berbunga.

BACA JUGA : Cara Membuat Minuman Jahe

6. Bunga Peace Lily

Peace lily atau yang biasa disebut dengan bunga lili ini dapat menjadi salah satu opsi bunga penghias ruangan yang indah dan kaya akan manfaat.

Tanaman hias ini jika diletakkan di dalam kamar mandi, dapat mengurangi spora jamur yang terdapat di kamar mandi tersebut, selain itu tanaman ini juga bermanfaat dalam membantu membersihkan udara, serta meningkatkan kualitas tidur.

Untuk itu, tanaman ini paling ideal diletakkan sebagai penghias kamar mandi dan kamar tidur.

Bunga peace lily dapat tumbuh dengan subur di bawah sinar lampu neon, sehingga tanaman ini akan sangat cocok untuk kamar yang tak terkena sinar matahari secara langsung dan hanya ada sinar lampu saja.

BACA JUGA : Voice Over Internet Protocol adalah…

7. Anggrek

macam macam bunga hiasan
Sumber : https://assets.pikiran-rakyat.com/

Dari sekitar 750 famili, 43.000 spesies, dan 35.000 varietas hibrida anggrek dari seluruh penjuru dunia, ada sekitar 5.000 spesies anggrek yang ditemukan di Negara tercinta kita Indonesia ini lho.

Anggrek juga jadi salah satu variasi bunga hias yang sangat populer di Tanah Air. Tanaman dengan nama latin Orchidaceae ini adalah tanaman yang mudah mengikuti keadaan dengan lingkungannya.

Hal ini dibuktikan oleh habitanya yang dapat tumbuh di berbagai kawasan, mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi, atau dari wilayah yang bersuhu dingin sampai bersuhu panas sekalipun. Hal ini jugalah yang membuat anggrek memiliki spesies yang beragam jenisnya.

BACA JUGA : Jahe Berkembang Biak dengan Cara?

Nah itulah beberapa macam macam bunga hiasan yang bisa kamu coba tanam di dalam dan luar rumah Anda. Semoga bunga-bunga cantik di atas bisa kamu jadikan opsi dan sesuai dengan selera Anda.