Khasiat Tribulus

Posted on

Gambar tribulus

Ini Dia Tanaman Kresek untuk Kamu yang Lagi Mau Nge-Gym: Tribulus Terrestris

Pernah merasa lelah saat berolahraga? Coba deh konsumsi tribulus terrestris. Tanaman satu ini konon sangat baik untuk meningkatkan energi dan kekuatan fisik, lho!

Banyak atlit yang mempercayai manfaat dari tumbuhan yang juga dikenal sebagai “khasiat kambing liar” ini. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Tribulus Terrestris?

Tribulus terrestris merupakan tanaman berbunga yang daunnya menjuntai ke bawah. Tanaman ini termasuk dalam keluarga zygophyllaceae dan biasanya tumbuh di daerah tropis atau subtropis.

Tribulus terrestris umumnya dijadikan suplemen untuk meningkatkan tenaga dan kekuatan fisik. Tanaman ini juga disebut memiliki manfaat lainnya, seperti meningkatkan keinginan seksual, memperbaiki fungsi seksual, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi gejala menopause pada wanita. Namun, manfaat tanaman ini belum sepenuhnya dibuktikan secara ilmiah.

Cara Mengonsumsi Tribulus Terrestris

Tribulus terrestris bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul, tablet, atau bubuk. Konsumsi supplement ini disarankan oleh para ahli untuk meningkatkan level hormon dalam tubuh, terutama hormon testosteron.

Tapi hati-hati, konsumsi tribulus terrestris bisa menyebabkan beberapa efek samping seperti peningkatan tekanan darah, sering berkeringat, dan sakit kepala. Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Manfaat Tribulus Terrestris bagi tubuh

Tribulus terrestris diyakini memiliki beberapa manfaat untuk tubuh, ini nih di antaranya:

Baca juga  Khasiat Marjan Merah

1. Meningkatkan tenaga

Dalam studi yang dilakukan oleh Indian Journal of Medical Research, suplemen tribulus terrestris ditemukan bisa meningkatkan tenaga dan mengurangi kelelahan pada wanita yang mengonsumsinya selama dua bulan. Efek ini juga ditemukan pada laki-laki yang mengonsumsi suplemen tersebut selama tiga bulan!

2. Meningkatkan kekuatan fisik dan atletik

Tribulus terrestris ditemukan memiliki potensi meningkatkan kekuatan fisik dan atletik. Sebuah studi kecil menunjukkan bahwa penggunaan tribulus terrestris selama lima minggu meningkatkan kekuatan otot pada atlet. Namun, studi ini masih perlu data lebih lanjut untuk memastikan manfaatnya secara akurat.

3. Meningkatkan keinginan seksual

Tribulus terrestris diketahui mampu meningkatkan libido dan performa seks pada pria dan wanita. Kerja tribulus ini hampir sama seperti sildenafil yang terdapat pada obat kuat, namun tribulus lebih aman dikonsumsi karena berasal dari bahan herbal.

4. Menurunkan tekanan darah

Tribulus terrestris diketahui bisa menurunkan tekanan darah, meski efeknya tidak sebesar pengaruh obat-obatan tekanan darah. Namun untuk pengidap darah tinggi, tetap dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

5. Mengurangi gejala menopause

Beberapa riset menemukan bahwa tribulus terrestris bisa membantu mengurangi gejala menopause seperti hot flashes dan depresi pada wanita.

Kesimpulan

Nah, itulah informasi tentang tribulus terrestris dan manfaatnya bagi tubuh. Ingat, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen, ya!

Jangan sampai enggak sengaja malah bikin tubuh jadi sakit atau efek samping lainnya.

Temukan artikel lainnya seputar Khasiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *