Laporan Penelitian Tanaman Kangkung

Posted on

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jika kangkung turun harga, orang-orang akan bersukacita. Dalam hal ini, saya juga merasa senang karena Bersyukurlah kangkung turun harga!

Kangkung Ajaib

Kangkung

Siapa sangka, dari sejenis sayuran yang sering dianggap sepele, kangkung punya sejarah yang tegar di Indonesia. Bahkan pernah muncul di film legendaris. Yap, benar sekali! Apa kamu masih ingat dengan Petualangan Sherina? Di film tersebut, Sherina dan teman-temannya melawati sungai menggunakan rakit yang dihias dengan pelampung dari kangkung. Gak percaya, coba tonton lagi deh.

Kakek Kangkung

Kakek Kangkung

Ternyata indikasi bahwa harga kangkung akan turun terjadi di tahun 2014. Seorang kakek di Kediri, Jawa Timur, bernama Wagiman (81) bahkan merasa resah dengan turunnya harga kangkung. Bukannya karena merasa rugi, melainkan justru karena aksesibilitasnya menjadi sulit menyusul kabut asap yang menyelimuti Kabupaten Kediri. Setelah kabut tersebut hilang, harga kangkung pun turun hingga dipatok Rp 1.000 per ikat. Kakek Wagiman pun tersenyum lega.

Kangkung di Festival

Festival Kangkung

Ternyata, kebahagiaan orang Indonesia dengan turunnya harga kangkung tidak berhenti sampai situ saja. Bahkan ada festival yang diadakan dengan tema kangkung! Yup, di Ladokgi, Bandung, terdapat Festival Kangkung yang diadakan setiap tahunnya. Ada berbagai macam produk makanan dan minuman yang dihasilkan dari kangkung seperti es kangkung, kripik kangkung, sayur asem kangkung, dan banyak lagi!

Luapan Kangkung

Luapan Kangkung

Banyak kisah lucu terkait dengan kangkung. Salah satunya adalah kisah warung makan yang kesulitan memasarkan kangkung. Lalu, pemilik warung pun membuat tagline “Kangkung Segar Sehingga Luapan!” Ternyata tagline tersebut cukup menarik perhatian dan berhasil memancing perhatian pengunjung.

Baca juga  Puskesmas Kangkung 1

Jadi, bersyukurlah dengan turunnya harga kangkung. Siapa tahu kamu bisa menemukan produk atau kreasi makanan baru yang dibuat dari kangkung. Atau, jangan-jangan kamu bisa mengikuti jejak kakek Wagiman dan menjadi bekal lucu untuk anak cucu kelak?

Simak tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *