Khasiat Jawer Kotok

Posted on

Jawer Kotok atau sering juga disebut sebagai Tahi Kotok adalah salah satu jenis tumbuhan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama dalam mengatasi masalah sembelit dan wasir. Tumbuhan ini biasanya tumbuh liar di daerah pedesaan, namun semakin populer di kalangan masyarakat perkotaan karena banyaknya manfaatnya.

Jenis-jenis Jawer Kotok

Jawer Kotok

Terdapat beberapa jenis jawer kotok yang bisa dijumpai di Indonesia, di antaranya:

  • Jawer Kotok Gajah
    Jenis ini memiliki ukuran yang cukup besar dan sering kali digunakan sebagai penawar racun pada seekor gajah yang keracunan. Selain itu, jawer kotok gajah juga berkhasiat untuk mengobati sembelit dan wasir.
  • Jawer Kotok Merah
    Jenis ini memiliki warna daun merah yang khas. Tumbuhan ini biasanya digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi wasir dan sakit perut.
  • Jawer Kotok Hitam
    Jenis ini memiliki daun yang berwarna hitam kebiruan. Tumbuhan ini biasanya digunakan untuk mengobati sakit pinggang dan wasir.

Manfaat dan Khasiat Jawer Kotok

Mengatasi Sembelit

Sembelit atau konstipasi adalah masalah kesehatan yang cukup umum terjadi pada banyak orang. Salah satu manfaat jawer kotok adalah mampu mengatasi sembelit dengan cara memperlancar pencernaan dan menghilangkan rasa kembung yang seringkali menyertai masalah sembelit. Dalam penggunaannya, jawer kotok biasanya diambil daunnya dan direbus dengan air. Kemudian, air tersebut diminum dalam keadaan hangat-hangat kuku….

…. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mencoba membuat ramuan dari akar jawer kotok untuk mengatasi rasa sakit akibat wasir. Caranya, ambil beberapa akar jawer kotok, cuci bersih, kupas dan potong-potong. Rebus akar-akar tersebut dengan air secukupnya hingga mendidih dan airnya berkurang menjadi setengahnya. Kemudian, saring air rebusan tersebut dan minum selagi hangat.

Baca juga  Khasiat Kayu Galih Nagasari

Kesimpulan

Jawer kotok memang tidak terlalu dikenal di kalangan masyarakat perkotaan, namun tumbuhan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat dan khasiat jawer kotok yang paling terkenal adalah dalam mengatasi sembelit dan wasir. Selain itu, tumbuhan ini juga berkhasiat untuk mengatasi sakit perut, menyembuhkan luka, dan mengobati batuk.

Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli pengobatan sebelum mengonsumsi jawer kotok. Meskipun tumbuhan ini tergolong aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya, tetapi tetap perlu dibatasi dosis penggunaannya agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Temukan postingan lainnya seputar Khasiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *