Kandang Umbaran Ayam Bangkok Thailand

Posted on

Semua orang pasti tahu bahwa ayam aduan merupakan salah satu hewan yang paling digemari para pecinta sabung ayam. Maka tidak heran jika banyak orang yang mencoba membuat kandang umbaran ayam aduan sendiri untuk memelihara hewan tersebut. Namun bagi yang masih pemula, mungkin akan sedikit kesulitan dalam membuat kandang tersebut.

Cara Membuat Kandang Umbaran Ayam Aduan

Kandang Umbaran Ayam Aduan

Nah, disini saya akan memberikan beberapa tips dan cara untuk membuat kandang umbaran ayam aduan yang bisa kamu coba di rumah. Berikut di bawah ini adalah langkah-langkahnya:

1. Menyiapkan Bahan-bahan dan Alat

Sebelum mulai membuat kandang, pastikan untuk sudah menyiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan. Berikut adalah beberapa bahan dan alat yang perlu dipersiapkan:

  1. Kayu bulat yang berasal dari pohon jati atau kayu kelapa.
  2. Paku pangkas berukuran besar.
  3. Tali jerami atau tali rafia.
  4. Gunting untuk memotong kayu dan tali.
  5. Pisau untuk memotong kayu.
  6. Kertas pasir untuk memoles kayu.
  7. Palu untuk memaku kayu.

2. Menentukan Ukuran Kandang

Langkah selanjutnya adalah menentukan ukuran kandang yang ingin dibuat. Ada baiknya mempertimbangkan jumlah ayam aduan yang akan dipelihara agar kandang dapat menampung semua ayam dengan nyaman.

Ukuran ideal untuk kandang adalah panjang 120 cm, lebar 60 cm, dan tinggi 60 cm. Namun jika kamu ingin membuat kandang yang lebih besar, maka ukurannya pun dapat disesuaikan.

3. Membuat Kerangka Kandang

Setelah menentukan ukuran kandang, langkah selanjutnya adalah membuat kerangka kandang menggunakan kayu bulat. Pastikan untuk memilih kayu yang berkualitas agar kandang dapat lebih kokoh dan tahan lama.

Baca juga  Cara Membuat Ukuran Kandang Falk

Potong kayu bulat menjadi empat bagian, yaitu dua batang untuk bagian depan dan belakang, dan dua batang untuk bagian samping. Tempatkan kayu bulat pada tempat yang rata, lalu pasang dengan paku pangkas berukuran besar. Pastikan kandang terlihat sempurna dan tidak goyang-goyang.

4. Memasang Jeruji Kandang

Setelah membuat kerangka kandang, langkah selanjutnya adalah memasang jeruji pada kandang. Ini bertujuan agar ayam aduan tetap dalam kandang dan tidak keluar saat diumbaran.

Masukkan jeruji ke dalam kerangka kandang, lalu pasang dengan paku. Pastikan jeruji terpasang dengan rapi dan tidak ada yang terlepas.

5. Menambahkan Pintu dan Tutup Kandang

Jika sudah terpasang jeruji, langkah selanjutnya adalah menambahkan pintu dan tutup pada kandang. Pintu digunakan untuk memudahkan pengguna dalam memberi makan atau membersihkan kandang, sementara tutup digunakan untuk melindungi ayam aduan dari hujan dan panas.

Pandai-pandailah memilih jenis kayu untuk pintu dan tutup kandang agar lebih kokoh dan tahan lama. Pasang pintu dan tutup menggunakan engsel dan kunci agar tidak mudah terbuka atau tertutup.

6. Merapikan Kandang

Setelah semua bagian kandang selesai terpasang, langkah terakhir adalah merapikan kandang. Guna mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu dapat memoles kayu menggunakan kertas pasir agar lebih halus dan indah dipandang.

Jangan lupa juga memotong tali yang menonjol sehingga tidak mengganggu aktivitas ayam aduan. Saat merapikan kandang, pastikan juga bahwa kandang tersebut aman dan tidak memiliki benda-benda yang dapat membahayakan ayam aduan.

Nah, itulah tadi beberapa tips dan cara untuk membuat kandang umbaran ayam aduan yang dapat kamu coba di rumah. Jangan lupa selalu memperhatikan keamanan dan kenyamanan ayam aduan agar tetap sehat dan segar dalam beraktivitas.

Baca juga  Model Kandang Ayam Kub

Simak postingan lainnya tentang Kandang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *