Kebutuhan Pakan Ayam Per Hari

Posted on

Pentingnya Ransum Ayam Petelur dan Manajemen Pemberiannya

Apakah kamu tahu bahwa ayam petelur membutuhkan nutrisi yang tepat agar bisa menghasilkan telur yang berkualitas? Kurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam petelur bisa menyebabkan penurunan produksi telur, bahkan kematian. Oleh karena itu, ransum ayam petelur dan manajemen pemberiannya sangat penting untuk diperhatikan oleh peternak ayam.

Ransum ayam petelur terdiri dari berbagai jenis bahan makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam petelur. Nutrisi yang dibutuhkan antara lain protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Kebutuhan nutrisi ayam petelur berbeda-beda tergantung pada usia, jenis kelamin, dan kondisi ayam petelur. Oleh karena itu, penting untuk mengkonsultasikan kebutuhan nutrisi ayam petelur kepada ahli nutrisi ternak atau dokter hewan.

Manajemen pemberian ransum ayam petelur juga sangat penting untuk diperhatikan oleh peternak ayam. Pemberian ransum ayam petelur yang tidak sesuai dapat menyebabkan masalah kesehatan pada ayam petelur, seperti obesitas, ketidakseimbangan nutrisi, dan produktivitas telur yang menurun. Oleh karena itu, peternak ayam perlu mengatur pola pemberian ransum ayam petelur yang tepat, yang meliputi frekuensi dan jumlah pemberian, serta penyimpanan ransum ayam petelur yang benar.

Dalam pemberian ransum ayam petelur, peternak ayam perlu memperhatikan kualitas bahan makanan yang digunakan, termasuk kualitas hijauan, tepung ikan, tepung tulang, tepung daging dan tepung jagung. Selain itu, peternak ayam juga perlu memperhatikan teknik pemberian ransum ayam petelur yang tepat, seperti penyajian dengan cara pencampuran tepung-bagiannya, pencampuran herbal. Perolet ayam petelur yang diberikan dengan cara pemberian makanan yang tiris, dapat membantu mencapai target produksi.

Pada umumnya pemberian ransum ayam petelur dibagi menjadi beberapa tahap, mulai dari umur satu hari hingga umur 72 minggu. Pada awal pemberian ransum ayam petelur, peternak ayam perlu memberikan pakan yang mengandung protein tinggi untuk mempercepat pertumbuhan ayam petelur. Pada tahap selanjutnya, peternak ayam perlu memberikan pakan berkadar protein sedang atau tinggi agar ayam petelur dapat menghasilkan telur yang berkualitas.

Baca juga  Ayam Goreng Bahagia Cirebon

Selain manajemen pemberian ransum ayam petelur, peternak ayam juga perlu memperhatikan kebersihan kandang ayam petelur. Kotoran dan sampah yang menumpuk di kandang ayam petelur dapat menyebabkan ayam petelur terkena penyakit dan produktivitas telur menurun. Oleh karena itu, peternak ayam perlu membersihkan kandang ayam petelur secara rutin dan menyediakan fasilitas yang memadai untuk memudahkan penataan kandang ayam, serta memperhatikan kebersihan lingkungan dalam dan sekitar kandang ayam.

Dalam memperhatikan manajemen pemberian ransum ayam petelur, peternak ayam perlu memperhatikan instruksi dokter hewan dan ahli nutrisi ternak dalam memilih jenis dan jumlah nutrisi yang tepat. Selain itu, peternak ayam juga perlu memperhatikan kondisi kesehatan ayam petelur dan memonitor produksi telur yang dihasilkan. Dengan manajemen pemberian ransum ayam petelur yang tepat, diharapkan produksi telur ayam petelur dapat meningkat dan ayam petelur bisa tumbuh sehat dan produktif.

Simak artikel lainnya tentang Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *