Kayu Manis dan Manfaatnya

Kayu Manis dan Manfaatnya

Kayu manis dan manfaatnya – Kayu manis merupakan jenis rempah yang banyak diaplikasikan untuk penambah bebauan. Akan tetapi sudah banyak sekali manfaat dari kayu manis untuk kesehatan tubuhmu.

Ragam rempah-rempah yang berasal dari kulit kayu pohon keluarga Cinnamomum ini bisa memperkuat energi bendung tubuh sebab kaya akan antioksidan.

Kayu manis akan banyak kita temukan di daerah Asia Tenggara, salah satunya adalah di Indonesia. Namun, rempah ini juga banyak ditemui di Amerika Selatan.

Seketika, apa saja manfaat kayu manis untuk kesehatan? Berikut ini merupakan review lengkap mengenai kayu manis dan manfaatnya yang semestinya kau kenal.

Baca juga: Apa Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

Kayu Manis Kaya Akan Antioksidan

kayu manis dan manfaatnya
Sumber: https://asset.kompas.com/

Manfaat kayu manis untuk kesehatan merupakan sarat dengan antioksidan kuat, seperti polifenol. Antioksidan dapat membantu melindungi tubuh kita dari kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Dalam sebuah penelitian, antioksidan kayu manis pun mengungguli bawang putih. Manfaat kayu manis juga bisa diaplikasikan sebagai pengawet makanan natural.

Kayu Manis Sebagai Anti Peradangan

Peradangan sungguh-sungguh penting bagi tubuh. Efek dari anti peradangan ini dapat membantu tubuhmu dalam melawan infeksi serta membenarkan kerusakan yang terjadi pada jaringan.

Namun, peradangan bisa menjadi persoalan dikala kronis. Manfaat kayu manis seringkali diaplikasikan sebagai obat peradangan kulit.

Kayu Manis Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Kayu manis yang bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Dimana penyakit tersebut menjadi salah satu penyebab umum kematian bahkan di dunia.

Untuk orang yang menderita penyakit diabetes tipe 2, dengan mengkonsumsi 1 gram atau sekitar setengah sdt kayu manis setiap harinya memang sudah terbukti memiliki berbagai efek baik untuk sirkulasi darah. Selain hal itu manfaat dari kayu manis untuk kesehatan yaitu menetralkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh.

Kayu Manis dapat Meningkat Kinerja Insulin

Insulin merupakan salah satu hormon kunci yang membatasi metabolisme dan penggunaan energi. Insulin juga dinilai sangat penting untuk membantu menyebarkan gula darah yang berasal dari aliran darah ke semua sel yang ada dalam tubuh.

Hormon yang satu ini bisa menjadi masalah untuk mereka resisten dengan efek dari insulin. Hal ini banyak dikenal dengan resistensi insulin yang merupakan gejala dari penyakit diabetes tipe 2.

Nah, kayu manis ini dapat membantumu mengurangi resistensi dari insulin dan membantu hormon sangat penting ini untuk melakukan tugas yang seharusny. Khasiat kayu manis juga bisa menurunkan kadar gula darah.

Baca juga: Darah Tinggi Disebabkan Oleh?

Sumber:https://img.okezone.com

Kayu Manis Sebagai Pengontrol Gula Darah

Khasiat kayu manis terkenal sebab sifat penurun gula darahnya. Selain memberikan efek yang penting untuk resistensi insulin, kayu manis ini juga bisa membantu menurunkan gula darah dengan berbagai cara didalam tubuh.

Kayu manis sudah terbukti dapat mengurangi jumlah dari glukosa yang terkandung didalam aliran darah setelah makan. Senyawa yang terkandung didalam kayu manis ini bisa membantu memperlambat pemecahan karbohidrat pada sistem pencernaan.

Kedua, senyawa dalam kayu manis bisa berprofesi pada sel dengan meniru insulin. Dengan kandungan tersebut, efek yang satu ini bisa meningkatkan penyerapan dari glukosa ke dalam sel-sel tubuh.

Kayu Manis dan Manfaatnya untuk Terapi Penyakit Saraf

Penyakit yang menyerang saraf ini bisa ditandai dengan hilangnya fungsi yang ada pada otak dengan signifikan. Penyakit Alzheimer dan Parkinson merupakan dua jenis yang paling lazim.

Senyawa yang ada didalam rempah ini bisa menghambat terjadinya pemupukan protein yang dapat menyumbat otak, dimana hal itu adalah salah satu ciri penyakit Alzheimer.

Dalam suatu penelitian yang sudah dilakukan pada hewan tikus yang terdapat penyakit parkinson. Kayu manis dapat membantu melindungi neuron, meningkatkan fungsi motortik, dan juga menormalkan kadar neurotransmitter.

Kayu Manis dan Mnfaatnya Melawan kanker

Kanker merupakan penyakit serius yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tak terkendali. Hingga saat ini kayu manis sudah dipelajari secara luas untuk membantu mencegah dan mengobati kanker.

Dalam banyak penelitian pada hewan, menampilkan bahwa ekstrak kayu manis bisa melindungi terhadap kanker. Kandungan dari kayu manis akan membantu menghambat pertumbuhan dari sel kanker serta pembentukan pembuluh darah tumor.

Kayu Manis dan Manfaatnya Melawan Kuman dan Jamur

Cinnamaldehyde, salah satu senyawa aktif utama kayu manis. Senyawa ini bisa membantu melawan berjenis-jenis jenis infeksi. Kayu manis akan sangat bermanfaat dan juga efektif untuk membantu mengobati infeksi dari pernafasan yang diakibatkan jamur.

Kayu manis dapat menghambat pertumbuan kuman salmonella dan juga listeria. Rempah yang satu ini juga bisa mencegah terjadinya kerusakan pada gigi serta mengurangi bau mulut.

Baca juga: Apa Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

Demikian ulasan lengkap mengenai kayu manis dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh yang harus kamu ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat!