Kandungan nutrisi buah apel hijau

manfaat apel hijau
manfaat apel hijau
image from publicdomainpictures.net

Mengkonsumsi buah apel secara rutin dapat menghindarkan anda dari berbagai macam penyakit buah ini menyediakan banyak nutrisi dan senyawa penting yang membantu meningkatkan kesehatan dan manajemen berat badan yang ideal. American Heart Association merekomendasikan kita untuk mengkonsumsi setidaknya empat setengah cangkir buah dan sayur setiap hari dalam rangka meningkatkan kesehatan jantung.

Satu cangkir buah apel hijau memiliki 253 kalori dan kurang dari 1 gram lemak. Buah apel hijau juga memiliki 1,92 gram protein dan sekitar 42 gram gula. Satu porsi buah apel hijau memiliki lebih dari 59 gram karbohidrat. Institute of Medicine merekomendasikan mengkonsumsi 130 sampai 210 gram karbohidrat per hari dan sekitar 46 sampai 71 gram protein yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Selain ke semua nutrisi tersebut, buah apel masih memiliki beberapa kandungan nutrisi. Berikut daftar kandungan nutrisi buah apel seperti yang dilansir Livestrong:

1. Kalium

Kalium ditemukan hampir di seluruh bagian tubuh manusia. Kalium berfungsi sebagai elektrolit yang berguna menjaga keseimbangan asam basa tubuh tetap terkendali sekaligus juga meningkatkan aktivitas jantung. Kalium juga diperlukan untuk membangun otot dan protein, serta pemecahan karbohidrat menjadi energi sehingga bisa digunakan untuk beraktivitas.

Seorang pria dewasa membutuhkan setidaknya 4700 mg kalium per hari dan seorang wanita hamil membutuhkan hingga 5100 mg kalium dalam rangka memenuhi kebutuhan ibu dan janin. Satu cangkir buah apel hijau menyediakan sekitar 523 mg kalium di mana jumlah tersebut memenuhi sekitar 11% dari kebutuhan kalium untuk pria dan wanita dewasa.

2. Vitamin K

Satu lagi kandungan nutrisi buah apel hijau yang cukup perlu diperhitungkan adalah vitamin K. Meskipun vitamin ini tidak begitu populer seperti hanya vitamin A dan vitamin C akan tetapi fungsinya ternyata sangat penting sekali bagi tubuh. Vitamin K berperan dalam pembekuan darah di mana hal ini sangat berguna di saat kita terluka. Proses pembekuan darah yang benar akan mencegah pendarahan. Mengkonsumsi buah apel yang kaya akan vitamin K sangat direkomendasikan bagi ibu hamil untuk mencegah pendarahan saat proses persalinan.

Selain fungsinya tersebut, kandungan vitamin K dalam buah apel juga berguna meningkatkan penyerapan kalsium yang penting untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Kebutuhan vitamin K untuk pria dewasa sekitar 120 mikrogram dan sekitar 90 mikrogram untuk wanita. Satu porsi jus apel hijau memiliki 14 mikrogram vitamin K dimana jumlah tersebut memenuhi 11,7% kebutuhan vitamin K untuk pria dewasa dan 15% untuk wanita dewasa.

3. Antioksidan

Salah satu manfaat buah apel untuk kesehatan adalah karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Menurut Linus Pauling Institute buah apel hijau merupakan sumber utama flavonoid yang merupakan jenis antioksidan penting. Selain flavonoid, apel hijau juga kaya akan sianidin dan epicatechin yang juga berperan penting sebagai antioksidan yang menangkal efek buruk radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel dan DNA tubuh kita sehingga dapat menyebabkan penyakit kanker. Oleh sebab itu mengkonsumsi buah-buahan segar seperti buah apel sangat baik sekali untuk melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas tersebut.

4. Serat

Buah apa terkenal sebagai salah satu buah untuk diet sehat hal ini dikarenakan kandungan seratnya yang cukup tinggi. Serat berguna melembekkan tinja dan membuat proses pengeluarannya menjadi lebih maksimal. Hal ini sangat penting sekali karena kekurangan serat dapat menyebabkan berbagai macam masalah pencernaan. Mengkonsumsi setidaknya 2 buah apel segar setiap hari akan membantu anda meningkatkan kesehatan pencernaan.