Laporan Praktikum Jamur

Posted on

Mengetahui bagaimana jamur tumbuh dan berkembang menjadi hal yang sangat penting, terutama bagi para mahasiswa Biologi. Oleh karena itu, praktikum jamur menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan dalam mempelajari dunia biologi.

Laporan Praktikum Jamur

praktikum jamur

Dalam praktikum jamur, terdapat dua metode pengamatan yang digunakan, yaitu mikroskopis dan makroskopis. Pengamatan mikroskopis bertujuan untuk melihat bagian-bagian kecil dari jamur, seperti hifa dan spora. Sedangkan pengamatan makroskopis bertujuan untuk melihat bagian-bagian besar dari jamur, seperti bagian atas dan bawah dari jamur.

Setelah dilakukan pengamatan, maka dapat diketahui beberapa jenis jamur yang ditemukan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Auricularia auricula-judae, jamur yang biasanya digunakan dalam masakan khas Tiongkok.
  • Candia albicans, jamur yang biasanya ditemukan pada mulut dan vagina pada manusia.
  • Pleurotus ostreatus, jamur yang biasanya digunakan dalam masakan khas Jepang.
  • Schizophyllum commune, jamur yang biasanya tumbuh pada kayu atau bahan organik lainnya.

Selain itu, pengamatan juga dapat memberikan informasi mengenai karakteristik jamur seperti habitat tempat tumbuh, bentuk, dan bagian-bagian dari jamur tersebut. Semua informasi tersebut sangat penting dalam mempelajari tentang jamur.

Pengamatan Mikroskopis

pengamatan mikroskopis

Pengamatan mikroskopis dilakukan dengan menggunakan mikroskop. Dengan menggunakan mikroskop, maka bagian-bagian kecil dari jamur seperti hifa dan spora dapat dilihat dengan jelas. Pengamatan mikroskopis dilakukan untuk mempelajari karakteristik dan struktur dari jamur.

Pengamatan Makroskopis

pengamatan makroskopis

Pengamatan makroskopis dilakukan dengan melihat bagian-bagian besar dari jamur, seperti bagian atas dan bawah dari jamur. Pengamatan makroskopis dilakukan untuk mempelajari karakteristik dan bentuk dari jamur.

Dalam praktikum jamur, pengamatan mikroskopis dan makroskopis sangat penting karena dapat memberikan informasi mengenai karakteristik dan struktur dari jamur. Selain itu, pengamatan juga dapat memberikan informasi mengenai habitat tempat tumbuh, bentuk, dan bagian-bagian dari jamur tersebut.

Baca juga  Infeksi Jamur

Kesimpulan

Praktikum jamur adalah kegiatan yang sangat penting dalam mempelajari dunia biologi, terutama bagi mahasiswa Biologi. Pengamatan mikroskopis dan makroskopis dilakukan untuk melihat bagian-bagian kecil dan besar dari jamur, sehingga dapat memberikan informasi mengenai karakteristik dan struktur dari jamur. Dalam praktikum jamur, terdapat beberapa jenis jamur yang ditemukan seperti Auricularia auricula-judae, Candia albicans, Pleurotus ostreatus, dan Schizophyllum commune.

Baca postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *