Khasiat Buah Jeruju

Posted on

Jeruju, tanaman yang sering dianggap sebagai semak, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Dalam ilmu pengobatan tradisional, jeruju dikenal sebagai tanaman obat yang mampu meredakan berbagai penyakit.

Jeruju, Tanaman Obat yang Mulai Dipercaya

Jeruju Tanaman Obat

Banyak orang yang belum mengenal jeruju sebagai tanaman obat yang efektif. Kebanyakan orang hanya menganggap tanaman ini sebagai semak yang tumbuh liar di banyak tempat.

Padahal, dalam ilmu pengobatan tradisional, jeruju sudah lama dikenal sebagai tanaman obat yang sangat berkhasiat. Jeruju sudah dipakai sejak zaman dulu untuk meredakan berbagai jenis penyakit.

Jeruju tumbuh liar di lapangan, pinggir jalan, dan beberapa tempat lainnya. Bagian tanaman yang biasanya digunakan sebagai obat adalah daun, batang, dan akarnya. Daun jeruju mengandung senyawa-senyawa aktif yang bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti masalah pencernaan, sakit kepala, hingga batuk.

Manfaat Jeruju untuk Kesehatan

Jeruju Manfaat Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat jeruju untuk kesehatan:

1. Meredakan Sakit Punggung dan Rematik

Jeruju untuk sakit punggung

Jeruju memiliki kandungan antiseptik alami yang bisa membantu meredakan sakit punggung serta rematik. Cara menggunakannya adalah dengan mencuci daun jeruju, kemudian menempelkannya pada bagian tubuh yang sakit.

Anda juga bisa membuat minuman jeruju untuk meredakan rasa sakit. Caranya adalah dengan merebus beberapa helai daun jeruju dalam air, kemudian meminum air rebusannya secara teratur.

Baca juga  Khasiat Akar Manis

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Jeruju untuk mengatasi masalah pencernaan

Jeruju mengandung senyawa aktif yang bisa membantu meningkatkan pencernaan, sehingga bisa mengatasi masalah pencernaan, seperti diare dan sembelit. Caranya adalah dengan merebus daun jeruju, kemudian meminum air rebusannya.

Anda juga bisa mencampurkan daun jeruju dengan madu, kemudian meminum campuran tersebut untuk mengatasi masalah pencernaan.

3. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Jeruju untuk meningkatkan kesehatan kulit

Banyak produk kecantikan yang menggunakan daun jeruju sebagai bahan dasar, karena jeruju kaya akan senyawa-senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Jeruju bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, gatal-gatal, dan iritasi kulit.

Caranya adalah dengan menghaluskan daun jeruju menggunakan blender, kemudian mengoleskannya pada kulit yang bermasalah. Anda juga bisa membuat masker dari daun jeruju untuk mengatasi masalah kulit.

4. Mengatasi Batuk dan Pilek

Jeruju untuk mengatasi batuk dan pilek

Jeruju memiliki kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang bisa membantu mengatasi batuk dan pilek. Anda bisa membuat sirup jeruju untuk mengatasi batuk dan pilek.

Caranya adalah dengan merebus beberapa helai daun jeruju dan beberapa potong jahe dalam air, kemudian menambahkan gula dan madu secukupnya. Minum sirup jeruju secara teratur untuk mengatasi batuk dan pilek.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jeruju untuk meningkatkan kesehatan jantung

Jeruju mengandung senyawa aktif yang bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Jeruju bisa membantu menjaga kesehatan jantung serta mencegah berbagai masalah jantung, seperti penyakit jantung koroner dan hipertensi.

Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun jeruju secara teratur, atau menggunakan daun jeruju sebagai bahan dalam membuat masakan sehari-hari.

Cara Mengolah Jeruju untuk Konsumsi

Jeruju untuk konsumsi

Berikut ini adalah beberapa cara mengolah jeruju untuk dikonsumsi:

1. Membuat Minuman Jeruju

Cara membuat minuman jeruju sangat mudah. Anda hanya perlu merebus beberapa helai daun jeruju dalam air selama kurang lebih 10 menit. Kemudian, minum air rebusannya secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Baca juga  Khasiat Batu Ruby

2. Membuat Sambal Jeruju

Jeruju juga bisa diolah menjadi sambal. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu menggoreng daun jeruju yang telah terserut halus dalam minyak panas, kemudian menambahkan garam dan bawang goreng. Sambal jeruju siap disajikan.

3. Membuat Sup Jeruju

Sup jeruju juga bisa menjadi variasi menu makanan yang sehat dan berkhasiat. Caranya adalah dengan merebus daun jeruju, kemudian menambahkan daging atau ayam, bawang bombay, dan beberapa rempah lainnya. Sup jeruju siap disajikan.

Perlu Diperhatikan

Jeruju Perlu Diperhatikan

Meski jeruju memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin mengonsumsinya.

Pertama, pastikan untuk membilas daun jeruju yang akan diolah hingga bersih, karena jeruju sering tumbuh liar di tempat yang terkontaminasi bahan kimia berbahaya.

Kedua, konsumsi jeruju secara berlebihan bisa menyebabkan beberapa efek samping, seperti mual, muntah, dan kram perut. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak mengonsumsi jeruju secara berlebihan.

Ketiga, bagi ibu hamil atau menyusui, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jeruju, karena jeruju bisa mempengaruhi kesehatan janin atau bayi.

Kesimpulan

Jeruju Kesimpulan

Jadi, jeruju bukanlah semak biasa yang hanya mengganggu pemandangan. Jeruju merupakan tanaman obat yang sangat berkhasiat bagi kesehatan, jika dikonsumsi secara tepat. Jeruju bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti masalah pencernaan, sakit punggung, batuk dan pilek, serta meningkatkan kesehatan kulit dan jantung.

Banyak cara mengolah jeruju untuk dikonsumsi, seperti membuat minuman, sambal, dan sup jeruju. Meski demikian, jeruju tetap perlu dikonsumsi dengan penuh perhatian, agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Jangan lupa untuk mencuci daun jeruju dengan bersih dan mengonsumsinya secara pelan-pelan dengan porsinya yang tepat.

Baca juga  Khasiat Minyak Gaharu Hitam

Simak artikel lainnya seputar Khasiat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *