Kandungan Gizi Daun Bawang

Posted on

Daun bawang atau biasa juga disebut dengan scallion atau green onion merupakan salah satu bahan dapur yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Selain memberikan aroma dan rasa yang khas, daun bawang juga memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah 13 manfaat daun bawang yang perlu kamu tahu:

1. Sumber Vitamin C

Daun bawang

Daun bawang kaya akan vitamin C yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu menjaga kesehatan kulit.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Daun bawang

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam daun bawang berperan dalam menjaga kesehatan mata.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Daun bawang

Kandungan flavonoid dan sulfur dalam daun bawang berperan dalam mengurangi risiko penyakit jantung dengan cara menghambat pembekuan darah dan membantu menjaga kesehatan pembuluh darah.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Daun bawang

Kandungan sulfur dalam daun bawang berperan dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan mengurangi risiko terjadinya kanker.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Daun bawang

Kandungan serat dalam daun bawang berperan dalam menjaga kesehatan pencernaan dengan cara mengurangi risiko sembelit dan mencegah terjadinya kanker usus besar.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Daun bawang

Kandungan potasium dalam daun bawang berperan dalam meningkatkan kesehatan jantung dengan cara menurunkan tekanan darah dan risiko stroke.

7. Menjaga Keseimbangan Hormon

Daun bawang

Kandungan fitokimia dalam daun bawang berperan dalam menjaga keseimbangan hormon dengan cara mengurangi risiko terjadinya gangguan hormonal dan kanker hormon.

Baca juga  Keripik Kentang Chitato

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Daun bawang

Kandungan kalsium dalam daun bawang berperan dalam menjaga kesehatan tulang dengan cara memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

9. Menjaga Berat Badan Ideal

Daun bawang

Kandungan serat dalam daun bawang berperan dalam menjaga berat badan ideal dengan cara memberikan rasa kenyang lebih lama.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Daun bawang

Kandungan vitamin C dalam daun bawang berperan dalam menjaga kesehatan kulit dengan cara mencegah kerusakan sel-sel kulit dan merangsang produksi kolagen.

11. Meningkatkan Kesehatan Pernapasan

Daun bawang

Kandungan flavonoid dalam daun bawang berperan dalam meningkatkan kesehatan pernapasan dengan cara meredakan gejala asma dan mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan.

12. Menjaga Kesehatan Otak

Daun bawang

Kandungan vitamin K dalam daun bawang berperan dalam menjaga kesehatan otak dengan cara meningkatkan fungsi otak dan mengurangi risiko gangguan otak seperti demensia dan Alzheimer.

13. Meningkatkan Kesehatan Jangka Panjang

Daun bawang

Kandungan antioksidan dan nutrisi dalam daun bawang berperan dalam meningkatkan kesehatan jangka panjang dengan cara mencegah terjadinya penyakit kronis seperti diabetes, kardiovaskular, dan kanker.

Itulah 13 manfaat daun bawang yang perlu kamu tahu. Jangan lupa untuk selalu tambahkan daun bawang pada masakanmu agar selain enak juga menyehatkan!

Temukan tulisan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *