Kentang Untuk Uban

Posted on

Halo sahabat-sahabat semua, ada kabar gembira nih dari kami. Kami akan berbagi informasi tentang 3 manfaat kentang yang jarang diketahui. Siapa sih yang tidak tahu kentang? Ya, kentang adalah bahan makanan yang sangat populer di dunia. Hampir semua orang di seluruh dunia mengkonsumsi kentang dan mengetahui manfaatnya, seperti kandungan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan serat yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Namun, adakah manfaat kentang lain yang jarang diketahui? Simak informasi lengkapnya berikut ini!

Kulit kentang dapat digunakan sebagai bahan pembersih

Kentang sebagai bahan pembersih

Siapa sangka, kulit kentang ternyata dapat digunakan sebagai bahan pembersih. Kulit kentang mengandung asam oksalat, yang dapat membersihkan peralatan dapur dari noda membandel. Anda dapat menggunakan kulit kentang untuk membersihkan panci dan wajan dengan cara digosokkan pada bagian yang kotor. Selain itu, sifat abrasif dari kulit kentang juga dapat mengkilapkan perhiasan dan menyegarkan kembali warna perhiasan yang agak pudar.

Selain digoreng, kentang dapat diolah menjadi es krim

Kentang sebagai es krim

Ya, Anda tidak salah dengar. Selain sebagai lauk yang digoreng, kentang ternyata dapat diolah menjadi es krim. Ide ini berasal dari seorang pengusahawan asal Rusia yang memutuskan untuk membuat es krim dari kentang pada tahun 2015. Es krim ini terbuat dari campuran kentang, susu, dan gula. Meskipun terlihat aneh, namun es krim ini ternyata memiliki rasa yang enak dan tidak terlalu manis. Kandungan pati dalam kentang membuat es krim lebih lembut dan halus.

Baca juga  Bumbu Racik Kangkung

Kentang dapat membantu mencerahkan kulit

Kentang untuk mencerahkan kulit

Selain menjadi bahan pembersih, kulit kentang juga dapat membantu mencerahkan kulit. Kulit kentang mengandung antioksidan, seperti vitamin C, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan radikal bebas. Anda dapat menggunakan kulit kentang sebagai masker wajah dengan cara direndam terlebih dahulu dalam air selama sekitar 10-15 menit sampai lunak. Kemudian, letakkan pada wajah dan biarkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air.

Kentang dapat meredakan sakit kepala

Kentang untuk meredakan sakit kepala

Saat sakit kepala menyerang, kentang dapat menjadi pilihan alternatif untuk meredakan rasa nyeri. Kentang mengandung magnesium, yang dapat membantu mengurangi kontraksi otot dan meredakan ketegangan sehingga dapat mengurangi nyeri kepala. Ada beberapa cara untuk menggunakan kentang untuk meredakan sakit kepala, seperti memijat kepala dengan kentang yang dipotong menjadi irisan atau mengoleskan kentang yang dicampur dengan madu pada bagian kapas dan tempelkan pada dahi.

Minyak yang dihasilkan dari kentang dapat digunakan sebagai bahan bakar

Minyak kentang sebagai bahan bakar

Selain sebagai bahan makanan dan produk kecantikan, kentang ternyata dapat diolah menjadi bahan bakar. Ya, Anda tidak salah dengar! Di beberapa negara, kentang dianggap sebagai bahan bakar alternative yang ramah lingkungan karena dianggap lebih efisien daripada bahan bakar fosil. Proses pembuatan minyak dari kentang cukup sederhana, yaitu dengan cara menghancurkan kentang dan memisahkan minyak dari ampasnya.

Kentang dapat membantu menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata

Kentang untuk menghilangkan kantung mata

Kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata dapat membuat penampilan kita seperti rasa lelah dan kurang tidur. Namun, jangan khawatir, kentang dapat membantu menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata. Kentang mengandung enzim catecholase, yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan memutihkan kulit. Anda dapat menggunakan irisan kentang untuk diletakkan di atas kelopak mata selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Baca juga  Pemotong Bawang Merah

Kentang dapat digunakan sebagai bahan pengganti garam

Kentang sebagai pengganti garam

Terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti hipertensi, stroke, dan masalah ginjal. Oleh karena itu, kentang dapat digunakan sebagai bahan pengganti garam dalam menu makanan. Kentang mengandung kalium, yang membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan mengurangi kebutuhan akan garam. Anda dapat menggunakan kentang sebagai bahan pengganti garam pada sup atau salad dengan cara memotong kentang menjadi irisan seperti mie dan menambahkan ke dalam menu makanan Anda.

Kentang dapat membantu membersihkan kaca

Kentang untuk membersihkan kaca

Kentang bukan hanya berguna untuk membersihkan peralatan dapur, tetapi juga dapat membantu membersihkan kaca. Anda dapat menggunakan irisan kentang untuk membersihkan kaca yang kusam atau kotor. Caranya sangat mudah, cukup dengan memotong kentang menjadi irisan dan secara perlahan-gan digosokkan pada kaca. Kandungan air dan pati dalam kentang akan membuat kaca lebih bersih dan berkilau.

Kentang dapat digunakan sebagai bahan pembuat kertas

Kentang sebagai bahan pembuat kertas

Siapa sangka, kentang ternyata dapat digunakan sebagai bahan pembuat kertas. Senyawa pati dalam kentang dapat diubah menjadi serat kertas yang memiliki kekuatan yang cukup untuk membuat kertas. Selain itu, kentang juga dapat menghasilkan kertas yang tahan air dan tahan api. Proses pembuatan kertas dari kentang cukup sederhana, yaitu dengan cara menghancurkan kentang menjadi pasta dan kemudian menggulungnya menjadi lembaran kertas.

Kentang dapat membantu menyembuhkan luka bakar

Kentang untuk menyembuhkan luka bakar

Kentang juga dapat membantu menyembuhkan luka bakar. Caranya sangat mudah, cukup dengan memotong kentang menjadi irisan dan menempelkannya pada luka bakar. Kentang mengandung anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa nyeri pada luka bakar. Selain itu, kandungan vitamin C dalam kentang juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka bakar.

Baca juga  Budidaya Labu Siam

Itulah 10 manfaat kentang yang jarang diketahui. Selain sebagai bahan makanan yang lezat dan bergizi, kentang ternyata memiliki banyak manfaat lain yang bisa membantu memudahkan hidup kita. Yuk, mulai dari sekarang coba manfaat kentang yang jarang diketahui ini dan rasakan sendiri khasiatnya. Jangan lupa untuk terus rajin makan kentang dan hidup sehat ya!

Baca tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *