Khasiat Rumput Putri Malu

Posted on

Daun putri malu, tumbuhan yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Tanaman yang mudah ditemukan dan tumbuh liar ini sebenarnya memiliki manfaat dan khasiat yang cukup banyak bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu, akarnya juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat daun putri malu beserta akarnya untuk kesehatan.

Kandungan dalam Daun Putri Malu

Sebelum membahas manfaat dan khasiat daun putri malu, perlu diketahui bahwa daun putri malu mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya:

  • Tanin
  • Flavonoida
  • Asam sitrat
  • Kalsium oksalat
  • Alkaloid
  • Glikosida
  • Saponin

Manfaat Daun Putri Malu

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun putri malu mengandung senyawa tanin yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan tanin memiliki efek antidiabetik yang dapat membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan flavonoida dalam daun putri malu dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Flavonoida memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan asam sitrat dalam daun putri malu dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Asam sitrat memiliki efek pengelupasan alami pada kulit sehingga kulit terhindar dari kusam dan kering.

Baca juga  Khasiat Batu Lumut Merah

4. Menjaga Kesehatan Mata

Daun putri malu mengandung senyawa kalsium oksalat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Kalsium oksalat membantu mencegah terjadinya pengerasan pada kornea mata yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan.

Manfaat Akar Daun Putri Malu

1. Mengobati Penyakit Tipes

Akar daun putri malu telah lama digunakan sebagai bahan obat tradisional untuk mengobati penyakit tipes. Kandungan alkaloid pada akar daun putri malu dapat membantu mengobati penyakit tipes dan meningkatkan imunitas tubuh.

2. Mengobati Penyakit Kencing Batu

Kandungan glikosida dalam akar daun putri malu bermanfaat untuk mengobati penyakit kencing batu. Glikosida dapat membantu melancarkan pembuangan urine sehingga batu yang terbentuk dalam saluran kemih dapat dikeluarkan dengan mudah.

3. Meningkatkan Kemampuan Seksual

Akar daun putri malu dapat digunakan sebagai obat untuk meningkatkan kemampuan seksual pada pria. Hal ini dikarenakan akar daun putri malu mengandung senyawa saponin yang dapat membantu meningkatkan libido pada pria.

Cara Mengolah Daun Putri Malu dan Akarnya

Daun putri malu dan akarnya dapat diolah menjadi berbagai macam obat tradisional. Berikut ini adalah beberapa cara mengolah daun putri malu dan akarnya untuk mengobati beberapa penyakit.

Obat Tipes

daun putri malu
Daun Putri Malu

Siapkan beberapa helai daun putri malu dan akarnya. Cuci bersih daun putri malu dan akarnya, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai air menjadi setengahnya. Minum air rebusan daun putri malu dan akarnya setiap hari selama 1 minggu.

Obat Kencing Batu

akar daun putri malu
Akar Daun Putri Malu

Siapkan 10 gram akar daun putri malu, 8 gram kulit manggis kering, dan 5 gram daun salam. Rebus semua bahan dengan 600 ml air sampai air menjadi setengahnya. Minum air rebusan 2 kali sehari selama 1 minggu.

Obat Meningkatkan Kemampuan Seksual pada Pria

akar daun putri malu
Akar Daun Putri Malu

Siapkan 20 gram akar daun putri malu dan 10 gram biji petai cina. Rebus semua bahan dengan 500 ml air sampai air menjadi setengahnya. Minum air rebusan 2 kali sehari selama 1 minggu.

Baca juga  Khasiat Thrombophob Gel

Itulah beberapa manfaat dan khasiat daun putri malu beserta akarnya untuk kesehatan. Meskipun menggunakan bahan alami seperti daun putri malu dan akarnya, sebaiknya tetap konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya sebagai obat. Semoga bermanfaat.

Simak tulisan lainnya seputar Khasiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *