Keripik Brokoli

Posted on

Saya ingin berbagi dengan Anda cemilan sehat yang baru-baru ini saya temukan, yaitu keripik brokoli. Selain rasanya yang enak, cemilan ini juga sangat sehat karena terbuat dari brokoli yang kaya akan nutrisi. Brokoli adalah salah satu sayuran yang paling banyak mengandung vitamin C, K, dan serat. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi keripik brokoli, Anda tidak hanya bisa menikmati makanan dengan rasa yang enak, tetapi juga memberikan nutrisi yang sehat bagi tubuh Anda.

1. Keripik Brokoli

Keripik brokoli

Keripik brokoli dibuat dari potongan brokoli yang diiris tipis dan dipanggang. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih membuat cemilan ini cocok dijadikan teman saat menonton film atau sebagai camilan ringan di tengah-tengah aktivitas Anda. Selain itu, keripik brokoli juga bisa dijadikan sebagai alternatif camilan untuk anak-anak yang sulit untuk memakan sayuran secara langsung.

2. Manfaat Brokoli

Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang paling banyak mengandung vitamin dan mineral penting. Setiap 100 gram brokoli mengandung vitamin C sebesar 89,2 mg atau setara dengan 99% dari nilai harian yang disarankan, vitamin K sebesar 101,6 mcg atau setara dengan 127% dari nilai harian yang disarankan, serta serat sebesar 2,6 gram atau sekitar 10% dari nilai harian yang disarankan.

Vitamin C dalam brokoli berfungsi sebagai antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, serta membantu tubuh membentuk jaringan ikat, menghasilkan kolagen, dan memperbaiki sel-sel tubuh. Sementara itu, vitamin K membantu dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang.

Selain itu, brokoli juga mengandung senyawa sulforaphane yang dikenal memiliki efek anti-kanker. Berdasarkan studi, senyawa tersebut bisa membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker, termasuk kanker payudara, prostat, dan kanker usus besar.

Baca juga  Kembang Brokoli

3. Cara Membuat Keripik Brokoli Sendiri

Keripik

Anda juga bisa membuat keripik brokoli sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana. Caranya cukup mudah, yaitu:

  1. Panaskan oven pada suhu 170°C.
  2. Potong brokoli menjadi kecil-kecil.
  3. Taruh potongan brokoli di atas loyang, lalu tambahkan sedikit minyak zaitun dan bumbu pilihan Anda, seperti garam, paprika, atau garlic powder.
  4. Panggang brokoli selama 15-20 menit atau hingga teksturnya renyah.
  5. Angkat brokoli dari oven dan sajikan sebagai camilan sehat Anda.

Demikianlah informasi mengenai keripik brokoli sebagai cemilan sehat yang bisa Anda coba di rumah. Selain rasanya yang enak, cemilan ini juga mengandung nutrisi yang sehat bagi tubuh Anda. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah dan nikmati cemilan yang enak dan sehat.

Baca postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *