Klasifikasi Kangkung

Posted on

Selongselongselong! Sebagai orang yang suka nge-gym, tentunya aku selalu memperhatikan apa yang aku makan, nggak cuma buat menghindari keriputan, tapi juga buat menjaga kesehatan. Nah, di antara sayur-sayuran yang aku makan, aku suka banget sama kangkung. Sebagai penikmat kangkung, tentunya aku pengen tahu dong tentang klasifikasi dan morfologi tanaman kangkung. Yuk, kita bahas!

Kangkung, Tanaman Serba Bisa

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kangkung

Kangkung adalah sejenis sayuran air atau hidrofit yang biasanya ditanam di sawah, kali, atau sungai dangkal. Tanaman kangkung dapat tumbuh di segala jenis lingkungan air, baik air dari sumber mata air hingga air yang tercemar. Kendati hidup di air, kangkung dapat tumbuh subur dan menghasilkan hasil panen yang cukup melimpah.

Klasifikasi Tanaman Kangkung

Klasifikasi Tanaman Kangkung

Nah, kalau sudah wacana klasifikasi, ini dia informasi penting banget buat kamu yang suka replikasi dari tanaman, terutama buat aku yang suka ngerumpi sama temen-temen tentang tanaman haha. Tanaman kangkung termasuk dalam family Alamanda dengan nama latin Ipomoea aquatica L. Masa panen kangkung umumnya berkisar antara 35-40 hari pasca tanam, jadi ini cepat banget ya.

Morfologi Tanaman Kangkung

Morfologi Tanaman Kangkung

Woohoo! Sekarang masalahnya adalah morfologi kangkung nih. Ada nggak temen-temen yang ngira-ngira gimana bentuk tanaman kangkung yang asli? Kalau aku sih males ngira-ngira, mending cuap-cuap sama google aja hahaha. Nih, bentuk dan ketahanan tanaman kangkung:

  • Tanaman kangkung merupakan tanaman perdu asli tropis yang tahan terhadap berbagai jenis kondisi lingkungan, kering, dan tergenang air.
  • Berdasarkan penampilan fisik tanaman kangkung, diketahui tinggi tanaman antara 1 – 3 meter dengan daun hijau lebar yang berbentuk jantung atau lonjong.
  • Akar tanaman kangkung merupakan jenis akar serabut atau akar semu, yang berperan dalam menopang dan menopang tubuh tanaman agar bisa tumbuh kokoh dan subur di dalam air.
  • Bunga kangkung memiliki warna yang berbeda-beda tergantung spesiesnya. Namun, umumnya bunga kangkung berwarna merah muda atau ungu kebiruan.
Baca juga  Cara Potong Buncis

Nah, gitulah ulasan mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman kangkung. Aku jadi tambah tahu, nambah wawasan, jadi besok kalo ketemu kangkung di pasar, pasti aku beli lagi deh! Gimana pendapat kamu, gimana tanggapan kamu tentang kangkung? Comment ya, di bawah ini!

Baca tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *