Macam-Macam Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

macam macam buah dengan kandungan vitamin c

Macam-Macam Buah yang Mengandung Vitamin C – Sejauh ini, banyak orang berpikir bahwa sumber vitamin C terbaik adalah oranye. Bahkan, jeruk bukanlah buah yang paling mengandung vitamin C. Masih ada buah-buahan lain dengan konten vitamin C yang jauh lebih berlimpah. Beberapa dari mereka mungkin tidak diharapkan. Apa contohnya?

Berbagai buah yang mengandung vitamin C

macam macam buah dengan kandungan vitamin c

Vitamin C adalah salah satu vitamin penting yang diperlukan untuk tubuh. Fungsi utama vitamin C adalah untuk mendukung pertumbuhan dan perbaikan sel, meningkatkan daya tahan dan menjaga kesehatan kulit.

Nutrisi yang disebut asam askorbat lainnya juga membantu mencegah anemia defisiensi dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Sebagai antioksidan, vitamin C juga melindungi berbagai sel dalam tubuh dari kerusakan radikal bebas.

Mengingat fungsi penting ini, tidak mengherankan bahwa tubuh Anda membutuhkan asupan vitamin C dari makanan. Salah satu sumber terbaik dari vitamin-vitamin ini adalah buah-buahan. Berikut adalah beberapa jenis buah dengan konten vitamin C terbesar.

1. Jambu biji

Macam-Macam Buah yang Mengandung Vitamin C

Jika Anda mencari buah-buahan yang mengandung vitamin C, biji jambu biji harus berada di baris atas. Buah biji buah mengandung lebih dari 200 miligram asam askorbat, jauh lebih tinggi dari jumlah jeruk.

Selain mengandung vitamin C, jambu biji juga akan kaya serat. Berdasarkan studi oleh Journal of Clinical dan Diagnostic Research, nutrisi bermanfaat dalam jambu biji dapat membantu mengurangi tekanan darah dan kolesterol.

2. Pepaya

cara membuat keripik pepaya

Pepaya umumnya dikenal sebagai buah untuk meluncurkan bab. Namun, apakah Anda tahu bahwa buah yang brilian ini juga kaya akan vitamin C? Konten vitamin C di setengah pepaya adalah 94 miligram, sedikit lebih tinggi dari jeruk.

Buah pepaya juga mengandung serat, vitamin A, vitamin B kompleks (khususnya vitamin B6, B2 dan B1), kalium dan kalsium. Berkat konten ini, Pepaya dapat membantu metabolisme tubuh, mengendalikan tekanan darah dan menjaga kesehatan mata.

3. Jeruk

manfaat jeruk untuk ibu hamil

Sebagai buah yang dikenal untuk dapat memerangi penyakit, kandungan gizi oranye tidak bermain dalam permainan. Satu ukuran oranye adalah 82,7 miligram vitamin C. Jumlah ini dapat cukup 91% dari kebutuhan dewasa dalam satu hari.

Jeruk juga mengandung banyak vitamin dan mineral, khususnya vitamin B1, B9 (folat) dan kalium. Dengan mengkonsumsi jeruk, tubuh Anda bisa mendapatkan antioksidan dalam bentuk fenol dan mantel.

4. Stroberi

manfaat buah strawberry untuk kesehatan

Stroberi setengah gelas (125 gram) mengandung 52 mg vitamin C. Sedikit di bawah konten vitamin Cl di jeruk, tetapi itu tidak mengurangi keunggulan stroberi kesehatan.

Selain mengandung vitamin C, stroberi juga termasuk buah antioksidan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan stroberi berpotensi mengurangi risiko kanker dan penyakit neurologis dan penuaan lambat.

5. Nanas

manfaat dan bahaya buah nanas

Jika Anda mulai bosan dengan jeruk, cobalah menggantinya dengan nanas. Dengan hanya mengonsumsi sepotong besar nanas, Anda bisa mendapatkan 79,3 miligram vitamin C. Angka ini dapat memenuhi 88% dari kebutuhan vitamin C Anda dalam satu hari.

Pineapple juga terkenal dengan isi Bromelain. Bromelaine adalah enzim pencernaan yang membantu menguraikan protein dalam makanan dan mengurangi kembung. Enzim ini juga dapat berfungsi sebagai zat antianidang.

6. Blackcurrant

manfaat buah blackberry

Blackcurrant umumnya lebih dikenal sebagai minuman. Faktanya, blackcurrant silang segar mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi, atau 101 miligram untuk secangkir buah (56 gram).

Buah ini juga mengandung senyawa yang disebut anthocyanine. Antosianin adalah pigmentasi gelap pada blackcurrant blackcurrant serta antioksidan yang kemungkinan akan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

7. Lemon

manfaat infus water lemon

Kesamaan lemon dan jeruk tidak terbatas pada rasa, tetapi juga kandungan vitamin C. Lemon lengkap dengan kulit mengandung 83 miligram vitamin C, atau setara dengan 92% dari kebutuhan orang dewasa dalam satu hari.

Seperti buah jeruk lainnya, lemon juga mengandung antioksidan, serat dan fitokimia. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa ketiga zat ini dapat menjaga kesehatan dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Banyak orang memilih untuk minum suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin C mereka. Faktanya, salah satu cara termudah untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini adalah dengan mengonsumsi buah yang mengandung banyak vitamin C.

Selain jeruk, Anda sekarang memiliki pilihan buah yang lebih beragam. Agar keuntungan menjadi lebih optimal, cobalah mengkonsumsi buah di atas secara bergantian. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan kandungan nutrisi dari setiap jenis buah. Sekian Pembahasan kali ini tentang ” Macam-Macam Buah yang Mengandung Vitamin C ” Semoga bermanfaat dan selamat mencoba !