Kentang Chips

Posted on

Ada nih makanan yang bikin kita ga tahan buat ngemil terus, bahkan sampe keabisan. Salah satunya adalah kentang goreng atau potato chips. Bener ga sih?

Ini Dia Alasan Kenapa Kentang Goreng Itu Bikin Ketagihan

Kentang Goreng Bikin Ketagihan

Pasti kebanyakan dari kita udah ngerasain sendiri kenapa kentang goreng itu bisa bikin ketagihan. Rasanya yang gurih dan renyah itu emang udah jadi karakteristik utama snacks ini.

Namun, tahukah kamu bahwa ternyata ada juga faktor lain yang bikin kentang goreng jadi makanan yang susah untuk ditolak. Berikut penjelasannya.

Crispy dan Crunchy

Salah satu alasan kenapa kita ga bisa berhenti makan kentang goreng itu karena rasanya yang crispy dan crunchy tanpa henti. Kita suka dengan tekstur kentang goreng yang garing di luar tapi lembut di dalam, bahkan kadang kita lebih suka untuk makan kentang goreng yang udah dingin dan ga lagi renyah.

Ternyata, menurut beberapa penelitian, rasa crispy dan crunchy pada makanan bisa memicu respon nikmat di dalam otak kita. Rasanya yang enak di lidah ternyata membawa kesenangan di dalam otak, bahkan sampai-sampai bisa bikin kita ketagihan buat ngerasain lagi.

Bahan Kimia dan Rasa Umami

Selain karena teksturnya yang enak, ternyata ada juga beberapa bahan kimia yang terkandung di dalam kentang goreng yang bikin kita pengen makan terus-menerus.

Beberapa produsen kentang goreng bahkan ngasih tambahan flavor enhancer di dalamnya, salah satunya yaitu monosodium glutamate atau MSG. Ini adalah bahan kimia yang dipake untuk ngasih rasa umami di dalam makanan, yang juga sering kita temuin di dalam mie instan dan saos.

Baca juga  Pantai Tanjung Bayam

Rasa umami sendiri sebenernya udah alami ada di dalam makanan seperti daging, jamur, dan tomat. Rasanya yang enak dan nikmat ini ternyata bisa bikin kita ga tahan buat makan terus, dan itulah sebabnya kenapa produsen sering banget nambahin MSG di dalam makanan buat bikin kita makin ketagihan.

Sensasi yang Berbeda

Kenapa kita pengen makan kentang goreng terus-menerus? Jawabannya bisa jadi karena kita suka dengan sensasi makan yang berbeda setiap kali. Kita suka dengan perpaduan antara gurih, asin, renyah, dan lembut di dalam satu gigitan kentang goreng.

Nah, menurut penelitian, orang-orang yang suka banget dengan kentang goreng itu biasanya juga suka dengan makanan yang bisa ngasih sensasi yang sama di lidah, seperti kue tart, french fries, atau fried chicken. Karena masing-masing makanan ini punya kandungan garam dan lemak yang tinggi, yang bikin lidah kita merasakan sensasi yang enak dan menyenangkan.

Kesimpulan

Jadi, udah jelas kan kenapa kita ga bisa berhenti makan kentang goreng? Karena rasanya yang enak, teksturnya yang bikin seru di lidah, dan tingginya kandungan bahan kimia yang bikin kita makin ketagihan. Namun, ingat ya gaes, jangan kebanyakan makan kentang goreng, karena bisa bikin kesehatan kita terganggu.

Simak postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *