Kangkung Kangkungan

Posted on

Ada tumbuhan yang mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya, Kangkung Hutan namanya. Tumbuhan ini memiliki nama latin Ipomoea fistulosa dan sering ditemukan di hutan-hutan.

Kangkung Hutan

Foto Kangkung Hutan

Kangkung Hutan terlihat sangat menarik dengan bunga berwarna ungu yang tumbuh di atasnya. Tumbuhan ini biasa digunakan sebagai tanaman hias, tapi juga bisa dimakan sebagai sayuran. Daunnya yang tebal dan berair membuatnya enak untuk dikonsumsi.

Kegunaan Kangkung Hutan

Ada banyak cara untuk memanfaatkan Kangkung Hutan, selain sebagai tanaman hias dan sayuran. Daunnya yang memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi tinggi dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti rematik, kolesterol tinggi, dan diabetes.

Di beberapa wilayah Indonesia, Kangkung Hutan juga digunakan sebagai obat tradisional. Akarnya digunakan sebagai obat batuk, sakit kepala, dan penyakit kuning. Daunnya yang bermanfaat bagi kesehatan juga digunakan sebagai bahan ramuan untuk membuat obat-obatan tradisional.

Cara Menanam Kangkung Hutan

Jika kamu tertarik untuk menanam Kangkung Hutan di halaman rumahmu, kamu harus tahu cara menanamnya dengan benar. Pertama-tama, kamu bisa membeli bibit Kangkung Hutan dari toko tanaman atau kebun raya terdekat.

Setelah itu, siapkan media tanam dari campuran tanah dan pupuk organik. Pastikan media tanam tidak terlalu kering atau terlalu basah. Kamu bisa menambahkan sedikit air untuk membuat media tanam sedikit lembab.

Kemudian masukkan bibit Kangkung Hutan ke dalam media tanam yang sudah disiapkan. Pastikan bibit Kangkung Hutan ditanam dengan benar dan cukup dalam.

Untuk merawat tanaman Kangkung Hutan, kamu perlu memberikan cukup sinar matahari dan air. Disarankan untuk menyiram tanaman ini sekali sehari di pagi atau sore hari, terutama saat musim kemarau.

Baca juga  Bumbu Tumis Kacang Panjang Dan Tahu

Itulah beberapa informasi tentang Kangkung Hutan dan bagaimana menanamnya. Semoga bermanfaat!

Simak postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *