Kandang Umbaran Murai Batu Dari Kayu

Posted on

Selamat datang di website kami! Kali ini kami ingin berbagi informasi tentang cara membuat kandang umbaran dari baja ringan. Sebagai penggemar burung, pastinya kita ingin memberikan tempat tinggal yang nyaman dan aman untuk burung kesayangan kita, bukan?

Langkah Pertama: Perencanaan

Ukuran Kandang Umbaran Murai Batu

Langkah pertama dalam membuat kandang umbaran dari baja ringan adalah dengan melakukan perencanaan. Sebelum memulai pembuatan kandang, pastikan untuk merencanakan ukuran kandang yang sesuai dengan kebutuhan burung kesayangan kamu. Jangan lupa untuk mempertimbangkan jenis burungmu dan juga jumlah burung yang ingin kamu pelihara.

Langkah Kedua: Persiapan Material

Setelah melakukan perencanaan, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan material yang akan digunakan. Untuk membuat kandang umbaran dari baja ringan, kamu memerlukan bahan-bahan berikut:

  1. Baja ringan
  2. Wiremesh
  3. Paku baja ringan
  4. Genteng polos
  5. Seng atau asbes
  6. Pak mengaduk

Langkah Ketiga: Pembuatan Kerangka Kandang

Langkah ketiga adalah membuat kerangka kandang dari baja ringan. Buatlah kerangka kandang yang sesuai dengan ukuran yang telah kamu tentukan pada langkah pertama. Pastikan kerangka kandangmu terbuat dari baja ringan yang berkualitas agar tahan lama dan kuat.

Langkah Keempat: Pemasangan Wiremesh

Pemasangan Wiremesh

Setelah membuat kerangka kandang, selanjutnya kamu dapat melakukan pemasangan wiremesh. Pasanglah wiremesh pada kerangka kandang dengan menggunakan paku baja ringan. Pastikan untuk memasangnya dengan rapi agar tidak terjadi celah di antara ulir ulir wiremesh.

Langkah Kelima: Pemasangan Atap

Langkah kelima adalah memasang atap pada kandang. Gunakanlah bahan genteng polos atau seng/asbes untuk membuat atapnya. Pastikan atap kandangmu tidak bocor agar tidak mengganggu kesehatan dan keamanan burungmu.

Baca juga  Kandang Tupai

Langkah Keenam: Penyelesaian

Setelah melakukan pemasangan atap pada kandang, langkah terakhir adalah menyelesaikan kandang. Pastikan sisi samping kandang tidak terbuka karena dapat memicu burung untuk terbang keluar. Gunakanlah plesteran atau bahan pak mengaduk untuk menutup sisi-sisi yang kosong.

Demikianlah cara membuat kandang umbaran dari baja ringan yang dapat kamu coba di rumah. Dengan membuat kandang sendiri, kamu dapat memberikan tempat tinggal yang nyaman dan aman bagi burung kesayanganmu. Selamat mencoba!

Simak tulisan lainnya seputar Kandang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *