Kentang Farmhouse

Posted on

Bukan rahasia lagi bahwa umbi-umbian adalah salah satu jenis makanan yang paling populer di Asia. Dan berikut ini adalah 18 jenis tanaman umbi-umbian yang perlu diketahui.

Kentang

Kentang

Kentang adalah salah satu jenis umbi-umbian yang paling populer di dunia. Kentang sering dijadikan bahan dasar untuk berbagai macam makanan seperti kentang goreng, kentang tumbuk, dan kentang rebus.

Ubi Jalar

Ubi Jalar

Ubi jalar adalah jenis umbi-umbian yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ubi jalar kaya akan serat, vitamin, dan mineral, sehingga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan.

Ubi Ungu

Ubi Ungu

Ubi ungu adalah salah satu jenis umbi-umbian yang paling populer di Indonesia. Ubi ungu memiliki rasa yang manis dan kandungan nutrisi yang tinggi, sehingga sering dijadikan bahan dasar untuk berbagai macam makanan seperti dodol, kue, dan es.

Jagung

Jagung

Jagung adalah salah satu jenis umbi-umbian yang paling populer di dunia. Jagung kaya akan serat, vitamin, dan mineral, sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Bawang Merah

Bawang Merah

Bawang merah adalah salah satu jenis umbi-umbian yang paling populer di Indonesia. Bawang merah sering dijadikan bahan dasar untuk masakan tradisional Indonesia seperti sate, gado-gado, dan nasi goreng.

Bawang Putih

Bawang Putih

Bawang putih adalah jenis umbi-umbian yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bawang putih kaya akan antioksidan dan senyawa belerang, sehingga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyakit.

Baca juga  Stek Batang Kentang

Jahe

Jahe

Jahe adalah salah satu jenis umbi-umbian yang paling populer di Asia. Jahe sering dijadikan bahan dasar untuk masakan tradisional seperti soto, nasi kuning, dan rujak. Selain itu, jahe juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan pencernaan dan meredakan sakit kepala.

Kunyit

Kunyit

Kunyit adalah salah satu jenis umbi-umbian yang paling populer di Asia. Kunyit sering dijadikan bahan dasar untuk masakan tradisional seperti rendang, gulai, dan sate. Selain itu, kunyit juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi liver.

Lengkuas

Lengkuas

Lengkuas adalah jenis umbi-umbian yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lengkuas kaya akan senyawa anti-inflamasi dan antioksidan, sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker.

Kencur

Kencur

Kencur adalah salah satu jenis umbi-umbian yang paling populer di Indonesia. Kencur sering dijadikan bahan dasar untuk minuman tradisional seperti wedang jahe dan wedang ronde. Selain itu, kencur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan sakit kepala.

Tanaman Talas

Tanaman Talas

Tanaman talas adalah salah satu jenis umbi-umbian yang paling populer di Asia. Talas memiliki rasa yang manis dan kandungan nutrisi yang tinggi, sehingga sering dijadikan bahan dasar untuk berbagai macam makanan seperti bakpia, kolak, dan es.

Tanaman Uwi (Keladi)

Tanaman Uwi

Tanaman uwi atau keladi adalah jenis umbi-umbian yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Uwi kaya akan serat, vitamin, dan mineral, sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Ketela Pohon

Ketela Pohon

Ketela pohon adalah salah satu jenis umbi-umbian yang paling populer di Asia. Ketela pohon sering dijadikan bahan dasar untuk masakan tradisional seperti semur, sup, dan sayur lodeh. Selain itu, ketela pohon juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

Baca juga  Manfaat Bawang Merah Untuk Tanaman Cabai

Tanaman Gembili

Tanaman Gembili

Tanaman gembili adalah jenis umbi-umbian yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Gembili kaya akan serat, vitamin, dan mineral, sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Tanaman Kimpul

Tanaman Kimpul

Tanaman kimpul adalah salah satu jenis umbi-umbian yang paling populer di Indonesia. Kimpul sering dijadikan bahan dasar untuk masakan tradisional seperti pepes, lalapan, dan rujak. Selain itu, kimpul juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

Tanaman Ketela Rambat

Tanaman Ketela Rambat

Tanaman ketela rambat adalah jenis umbi-umbian yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ketela rambat kaya akan serat, vitamin, dan mineral, sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Tanaman Ocum-Ocum (Satoimo)

Tanaman Ocum-Ocum

Tanaman ocum-ocum atau satoimo adalah jenis umbi-umbian yang paling populer di Jepang. Satoimo sering dijadikan bahan dasar untuk masakan tradisional seperti tempura, nimono, dan oyaki. Selain itu, satoimo juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Itu dia 18 jenis tanaman umbi-umbian yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

Simak postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *