Laporan Pertumbuhan Bawang Merah

Posted on

Selamat siang teman-teman! Sudahkah kalian melakukan praktikum pengaruh deterjen terhadap pertumbuhan akar bawang? Percayalah, praktikum ini sangat menarik dan bermanfaat untuk kamu yang ingin mempelajari lebih dalam tentang pengaruh deterjen terhadap akar bawang.

Saya ingin membagikan laporan praktikum yang saya miliki tentang pengaruh deterjen terhadap pertumbuhan akar bawang. Pada praktikum ini, saya menggunakan deterjen dengan konsentrasi yang berbeda-beda untuk dicampurkan dengan air pada beberapa wadah tanah yang telah disiapkan. Kemudian, saya menanam biji bawang merah pada masing-masing wadah.

Hasilnya, setelah beberapa hari, pertumbuhan akar bawang yang ditanam pada wadah yang tercampur dengan deterjen menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan wadah tanah yang hanya dicampur dengan air biasa.

Berikut adalah gambar dan keterangan mengenai hasil praktikum yang telah saya lakukan:

Wadah 1 – Air Biasa

Pertumbuhan Akar Bawang Pada Wadah Air Biasa

Pada wadah 1, biji bawang tumbuh dengan pertumbuhan akar yang cukup lambat, dan masih berwarna putih. Terlihat bahwa pertumbuhan ini cenderung diratakan, alias tidak terlalu banyak cabang.

Wadah 2 – Deterjen Konsentrasi Rendah

Pertumbuhan Akar Bawang Pada Wadah Deterjen Konsentrasi Rendah

Pada wadah 2, pertumbuhan akar bawang tumbuh lebih baik dibandingkan dengan wadah 1. Akar bawang terlihat lebih banyak cabang, dan berwarna hijau kebiruan.

Wadah 3 – Deterjen Konsentrasi Sedang

Pertumbuhan Akar Bawang Pada Wadah Deterjen Konsentrasi Sedang

Pada wadah 3, pertumbuhan akar bawang mengalami peningkatan yang lebih signifikan lagi. Akar bawang tumbuh lebih banyak cabang, dan berwarna hijau kecoklatan.

Wadah 4 – Deterjen Konsentrasi Tinggi

Pertumbuhan Akar Bawang Pada Wadah Deterjen Konsentrasi Tinggi

Pada wadah 4, pertumbuhan akar bawang tumbuh dengan sangat baik, bahkan lebih baik dari wadah 3. Akar bawang tumbuh dengan banyak cabang-cabang perakaran, dan berwarna hijau kecoklatan yang gelap.

Baca juga  Lanjaran Timun

Dari hasil praktikum yang saya lakukan, terlihat bahwa penggunaan deterjen dapat meningkatkan pertumbuhan akar bawang. Hal ini mungkin disebabkan oleh kandungan zat aktif dalam deterjen yang dapat merangsang pertumbuhan pada tanaman.

Namun, saya tetap menyarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan deterjen sebagai bahan dasar untuk pertumbuhan akar tanaman. Penggunaan deterjen secara berlebihan dapat mengakibatkan tanaman menjadi rusak dan bahkan mati.

Terima kasih sudah membaca laporan praktikum saya mengenai pengaruh deterjen terhadap pertumbuhan akar bawang. Saya harap tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai pertumbuhan tanaman menggunakan bahan-bahan alami maupun kimia.

Temukan tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *